Tumbuhnya Benjolan Di Tubuh Bayi

bayiKesehatan seorang bayi pastilah menjadi prioritas utama bagi orangtuanya. Karena itu mereka begitu memperhatikan apa saja yang terjadi dengan perkembangan anaknya, misalnya terkait adanya perbedaan bentuk tubuh bayi seperti munculnya benjolan pada tempat-tempat tertentu terutama pada leher maupun belakang telinga.

Benjolan bisa berupa tumor (jinak dan ganas), bisa pula berupa pembesaran kelenjar getah bening. Kelenjar ini ada banyak sekali di tubuh kita. Antara lain di daerah leher, ketiak, dalam rongga dada dan perut, di sepanjang tulang belakang kiri dan kanan sampai mata kaki. Kelenjar getah bening berfungsi sebagai penyaring bila ada infeksi lokal yang disebabkan bakteri atau virus.  Jadi, fungsinya justru sebagai benteng pertahanan tubuh.

Membengkaknya kelenjar getah bening pada leher menandakan adanya serangan bakteri penyebab infeksi pada saluran nafas, kerongkongan, gigi dan mulut. Kelenjar pada leher membengkak untuk memproduksi lebih banyak getah bening yang memerangi bakteri tersebut.

Membengkaknya kelenjar getah bening pada belakang telinga hingga mirip benjolan pada belakang telinga, merupakan penanda bahwa terdapat infeksi seputar kulit kepala bayi. Hal ini akan berjalan dalam beberapa waktu hingga infeksi tersebut mereda dan imunitas bayi terhadap serangan infeksi meningkat. Serupa dengan pembengkakan pada leher dan belakang telinga, benjolan pada ketiak maupun selangkangan merupakan penanda adanya infeksi pada dua bagian tubuh tersebut.

Sedangkan pembesaran kelenjar yang ada dalam rongga dada dan perut sulit dideteksi karena tidak bisa dilihat, kecuali lewat pemeriksaan khusus. Alhasil, yang kerap terjadi, ketika dibawa ke dokter, sudah terjadi keganasan.  Perut anak sudah membuncit, lalu ada gejala muntah, ada gangguan saluran kemih dan ginjal, sehingga anak susah BAK ataupun BAB, dan lainnya. Hal ini terjadi karena ada semacam massa yang menekan organ lainnya. Pada penderita leukimia, dimana terjadi keganasan pada sel darahnya, biasanya juga menampakkan adanya pembesaran kelenjar getah bening. Nah, bila sudah sampai ke kelenjar getah bening, berarti penyakitnya sudah jauh menyebar. “Selain kelenjar yang membengkak, biasanya disertai pula dengan pucat, demam, tak nafsu makan, dsb.”

Ibu perlu khawatir apabila benjolan muncul pada beberapa tempat produksi kelenjar getah bening pada beberapa tempat dengan disertai demam dan turunnya berat badan. Hal ini menandakan tubuh tidak mampu melawan bakteri penyebab infeksi. Bila kondisi ini berlanjut hingga 3 minggu dan benjolan tidak mengempis segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat pertolongan medis.

sumber gambar : http://4suckhoe.com/uploads/2014/01/tre-so-sinh-bi-viem-phe-quan-phoi-4.jpg

1 Komentar

  1. Dok anak saya usia 8 bulan di bagian perut atas anak saya ada benjolan sebesar guli,dia kelihatan ketika saya mengangkat kedua tangannya pada saat mandi,dan pada saat saya merabanya. Kira kira it apa yah dok,berbahaya tidak?

Komentar