Atasi Rewel Saat Bayi Tumbuh Gigi

Atasi Rewel Saat Bayi Tumbuh GigiTumbuhnya gigi pada bayi yang telah melewati usia lima bulan tentu menjadi salah satu hal alami yang sangat dinantikan oleh para orang tua. Jika pada orang dewasa terdapat 32 gigi permanen, maka gigi bayi Anda hanya akan berjumlah 20 buah dan biasa disebut dengan gigi susu

Gigi-gigi susu tersebut telah terbentuk pada saat bayi Anda masih berada di dalam kandungan saat usianya masih 4 bulan. Calon gigi susu tersebut biasanya baru akan muncul dan terlihat saat usia bayi Anda 6 bulan dan terus tumbuh satu persatu hingga usia 12 bulan.
Menurut drg. Taty Z. Cornain, SpKGA, dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, jika tumbuh gigi adakalanya bayi jadi rewel, tubuhnya hangat, nafsu makannya berkurang. Namun adakalanya pula tak ada gejala berarti. Dalam arti aman-aman saja. “Reaksi tersebut tergantung pada daya tahan tubuhnya atau ketahanan daya ambang sakitnya yang berbeda-beda pada tiap bayi.
.
Beberapa bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan gigi bahkan mengalami demam (seringkali demam pada bayi di atas usia 6 bulan diartikan para orang tua sebagai demam tumbuh gigi, padahal tidak selalu demikian, selalu konsultasikan dengan dokter), sebagian bayi bahkan tidak mau makan karena gigi barunya akan terasa ngilu bila terbentur sendok makan. Anda tentu mencemaskan hal tersebut, lalu bagaimana caranya agar bayi tetap nyaman dengan gigi barunya?

Lima tanda bayi tumbuh gigi

  1. Gusi membengkak: Anda dapat melihat sebagian gigi muncul di gusi.
  2. Air liur menetes: Bayi Anda meneteskan air liur seperti keran yang bocor.
  3. Rewel: Si kecil jadi sering menangis dan susah ditenangkan.
  4. Sering terbangun malam hari: Biasanya bayi Anda tidur dengan tenang pada malam hari, namun sekarang sering terbangun dan minta digendong.
  5. Menggigit benda-benda yang dipegang: Si kecil mulai mengunyah apapun yang ada dalam genggamannya.

Bagaimana Cara Mengurangi Rasa Sakit ?

1. Biasanya bayi akan menggigit sesuatu saat gusinya terasa gatal dan tidak nyaman. Berikan biskuit bayi dengan tekstur keras tetapi dapat hancur saat terkena air liur.

2. Sediakan mainan karet yang bisa dia gigit. Tanyakan hal ini pada dokter agar mainan yang Anda beri bebas dari racun dan aman untuk kesehatan bayi.

3. Beri pijatan ringan pada gusi bayi Anda dengan telunjuk yang telah dibersihkan. Atau bisa Anda gunakan kain lembut yang telah dibasahi air hangat.

4. Biarkan dia menikmati dot bayi untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada gusi, terutama pada malam hari saat dia tertidur.

5. Bila bayi Anda mogok makan karena giginya membuat tidak nyaman, konsultasikan hal tersebut pada ahli kesehatan. Sekalipun tidak nyaman dengan gigi barunya, bayi Anda tetap harus mendapat nutrisi.

6. Jangan lupa menyikat gigi bayi anda, merawat gigi susu harus dilakukan rutin sebelum giginya tumbuh.

Jika Anda tidak melihat tanda-tanda kemunculan gigi pada bayi Anda yang telah melewati usia enam bulan, jangan langsung panik, karena pertumbuhan gigi pada setiap bayi memang berbeda. Tetapi jika hingga usia 12 bulan giginya belum tumbuh, segera tanyakan hal tersebut pada dokter.

Kapan harus ke dokter?

