10 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

10-cara-meningkatkan-motivasi-belajar-anakMeningkatkan motivasi belajar anak  meruapakan keinginan setiap orangtua  agar anak mereka giat belajar dan menjadi anak pandai. Hal tersebut bukanlah hal mudah yang dilakukan pada zaman sekarang ini, apalagi jika sekolah anak kita menerapkan full day school. Anak sudah seharian belajar di sekolah dan masih harus diberi tugas agar dikerjakan dirumah. Oleh karena itu ini merupakan tugas yang tidak mudah bagi orang tua, berikut ini ada beberapa cara meningkatkan motivasi belajar anak.

1. Jelaskan Manfaat Belajar Pada Anak

Dengan belajar, maka sesuatu yang awalnya tidak kita mengerti akan menjadi mengerti, juga apa yang awalnya yang kita anggap susah akan menjadi lebih mudah. Seperti halnya  belajar matematika, jika dalam hal pembagian atau akar masih belum mengerti maka ketika kita belajar akan menjadi lebih mengerti. Biasanya sang anak sangat ingin tahu tentang banyak hal, oleh karena itu jelaskan pada sang anak dengan belajar kita dapat mengetahui apa yang ingin kita ketahui. Misalnya saja berapa banyak pulau, suku, bahasa, serta budaya yang dimiliki oleh Indonesia?

2. Suasana Belajar Yang Menyenangkan

Kadang kala anak akan merasa bosan dengan apa yang dipelajarinya, ketika ia sudah seharian belajar di sekolah ia masih harus belajar juga di rumah. Gunakanlah metode belajar sambil bermain, misalnya ketika sang anak sedang belajar bahasa inggris, anda dapat memutarkan video anak yang bernyanyi dengan bahasa inggris. Hal tersebut akan membuat sang anak lebih senang dalam mempelajari bahasa inggris.

3. Berikan Anak Pujian Dari Nilai Ujian yang Diperoleh

Tidak semua nilai yang diperoleh oleh anak kita adalah nilai yang bagus. Namun yang perlu diperhatikan adalah ketika sang anak memperlihatkan hasil dari ujian mereka kita harus berbangga. Berapapun nilai yang diperoleh anak kita harus memberikan pujian pada anak kita. Hal tersebut bisa menambah semangat belajar sang anak.

4. Tanya Tentang Sekolahnya

Ketika sang anak pulang sekolah, sebaiknya kita menanyakan apa yang sudah ia pelajari di sekolah. Misalnya saja dengan bertanya, bagaimana belajarnya hari ini sayang? . Maka sang anak akan merasa bahwa ia selalu diperhatikan dan orangtuanya ingin tahu apa saja yang ia pelajari di sekolah.

5. Beri Dukungan Pada Anak

Ketika di tengah – tengah belajarnya sang anak merasa malas berilah sang anak dukungan. Misalnya saja dengan anda berada disampingnya menemani anak anda belajar, ketika anak anda tidak bisa mengerjakan soal anda bisa membantunya.

6. Jeda Dalam Belajar

Berilah waktu sang anak jam istirahat ketika ia sedang belajar, karena jika sang anak tidak istirahat hal tersebut merupakan hal yang sia – sia. Karena ketika otak kita sedang lelah kita tidak dapat menyerap satu informasi apapun. Jadi berilah waktu istirahat selama 30-45 menit.

7. Berikan Cemilan Buah Kesukaan Sang Anak

Saat belajar biasanya perut anak akan merasa lapar, oleh karena itu supaya belajarnya lebih giat lagi berilah cemilan buah pada anak. Berilah buah kesukaan sang anak, karena hal itu akan membuat suasana sang anak senang ketika memakannya sehingga hatinya akan menjadi senang ketika ia belajar.

8. Jadilah Contoh Yang Baik

Ketika anak anda sedang belajar atau  mengerjakan tugas sekolahnya, anda sebaiknya juga memberikan contoh yang baik. Misalnya saja anda tidak menonton televisi atau sibuk dengan smartphone anda. Anda bisa membaca buku kesukaan anda atau buku yang bisa menambah wawasan anda. Sehingga sang anak akan merasa bahwa orangtua saya saja masih belajar hingga sekarang.

9. Belajar di Alam

Sama seperti belajar di sekolah, belajar juga dapat dilakukan di ruangan terbuka. Anda dapat memintanya belajar di halaman rumah atau di taman-taman kota terdekat. Menyesuaikan dengan bidang studi yang sedang dipelajari, jika berkaitan dengan fisika serta biologi mereka bisa memanfaatkan alam sekitar sebagai objek penelitian mereka.

10. Ajaklah Anak ke Wahana yang Mendukung Belajarnya

Sekarang ini banyak wahana bermain sambil belajar yang bisa menjadi alternatif belajar sang anak. Diwahana tersebut biasanya  adalah tempat berekspresi dan berkreasi bagi sang anak. Sang anak yang biasanya tidak begitu mngerti tentang fisika bisa menjadi alternatif sang anak belajar diwahana tersebut.

Komentar