Waspadai Infeksi Mata Pada Bayi

infeksi mata pada bayiMata Belekan pada bayi belum tentu merupakan hal yang serius, namun untuk amannya kita harus selalu waspada. Untuk belekan yang normal, umumnya terjadi pada waktu bangun tidur.  Hal ini wajar karena ‘belek’ memang adalah kotoran mata yang biasa dikeluarkan saat tidur, sehingga saat bangun terkumpul di ujung atau daerah bulu mata. Untuk mengatasi hal ini pada bayi cukup menggunakan kapas yang telah dibasahi air matang dan dibersihkan dari arah dalam ke luar (arah area mata yg dekat hidung ke arah area mata yg dekat pipi).

Namun belekan bisa saja menjadi abnormal apabila terjadi juga diluar dari waktu bangun tidur dan disertai gejala lain. Belekan abnormal pada bayi bisa disebabkan oleh penyumbatan saluran air mata.  Umumnya 90% bayi ketika lahir sudah mengalami pembukaan katub pada saluran air matanya. Namun 10% bayi masih mengalami katub yang masih menutup pada saluran air mata yang menghubungkan antara kantung air mata dan rongga hidung.

Seperti diketahui, air mata diproduksi oleh kelenjar air mata yang berada di sekitar kelopak mata bagian dalam. Namun karena adanya sumbatan ini, air mata tersebut tidak bisa dialirkan ke rongga hidung. Lama-kelamaan, genangan air mata pada saluran yang buntu ini dapat mengakibatkan terjadinya infeksi. Gejalanya adalah mata selalu berair dan banyak beleknya terutama pada pagi hari.

Karena itulah bayi dengan kelainan anatomis ini akan sering mengalami infeksi/peradangan yang pada akhirnya memunculkan belekan secara terus-menerus. Mata bayi juga akan selalu berair seperti sedang menangis.

Untuk mengatasi hal ini langkah yang harus dilakukan adalah :

1. Membersihkan belek sesering mungkin dengan kapas yang telah dibasahi dengan air matang dan dibersihkan dengan cara mengusap dengan kapas basah tersebut dari ujung mata yang dekat hidung ke ujung mata sebelah luar. Hal ini dilakukan sesering mungkin dengan berhati-hati.

2. Dilakukan massage atau pemijatan secara teratur (sekitar 3-4 kali sehari).

Pemijatan dilakukan dengan jari telunjuk ibu (pengasuh) di  daerah pinggir mata bagian dalam dekat hidung ke arah bawah. Dalam satu kali waktu pemijatan dilakukan sekitar 10-15 kali. Sebelumnya jari telunjuk pemijat dilumasi dengan baby oil dulu sehingga tidak kasar pada kulit bayi. Dengan dilakukan massage ini, diharapkan terjadi pembukaan katub atau saluran yang tersumbat.

Pemijatan ini disamping memberikan tekanan hidrostatik untuk membuka sumbatan juga berperan menjaga agar kantong air mata tetap dalam keadaan kosong sehingga memperkecil kesempatan berkembangnya kuman penyebab infeksi.

3. Apabila sudah terlanjur terjadi infeksi, yang ditandai dengan mata merah meradang dan ‘belekan’ yang berwarna kekuningan /kehijauan, maka segeralah untuk mencari pertolongan pada spesialis mata terdekat agar diberikan obat tetes antibiotika untuk membunuh kuman yang kemungkinan bersarang pada saluran air mata yang buntu.

Biasanya dengan berjalannya waktu dan rajin dimassage (serta pembersihan kotoran mata), maka saluran air mata ini akan terbuka dengan spontan pada saat anak menjelang usia 6 bulan.

Apabila sesudah usia 1 tahun saluran air mata masih belum bisa membuka secara spontan, maka dokter spesialis mata akan membantu melakukan tindakan untuk membuka saluran air mata tersebut.

Penyebab lain dari ‘belekan’ yang abnormal pada bayi ialah sebagai akibat infeksi selaput mata bayi baru lahir yang didapat saat bayi  keluar dari jalan lahir. Bayi akan menunjukkan gejala mata merah, bengkak dan banyak belekan. Penyebabnya dapat berupa iritasi kimia, bakteri, klamidia dan kadang-kadang virus herpes simplek. Hampir setiap bakteri patogen dapat menyebabkan peradangan ini.