Berikut ini keadaan-keadaan yang membuat anak perlu dibawa berkonsultasi ke dokter, baik yang berhubungan dengan tumbuhnya gigi pertama maupun gigi anak secara umum:

  1. Demam lebih dari 38,5oC yang berlangsung lebih dari 1 hari
  2. Tanda-tanda penyakit lain, misalnya sering menarik-narik telinga (sebagai tanda telinganya sakit), diare berat, dermatitis popok berat, dan sebagainya
  3. Gigi pertama belum tumbuh pada umur 12 bulan
  4. Terlihat tanda-tanda kerusakan gigi (karies gigi)
  5. Gigi permanen tumbuh di saat gigi susu belum tanggal, sehingga terdapat dua barisan gigi
  6. Terdapat kelainan di rahang atau mulut (misalnya rahang kecil, sumbing langit-langit)
  7. Mengalami cedera di daerah muka yang mencederai gigi atau gusi
Dari beberapa sumber
Sumber Gambar : https://1.bp.blogspot.com/-zm2zXo0YDgg/VGIicd3e6oI/AAAAAAAAWEk/Zzzh5W4-B6c/s1600/sakura.jpg

10 thoughts on “Atasi Rewel Saat Bayi Tumbuh Gigi”

  1. anakku usia 1tahun 2bulan baru numbuh gigi dok, rewel dan gamau makan,, sempet demam 1hari, ,demamnya sembuh sekarang malah batuk” ,,solusi biar dia mau makan lagi apa ya dok? 😔😞

    Reply
  2. Bun.
    Ank q 9.5bln..tdk mau lg makan disuapi.. Smua makanan ga mau buka mulut kalau disuapin.. kl makan sndiri mau tp jd nya makan nya sedkit.. Saya dh buatin makanan fingerfood tp apa ckup gizinya ya

    Reply
  3. aku bunda akhdan,, anakku berusia 6 bulan, semalam dia rewel sekali, dia selalu memasukkan jari nya kemulut,, suhu tubuh tidak panas, tetapi hanya kepala saja yg pnas??? diberi susu tidak diminum,, kalau diberi empeng selalu digigit nya. Apakah ini tanda ia akan tumbuh gigi?

    Reply
  4. Bun, anak saya baru 4 bulanan da tumbuh gg tp mslhnya emut tgn trs. Sdh saya larang, ksh pake sarung tgn nangis engga henti ngamuk. D ksh gigit teether jg engga mau. Gmna solusi nya bun? Thankz

    Reply
    • Selamat pagi bunda Nova.
      Memasukkan tangan atau jari ke dalam mulut bagi seorang bayi adalah suatu kebiasaan yang cukup wajar dan sering kita jumpai karena kebiasaan tersebut merupakan salah satu fase oral pada bayi. Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan baca mengatasi kebiasaan anak memasukkan tangan ke mulut.

  5. hai saya bunda ali
    anak saya brumur 9 bln sdah tmbuh gi2 susu diatas 2 dbwah 1..sdah bbrapa hri ini dmam dan susah
    mau membri mkn biskuit brtekrtur keras si anak sdh tdk mau..bgaimana saya menghadpinya?

    Reply
    • @bunda ali : bersabbar sj bu menghadapinya dan tenang. Dlm bbrp hr akann berlalu. Yg penting asupn asi ttap masuk ke bayi msh lumayan drpd tdk ada sama sekali. Coba. Berikan bbrp alternatif makanan laiin. Kl tdk cb berikan sari kurma atau madu jg sanngat membantu u kecukupan minimal dr pd tidak ada sama sekali.
      Smg ananda sehat selalu :-)

  6. putra saya usianya 1th kurang 3 hari baru muncul gigi susunya yg bawah,sekarang tdk mau makan dan jg asi bagaimana cara mengatasinya y..?

    Reply
  7. aq bunda nadira..
    Anak aq usia 11bln,,gigi susu’a sudah tumbuh bagian depan hny 1,,
    tpi dia merasa tdk nyaman dgn dot/empeng yg ada d’botol susu’a,,
    sehingga dia tdk nyaman untuk mnum susu’a..
    Bgaimana saya haruz mngatasi k’tidak nyamanan anak saya tersebut..

    Reply

Leave a Comment