Tips Sukses Berbisnis Catering

bisnis cateringMembuka usaha makanan atau bisnis kuliner bisa dibilang usaha yang tidak ada matinya. Bisnis makanan dapat dilakukan dimana saja, tapi biasanya orang akan banyak tertarik dengan tempat-tempat yang strategis. Jadi terbukti bahwa peluang usaha makanan merupakan salah satu usaha tidak boleh untuk disia-siakan.

Saat ini sudah banyak orang yang membuka usaha kuliner di sepanjang jalan menggunakan warung tenda ataupun rumah-rumah makan, yang menawarkan berbagai macam jenis makanan. Tidak sedikit dari mereka yang tidak memiliki latar belakang untuk menjalankan bisnis kuliner, namun mampu untuk menekuni  bisnis tersebut. Salah satu bisnis kuliner yang cukup prospek yaitu bisnis catering. Berikut ini beberapa tips sukses berbisnis catering yang dapat Anda coba aplikasikan:

  • Modal

Untuk modal awal dapat disiasati dengan menggunakan peralatan dapur yang sudah dimiliki, hanya untuk sementara waktu.

  • Sikap mental

Untuk memulai suatu usaha, buang jauh-jauh rasa malu, takut gagal serta memendam dalam- dalam keraguan dalam hati.

  • Operasional

Masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan harus dipersiapkan sejak pertama. Jika Anda tidak ahli dalam hal memasak maka bisa belajar atau kursus terlebih dahulu atau dapat juga merekrut ahli masak.

  • Pengetahuan

Meningkatkan pengetahuan tentang berbagai macam jenis masakan. Perbanyak membaca buku-buku kuliner, berbagai macam masakan dalam maupun luar negeri.

  • Kualitas masakan

Dalam proses memasak, usahakan untuk selalu menjaga kualitas dari bahan baku yang digunakan dan kebersihan tempat. Baik tempat memasak maupun alat untuk memasak. Hindari bahan-bahan yang dapat membahayakan kesehatan seperti pewarna dan pengawet.

  • Harga makananperhatikan kualitas masakan

Perhitungkan dengan benar harga dari masing-masing masakan. Usahakan harga catering Anda mampu bersaing dengan kompetitor bisnis serupa, dengan tetap memperhitungkan keuntungan Anda.

  • Disiplin

Kedisiplinan merupakan peran penting untuk menentukan berhasil atau tidaknya seseorang. Lakukan semua proses dengan konsisten, jangan pernah putus asa jika menemukan halangan di perjalanan Anda merintis usaha.

  • Promosi dan Pemasaran

Untuk melakukan promosi dapat menggunakan berbagai macam cara seperti menyediakan kartu nama, label pada kemasan, promosi dari mulut ke mulut, leaflet dan bisa juga melalui media massa lokal seperti koran.

Dengan memiliki rasa percaya diri dan pantang menyerah maka Anda akan bisa memetik hasil dari usaha Anda. Suatu awal yang baik pasti akan membuahkan hasil yang baik pula. Lakukan dengan kesungguhan, kerja keras dan jangan lupa iringi dengan doa, yakinlah bahwa usaha Anda akan sukses.

sumber gambar: 
1. https://si0.twimg.com/profile_images/1872214375/makanan.jpg
2. http://hetmancatering.pl/uploads/galleries/thumbs/65/67/522.jpg_800x2000_4_0.jpg

Komentar