tips persiapan sebelum mudik lebaranBagi sebagian besar dari anda mungkin tradisi mudik menjadi semacam kewajiban yang harus dilaksanakan saat menjelang Hari Raya Idul Fitri sehingga anda pun kini mulai sibuk untuk mempersiapkan rencana untuk Mudik Lebaran. Persiapan apa saja sih yang perlu anda lakukan sebelum berangkat mudik. Nah, inilah beberapa diantaranya:

Persiapkan kebugaran dan stamina tubuh anda sebelum mudik.

Aktifitas mudik bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih lagi pemudik yang kampung halamannya jauh sehingga menghabiskan waktu dan tenaga yang banyak di jalan. Oleh karenanya pastikan kondisi badan anda bugar dan memiliki stamina tubuh yang fit agar terhindar dari sakit saat dalam perjalanan maupun saat sampai di tempat tujuan.

Persiapkan perbekalan mudik dengan baik.

Mempersiapkan perbekalan mudik seperti makanan, minuman, obat-obatan ataupun tas yang anda perlukan untuk membawanya. Fungsi dari perbekalan ini adalah ketika anda merasa lapar atau stamina mulai menurun saat dalam perjalanan, maka anda bisa memanfaatkan perbekalan tersebut sebagai asupan energi pemulih stamina.

Persiapkan kendaraan yang digunakan untuk bermudik.

Kendaraan merupakan sarana yang paling penting dalam melakukan aktifitas mudik karena lancar atau tidaknya mudik yang anda lakukan tergantung pada seberapa baiknya kondisi kendaraan anda. Jangan lupa untuk mengecek oli, radiator, AC, ban serep, aki, kunci-kunci peralatan atau toolkit, kotak P3K dan sebagainya. Dan yang tak kalah penting tentunya yaitu surat-surat kelengkapan berkendara seperti STNK, SIM dan dan lainnya.

Tinggalkan rumah dalam keadaan terkunci dan aman.

Saat anda ingin melakukan mudik, jangan lupa untuk memastikan rumah yang anda tinggalkan dalam keadaan terkunci dan aman. Cabut selang regulator kompor gas, steker listrik dan perabotan yang bisa menimbulkan percikan api. Disarankan jika tetangga anda tidak melakukan mudik, maka anda bisa meminta tolong tetangga, sekuriti ataupun orang kepercayaan anda anda untuk mengawasi. Dan untuk lebih aman lagi, anda juga bisa memasang kamera CCTV di beberapa titik lokasi rumah yang dirasa cukup strategis.

Pastikan packing barang dan perlengkapan sudah benar.

Terkadang banyak orang lupa, bahwa packing yang benar adalah dengan cara mengurutkan barang muatan berdasarkan tingkat urgensi atau kebutuhan. Pastikan bagian atas packing adalah barang yang sekiranya akan menjadi paling dibutuhkan saat perjalanan agar anda tak perlu membongkar seluruh isi tas untuk mengeluarkan barang yang dicari.

Bawa sistem navigasi GPS atau peta mudik.

Bagi yang membawa kendaraan sendiri pada saat mudik sebaiknya tidak melupakan barang bawaan yang satu ini, yaitu peta jalur mudik karena ini merupakan salah satu hal yang sangat penting dan bisa berguna.

Waspada kejahatan di jalan.

Kejahatan saat mudik merupakan hal yang klasik dan kerap terjadi. Biasanya kejahatan ini lebih berpotensi bagi mereka yang mudik dengan menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta api. Oleh karena selalu waspada dengan lingkungan sekitar anda dan terhadap barang bawaan anda.

Tidak banyak membawa uang tunai

Banyak membawa uang tunai akan semakin meningkatkan resiko kejahatan di jalan, oleh karenanya bawalah uang tunai secukupnya. Anda bisa menggunakan sarana ATM yang banyak terdapat di pinggir jalan ataupun di pusat-pusat perbelanjaan untuk mengambil uang saat anda membutuhkan.

Berdoa dan selalu terhubung dengan keluarga di rumah.

Berdoa kepada Allah SWT agar mudik yang anda lakukan diberikan kelancaran dan dilindungi dari hal-hal yang bisa mengakibatkan kerugian terhadap diri anda. Nah, bagi anda yang memang mudik seorang diri, pastikan anda selalu terhubung dengan keluarga atau kerabat dirumah guna memberi informasi keberadaan anda kepada keluarga dirumah untuk menghindari kekhawatiran dari pihak keluarga.

http://2.bp.blogspot.com/_2I9YpXag_ZA/THZZvkp3LYI/AAAAAAAAAB4/upvHxds8vH4/s400/mudik.gif