Kanker adalah segolongan penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel yang tidak terkendali dan kemampuan sel-sel tersebut menyerang jaringan biologis lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung dijaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ketempat yang jauh(metastasis).

Pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut disebabkan kerusakan DNA, menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel. Beberapa buah mutasi mungkin dibutuhkan untuk mengubah sel normal menjadi sel kanker. Mutasi-mutasi tersebut sering diakibatkan gen kimia maupun fisik yang disebut karsinogen. Mutasi dapat terjadi secara spontan diperoleh ataupun diwariskan (mutasi germline).

Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasinya dan karakter dari keganasan dan apakah ada metastasis.

Dari Buku Seri Kesehatan Sehat dan Bugar Tanpa Obat 2 karangan dr. Anies membahas tentang khasiat Vitamin untuk mencegah kanker. Beberapa penelitian ilmiah para ahli menyebutkan ada beberapa vitamin tertentu yang diduga dapat mencegah kanker. Vitamin-vitamin tersebut misalnya:

1.       Vitamin A.

Vitamin A diduga mempunyai daya penangkal terhadap benih-benih kanker, dua kali lebih besar dibandingkan vitamin-vitamn yang lain. Vitamin ini dapat melindungi paru, dada, rahim dan kandung kemih dari kanker. Hal ini telah dibuktikan oleh Dr. Herwig Kucera dari institutPenyakit Kanker di Wina.

Vitamin A juga dapat menahan sel tubuh yang sehat masuk kedalam kelompok sel kanker.Hasil penelitian membuktikan bahwa beta karotin, bahan pertama pembentuk vitamin A adalah bahan yang paling aktif menahan kanker.

Zat karotin dapat diperoleh dari umbi-umbian, sayuran berwarna hijau, kuning, merah serta berbagai buah-buahan. Caranya dengan memakan langsung karena dengan mengolahnya hanya akan diperoleh sebagian saja.

2.       Vitamin B

Vitamin B2 atau riboflavin dapat melindungi kerongkongan dari kanker serta dapat menetralisir beberapa racun kanker (Berdasarkan penelitian Crepsi Roma). Vitamin B2 terdapat pada ragi, ikan dan daging.

Vitamin B6 dapat melindungi kandung kemih dari serangan kanker ( penelitian Prof. Paul Madson dari Winsconsin). Vitamin B6 terdapat pada Padi-padian, kacang-kacangan, jagung, telur kentang, pisang dan bayam.

3.       Vitamin C

Vitamin C dapat melindungi rahim dari serangan kanker. Vitamin C juga dapat mencegah kanker kulit akibat terlalu lama berjemur matahari. Prof. Dietrich Schmahl dari Hiedelberg menganjurkan pentingnya tubuh memperoleh vitamin C karena dengan mengonsumsi bahan  makanan yang mengandung vitamin C berkadar tinggi dapat menghindarkan  pembentukan racun kanker Nitrosamin di lambung, terutama yang disebabkan karena makan sayuran dan daging yang berlebihan. Vitamin C terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan segar misalnya kentang.

4.       Vitamin D

Vitamin D dapat melindungi usus dari serangan kanker. Vitamin ini terbentuk atas bantuan sinar matahari dibawah kulit namun bila kulit terlalu lama kena sinar matahari sehingga hangus justru merupakan resiko terjadinya kanker kulit. Selain sinar matahari, minyak ikan juga mengandung vitamin D.

5.       Vitamin E

Vitamin E menurut beberapa penelitian dapat melawan kanker dengan cara menghilangkan semua sel yang telah tua. Vitamin E terdapat pada padi-padian serta minyak nabati.

Akan  lebih baik kalau mencegah kanker yaitu dengan mengkonsumsi makanan-makan yang mengandung vitamin tersebut diatas dari pada kita mengobati kanker. Walaupun pengobatan kanker sekarang makin banyak baik dengan medis maupun secara tradisional.

Dengan cara tradisional bisa menggunakan ramuan herbalseperti kapsul herbal keladi tikus ,albimor alburuni atau ramuan herbal yang mengandung anti kanker yang bisa mencegah kanker seperti  le riche olive oil, minyak habbatussauda , madu mahabbah 3 in 1, jamu madu shifa fit al ghuroba, dll.