Agar Anak Cinta Buku

Agar Anak Cinta BukuKebiasaan membaca harus ditanamkan kepada anak sejak dini. Sebab buku tak hanya fondasi dasar utama bagi perkembangan mental dan spritual seorang anak, tapi juga sumber pengetahuan serta sarana pembina kematangan berpikirnya. Melalui buku, sianak akan belajar mengenal segala sesuatu di alam sekitarnya sebagai apresiasi terhadap ciptaan Allah. selain itu juga buku merupakan salah satu sarana komunikasi, yang membantu meningkatkan pengetahuannya. sehingga ini sangat membangtu pembentukan keperibadaian dan pola pikir anak.

Nah, lalu bagaimana agar anak cinta ? berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan orangtua untuk bisa menanmkan kecintaan anak terhadap membaca buku :

  • Memberikan Teladan

Orangtua tentulah menjadi orang yang pertama dan terdepan dalam mengajarkan anak cinta membaca buku. Orangtua yang tidak gemar membaca  akan lebih sulit menumbuhkan minat baca yang tinggi pada anak-anaknya. Dengan memberikan teladan ini merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan minat anak untuk membaca buku meskipun tetap membutuhkan upaya-upaya lain untuk menumbuhkan minatnya.

  • Mendongeng sebelum tidur.

Orangtua memiliki peranan yang sangat besar dalam menanamkan rasa cinta buku kepada anak-anaknya. Proses ini bisa dimulai sejak usia dini. MEndongen sebelum tidur perlu dilakukan karena rutinitas ini tidak hanya mengandung aspek pendidikan, juga menjadi saat-saat yang berharga untuk menjalin hubungan emosional antara orangtua dan anak.

  • Sering mengajak anak berkunjung ke toko buku, pameran buku, atau bursa buku murah

orangtua dapat membuat jadwal rutin mingguan/bulanan untuk mengunjungi toko buku dan atau membeli buku-buku (sesuai dengan kebutuhan dan anggaran tentunya) yang sesuai dengan perkembangan anak sehingga semakin menambah pengetahuan anak sekaligus semakin menanamkan kecintaan anak untuk membaca buku. jika tidak orangtua bisa mengajarkan anak menabung untuk mendapatkan buku yang mereka inginkan

  • Sering mengajak anak untuk mengunjungi perpustakaan

di perpustakaan ini anak bisa melihat aneka buku yang sangat banyak jumlahnya dan jenisnya. Hal ini tentu akan memancing mereka untuk berlama-lama dan mengeksplorasi buku demi buku. apalagi saat ini buku-buku sudah didesain demikian menarik, sehingga semakin menambah kecintaan anak terhadap buku. Disamping itu dengan meminjam buku dari perpustakaan anak juga belajar menjaga dan merawat buku yang bukan miliknya, mendisiplinkan diri untuk membaca buku selama waktu peminjaman, dan mengembalikannya tepat waktu.

  • Membuat perpustakaan keluarga dirumah

Menyediakan perpustakan keluarga dirumah menjadi sebuah keharusan untuk mengakrabkan anak dengan buku. Dengan demikian anak juga belajar merawat buku-buku miliknya, menatanya kembali jika telah digunakan.  Adanya perpustakaan keluarga dirumah ini juga diiharapkan bisa membantu anak mengalihkan perhatiannya dari media TV yang amat sangat banyak memberikan pengaruh negatih bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, apalagi dizaman sekarang ini. tentu saja ini harus dengan kerjasama semua anggota keluarga. jangan sampai anak diajarkan untuk cinta membaca buku tapi orangtuanya asyik menonton telenovela atau sinema-sinema.

Sumber Gambar : https://achealthsolutions.files.wordpress.com/2013/07/baby_reading_book1.jpg

Komentar