Gejalanya dapat berupa kedua kelopak mata lengket, penuh belekan bahkan pada infeksi karena kuman tertentu sampai keluar nanah

Obat Mata Belekan:

Dalam kasus belekan abnormal pada neonatus (bayi baru lahir), pemberian antibiotika yang cocok oleh  dokter spesialis mata adalah satu-satunya upaya pengobatan. Disamping itu perawatan juga penting, seperti membersihkan belek sesering mungkin dan setiap sebelum memberikan obat tetes/salep mata.

Sumber gambar : http://bornangels.com/uploads/2010/09/clean-baby-eye.jpg

7 Komentar

  1. assalamualsikum,
    mau nanya nih bun, anak saya baru berusia 3 minggu. matanya yang kanan bengkak sebelah.kmaren di periksain ke bidan katanya gpp.cuma di kasih salep anti seftik.apa karena mau melihat matanya bun.emang benee bun bayi klo mau melihat mata nya suka sakit mata.

    1. walaikumsalam,
      tidak benar bila ada anggapan bayi mau bisa melihat harus sakit mata dulu, mungkin saat tidur si baby tidak sengaja kena binatang atau kotoran sehingga terjadi iritasi pada mata sehingga mata jadi bengkak, bila sudah di beri salep coba di rutinkan saja dulu bila belum sembuh juga dalam waktu 3 hari segera mungkin periksakan ke dokter mata terdekat untuk lebih lanjut.
      demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga dapat membantu terimakasih

  2. dok saya mau tanya.anak saya skrg umur 4bln.waktu dia lahir sampai skrg mata nya ber air terus tapi tidak ad beleknya.belum pernah saya bawa kdokter mata n belum pernah saya kasih obt2an apapun.ada yg bilang it alergi.tpi saya dan suami gak punya alergi.terima kasih dok.

    1. selamat siang bunda anggia,
      silahkan dicoba bantu cek secara langsung dulu saja ke dokter spesialis mata lebih tepatnya biar bisa menghasilkan analisa tepat.
      semoga informasi ini dapat membantu bunda anggia terimakasih

  3. dok saya mau tanya anak saya masih brumur 2 pada waktu brumur 1 mggu dia sakit mata kluar belek tapi stelah diobati dengan salep sembuh …tpi kumat lagi smpe skrg umr 2 bln ini dan ketika saat menanggis yg sangat ..lama kluar cairan berwarna merah sperti darah apakah itu berbahaya.??
    .

    1. Selamat pagi bunda. Air mata dihasilkan sepanjang hari digunakan untuk membasahi bola mata agar tetap bersih dan terjaga kelembabanya. Jika saluran mata ke rongga hidung mengalami penyumbatan, maka kotoran yang berasal dari mata tidak dapat dikeluarkan, akibanya terjadi penumpukan kotoran yang dikenal dengan istilah belekan. Belekan akan semakin banyak jika produksi air mata semakin banyak, misalnya saat si kecil sering menangis. Jika cairan yang dikeluarkan dirasa sudah tidak wajar, bahkan sudah berlangsung lama. Sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis mata sehingga mendapatkan perawatan secara tepat. Semoga lekas sembuh.

  4. assalamualaikum,…
    mau tanya ni bun,..dhanu anak sya usia 4 bulan matanya berair trus dan ada belek nya, kmudian sya bawa ke dokter mata,…pertama priksa saya di srankan untuk mengompres n mengurut bagian kelopak mata nya dari pangkal hidung ke pangkal bawah, 2 minggu kemudian sya bwa lagi k dokter mata krna matanya masih berair dan belekan, kmudian oleh dokter di sarankan untuk menyemprotnya dg cairan menggunakan seperti jarum suntik tapi ujungnya tumpul, ketika mau di semprot ternyata saluran matanya buntu tidak ada lubangnya kata dokternya,.. apakah dhanu bisa sembuh dengan spontan,..mengingay umur nya baru 4 bulan..?

Komentar