Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

3 Cara Menyusui Bayi Yang Sedang Tidur Pulas

Cara menyusui bayiMenyusui bayi adalah proses alamiah yang akan memberikan efek positif bagi perkembangan bayi, dengan memberikan ASI eksklusif maka secara tidak langsung bayi Anda telah mendapatkan imunitas alami yang dikandung oleh ASI. Selain itu, memberikan ASI eksklusif secara langsung juga akan membantu menumbuhkan ikatan batin antara ibu dan bayi. Mengingat pemberian ASI sangatlah penting, maka proses menyusui bayi secara baik dan benar juga perlu Anda ketahui demi kenyamanan bayi.

Cara Menyusui Bayi Sedang Tidur

Proses menyusui dapat dilakukan dengan berbagai macam cara seperti sambil duduk, sambil berbaring dan bisa dilakukan kapanpun juga saat bayi lapar. Namun, cara menyusui bayi yang sedang tidur bukanlah hal yang mudah sehingga akan menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu menyusui. Ibu harus memiliki teknik menyusui khusus saat bayi sedang tertidur pulas sehingga bayi tidak melakukan penolakan atau tersendat saat disusui.

Penolakan pemberian ASI pada bayi saat tidur sudah sangat biasa terjadi karena bayi merasa terganggu dan tidak nyaman. Padahal bayi baru lahir hingga usia 6 bulan sebaiknya diberikan ASI setiap 2-3 jam sekali atau 8-12 kali sehari. Lalu, bagaimana caranya memberikan ASI saat bayi sedang tertidur pulas?

1. Bangunkan Bayi Secara Perlahan

Apabila buah hati Anda sedang tertidur pulas dan Anda ingin memberikannya ASi maka sebaiknya bangunkan bayi secara perlahan. Anda bisa mengamati ketika bayi Anda sudah terbangun, misalnya mata berkedip-kedip atau adanya gerakan pada anggota tubuhnya yang lain. Setelah itu, rengkungkan bayi Anda dan usaplah dengan lembut sampai bayi benar-benar bangun dan siap untuk disusui.

2. Ubah Posisi Bayi Ketika Tertidur

Terkadang seorang bayi yang terlalu mengantuk sering menyebabkan dia tertidur pulas saat sedang menerima ASI, untuk membangunkannya sebaiknya ubah posisi tidurnya secara perlahan. Hal itu akan mendorong bayi untuk kembali bangun sehingga Anda dapat melanjutkan memberikan ASI tanpa harus khawatir bayi akan tersedat.

3. Bangunkan Bayi Dengan Mendekapnya

Apabila buah hati Anda tertidur pulas saat akan diberikan ASI atau pada saat menyusu maka Anda bisa membangunkannya dengan cara mendekapnya sambil mengayun-ayunkan bayi secara perlahan. Dengan begitu, paling tidak Anda bisa mengubah posisi bayi sehingga dia terbangun. Anda juga bisa terus mengajak bayi berbicara sehingga membuat bayi terus terbangun.

Penting diketahui oleh para ibu menyusui bahwa memberikan ASI pada saat bayi sedang tertidur pulas akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti bayi tersendat. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika ibu memberikan ASI dengan membuat bayi bangun terlebih dahulu sehingga ibu tidak perlu khawatir bayi akan tersendat ASI.

PENTING UNTUK ANDA!

Sumber gambar : http://www.pusulahaber.com.tr/d/gallery/1069_1.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu For Mama, Membantu Ibu Menyusui Melancarkan ASI

Madu For Mama, Membantu Ibu Menyusui Melancarkan ASI

Madu for mama adalah madu alami yang dikombinasi dengan tanaman herbal berkhasiat seperti buah kurma, ....
Asina, Nutrisi Khusus Ibu Menyusui

Asina, Nutrisi Khusus Ibu Menyusui

Air susu ibu atau yang sering disebut ASI merupakan suatu kebutuhan penting untuk mencukupi nutrisi ....
Herba ASI Cara Mudah Melancarkan ASI

Herba ASI Cara Mudah Melancarkan ASI

Herba ASI adalah cara mudah untuk melancarkan ASI karena terbuat dari bahan-bahan alami yang dapat memperbanyak ....