Keluarga, Tumbuh Kembang Anak

Tips Sukses agar Anak Tidak Sulit Bangun Pagi

bangun pagiAdalah sebuah fenomena di mana anak kecil dan anak remaja sangat sulit dibangunkan pada pagi hari. Orang tua pun sampai muring-muring atau merasa kesulitan saat membangunkan anak. Bahkan sampai memarahi anak karena sulitnya bangun.

Zaman dulu, cara mendidik anak sangatlah keras agar bisa selalu bangun pagi.  Jika tidak, membangunkannya pun dengan cara yang cukup ekstrim, misal dengan disiram air, atau dipukul. Namun, hasilnya memang cukup berhasil di mana anak akan segera bangun.

Beda zaman, beda budaya, beda cara. Anak sekarang jika diperlakukan seperti itu justru akan marah dan menjadi kontraproduktif. Sepertinya tidak membuat efek jera, tetapi efek emosi tinggi. Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa tips sukses agar anak tidak sulit bangun pagi:

  1. Pastikan anak tidak tidur lebih dari jam 10 agar ia bisa bangun paling lambat jam 5 pagi. Tidur 7 jam sudah lebih dari cukup untuk me-recovery tenaga.
  2. Hindarkan anak pada gadget dan televisi di dalam kamarnya. Gadget atau televisi menjadi penghalang utama bagi anak untuk menyegerakan tidurnya. Mereka akan asik bermain dan nonton sampai tak kenal waktu sehingga membuat mereka tidur larut dan akhirnya sulit bangun.
  3. Pandu anak untuk segera buang air kecil, berwudhu lalu berdoa agar ia mudah bangun pagi esok harinya. Doa yang kita ajarkan dan yang anak ucapkan akan menjadi sugesti tersendiri bagi ia untuk bisa bangun pagi. Otak akan menyetel sesuai apa yang disugestikannya. Misal Anda ajarkan doa,”Ya Allah, bangunkan aku jam 4 pagi ya..Aamiin.”. Untaian doa sederhana tapi jika itu benar-benar diucapkan secara mantap dan yakin, insya Allah akan terjadi.
  4. Buat suasana tidak nyaman ketika jam bangunnya. Misal dengan memasang alarm berkali-kali, mematikan kipas angin/AC, menghidupkan lampu. Dengan begitu anak akan terganggu tidurnya dan membuatnya mau tidak mau bangun untuk membuatnya nyaman lagi. Saat itulah Anda beraksi dengan mencegahnya tidur lagi.
  5. Percikan sedikit air ke wajahnya, tapi bukan menyiramnya. Hal ini juga akan membuat anak tidak nyaman sehingga membuatnya terbangun dari tidurnya.
  6. Pada hari libur, jangan biasakan mereka tidur melebihi jam mereka bangun karena akan merusak irama pembiasaan bangun pagi yang sudah kita bentuk.
  7. Di pagi hari ada sholat Subuh, maka pastikan anak sudah dipahamkan dan diajarkan pentignya sholat lima waktu sehingga itu dapat menjadikan sebuah alasan agar ia merasa tanggung jawab untuk melaksanakan sholat.

Itulah beberapa tips sukses yang cukup sederhana sebagai cara mendidik anak agar mudah bangun pagi. Jangan sampai anak terbiasa bangun kesiangan sampai masa remaja, maka akan sulit diubah. Tekankan pentingnya bangun kepada anak. Rezeki akan seret jika bangun siang.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://esq-news.com/sites/default/files/imagecache/620x/berita/2011/01/manfaat_bangun_pagi-835.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Mainan Anak Puzzle Huruf, Untuk Memperkenalkan Huruf Pada Anak-anak

Mainan Anak Puzzle Huruf, Untuk Memperkenalkan Huruf Pada Anak-anak

Puzzle huruf merupakan Mainan Edukatif anak yang berguna untuk memperkenalkan kepada anak tetang abjad. Bermain ....
Mobil-mobilan Berbentuk Trailer Balok untuk Mengembangkan Imajinasi Anak

Mobil-mobilan Berbentuk Trailer Balok untuk Mengembangkan Imajinasi Anak

Mobil-mobilan berbentuk trailer merupakan mainan edukatif anak yang terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk balita yang ....
Puzzle Huruf Hijaiyah, Permainan Puzzle untuk Anak

Puzzle Huruf Hijaiyah, Permainan Puzzle untuk Anak

Puzzle Huruf Hijaiyah merupakan mainan edukatif menyusun huruf-huruf hijaiyah yang bermanfaat untuk pembelajaran Al Qur’an ....