Kesehatan

Badan Cepat Lelah

Share Yuk!

Badan Cepat LelahBadan mudah lelah, lemah dan lesu dapat disebabkan bermacam-macam faktor. Bisa saja kondisi ini terjadi karena pola hidup yang tidak seimbang seperti kurang tidur atau mungkin tidur terlalu larut, makan tidak teratur dan kurang seimbang sehingga penyebaran energi tidak merata, kurang olag raga, atau karena faktor psikis.

Namun hal ini mungkin disebabkan karena Anda kekurangan zat besi karena pola makan yang tidak baik. Kekurangan zat besi mengakibatkan anemia dan kurangnya koordinasi sel antar otot. Untuk itu sebaiknya anda mengkonsumsi hati, jantung, daging merah, karena mengandungan zat besi yang dibutuhkan tubuh seminggu sekali. Zat besi pun ada pada sayuran-sayuran seperti brokoli dan bayam.

Zat besi membawa oksigen ke seluruh tubuh, yang akan menghasilkan energi yang lebih baik. Zat besi juga bermanfaat bagi otak yang mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan fungsi otak secara keseluruhan.

Kurangnya zat besi, berarti kekurangan oksigen, hal ini akan mengakibatkan sistem imunitas tubuh menjadi terganggu. Ini akan menjadikan kelelahan yang berkepanjangan dan pecahnya konsentrasi. Dalam jangka pendek gejala ini bisa diatasi dengan olah raga yang akan memperlancar peredaran darah. Namun untuk jangka panjang harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan unsur seng (Zn) untuk membangun sistem daya tahan tubuh. Biasanaya ada pada kerang-kerangan dan daging merah.

Lebih dari 70 persen wanita dewasa tidak mendapatkan cukup seng. Padahal seng juga sanagt penting untuk pertumbuhan, perbaikan dan anti oksidan. Namun bila cepat lelahnya tubuh sudah Anda alami selama beberapa waktu sebaiknya periksalah ke dokter. Bila perlu, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan penunjang lainnya.

Untuk itulah agar mendapatkan keadaan tubuh yang optimal, usahakan untuk mengubah pola hidup dengan tidur cukup, makan teratur dan gizi seimbang, juga olah raga teratur. Cobalah juga menekuni sesuatu apa yang menjadi hobi Anda, karena mungkin hal ini dapat memberikan variasi dan gairah dalam hidup Anda.

BACA JUGA:  Cara Melancarkan ASI Bagi Ibu Menyusui

 

Sumber Gambar :  http://www.sabayacafe.com/images/3/image8717.jpg

Share Yuk!