3 Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Saat Sahur

sup ayamMakan saat sahur menjadi bagian yang sangat penting dalam menjalankan ibadah puasa. Sama halnya dengan memillih menu makan sahur juga sangat penting Anda lakukan. Memilih menu makan sahur yang tepat akan memberikan energi yang maksimal sehingga Anda dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Salah dalam memilih menu makan sahur akan berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh Anda. Salah satu gejalanya seperti tubuh akan lebih cepat merasa lapar, lebih mudah mengantuk, dan lemas. Makanan yang dikonsumsi saat sahur seharusnya makanan yang mudah dicerna dan bisa membuat stamina tubuh tetap terjaga sepanjang hari saat berpuasa. Makanan apa saja yang wajib dikonsumsi saat sahur? Berikut kami informasikan 3 makanan yang wajib dikonsumsi saat sahur antara lain:

1. Makanan yang mengandung cairan

Cairan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita selama menjalankan ibadah puasa. Cairan bisa Anda peroleh tidak hanya dari minum air putih, tetapi bisa juga dari makanan yang berkuah. Karena waktu sahur yang sangat pagi, banyak keluarga yang memilih untuk menyantap menu praktis seperti lauk kering dan tumis sayuran. Padahal, cairan dibutuhkan oleh tubuh dan itu tidak bisa didapatkan selama menjalankan puasa. Karena itu asupannya harus didapatkan ketika sahur. Sayur berkuah, air mineral dan segelas jus bisa menjadi sumber cairan bagi tubuh. Anda bisa meminum 1 gelas penuh air putih saat bangun tidur akan sahur, 1 gelas setelah makan dan 1 gelas menjelang imsak.

2. Makanan dengan karbohidrat kompleks

Makanan yang baik dikonsumsi saat sahur adalah makanan yang bisa tahan lama dan tidak mudah membuat Anda lapar. Makanan yang banyak direkomendasikan menjadi makanan yang tahan lama adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Seperti nasi merah, roti gandum, oatmeal, biji-bijian, buah dan sayur. Seperti yang telah diketahui, karbohidrat adalah sumber energi untuk tubuh dan otak untuk melakukan aktivitas fisik maupun mental. Kekurangan karbohidrat bisa menyebabkan tubuh mudah lelah, tidak bersemangat, lesu bahkan menyebabkan penyakit.

3. Kurmasari kurma sahara

Nabi Muhammad mengatakan bahwa berbuka` menggunakan kurma adalah rutinitas beliau. Kurma memang mengandung banyak manfaat dan zat gulanya bisa mengembalikan tubuh yang tidak mendapat asupan makanan apapun saat berpuasa. Ternyata tidak hanya saat berbuka, mengkonsumsi kurma saat sahur juga dianjurkan juga lho. Kurma mengandung serat yang tinggi dan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan serta gerakan lambung dan usus. Jadi, Anda bisa mengkonsumsi 1-3 butir kurma setelah usai makan sahur. Namun, jika Anda tidak sempat mengkonsumsi kurma dalam bentuk buah kurma, Anda bisa mengkonsumsi sari kurma sebagai gantinya. Sari kurma bisa Anda minum langsung atau dicampur dengan air hangat.

sumber gambar:
1. http://4.bp.blogspot.com/-qx89OqthZG0/UKrB1dJDYiI/AAAAAAAAEDs/VnAj_6bMLzA/s640/417111_522984027714605_406314608_n.jpg
2. http://pondokibu.com/produk/anemia-herbal-kesehatan/sari-kurma-sahara-lezat-dan-sehat

Komentar