Tips Perawatan Kulit Wajah Pada Masa Kehamilan

masker qiansotoBanyak ibu hamil mengalami perubahan kulit yang justru terlihat makin bersinar. Perubahan ini terjadi karena saat Anda hamil, peredaran darah Anda menjadi lebih tinggi dari biasanya sehingga pembuluh darah yang ada di bawah kulit bisa membuat pipi terlihat lebih memerah. Perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan menyebabkan produksi minyak yang ada di tubuh menjadi lebih tinggi dari sebelumnya dan hal ini menyebabkan kulit Anda terlihat lebih berkilau dari sebelumnya, serta kulit lebih mudah berjerawat. Agar kulit Anda tidak mengalami masalah dengan kulit wajah, berikut kami informasikan tips perawatan kulit wajah pada masa kehamilan.

Membersihkan wajah

Mulailah dengan membersihkan kulit wajah. Permbersih wajah sebaiknya yang lembut, tidak mengandung residu atau mengandung gliserin. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, sebaiknya Anda membasuh kulit dengan pembersih yang tidak mengandung sabun serta melembabkan. Basuh wajah tidak lebih dari dua kali sehari untuk menghindari kulit menjadi terlalu kering. Gunakan air hangat dalam membersihkan serta membilas, lakukan dengan lembut saat mengusap wajah.

Melembabkan dan melindungi kulit dari matahari

Hal penting yang harus Anda perhatikan saat perawatan kulit selama hamil dan setelahnya adalah menggunakan pelembab yang mengandung paling tidak SPF 15, dan perlindungan terhadap spektrum yang lebih luas (yang bekerja mengatasi sinar UVA dan UVB).

Selama kehamilan, peningkatan hormon memicu peningkatan jumlah sel-sel pigmen, yang dapat menyebabkan munculnya jerawat di wajah, atau “topeng saat hamil.” Penggunaan tabir surya setiap hari adalah cara yang terbaik untuk menghindari perubahan warna kulit. Jika Anda sudah berencana untuk bepergian keluar di bawah terik matahari atau di pantai, lindungi diri Anda dengan tabir surya yang aman digunakan saat kehamilan.

Berhati-hati dalam penggunaan kosmetik

Selalu konsultasikan dengan dokter Anda dalam hal penggunaan obat-obatan ketika Anda hamil termasuk dalam pemilihan kosmetik. Periksa selalu tata cara penggunaan, apakah bahan kosmetik tersebut aman untuk digunakan saat kehamilan atau tidak. Jika tidak ada keterangan, periksa bahan-bahan dasar dari kosmetik tersebut, apakah terdapat bahan yang berbahaya bagi kehamilan atau tidak. Jika Anda menggunakan kosmetik selama kehamilan, pilihlah kosmetik yang berbahan dasar seperti air, non acnegenic atau non comedogenic, dan hindari kosmetik yang mengandung bahan kimia yang membahayakan janin. Misalnya, retinoid (terdapat di krim muka), accutane (di krim jerawat), dan asam salisilat (salicylic acid). Selain itu, hindari penggunaan alat listrik yang kontak langsung dengan wajah, misalnya mesin high frequency dan radio frequency, sebab merupakan tindakan invansif dan menimbulkan stimulasi atau rangsangan berlebihan.

Jika ingin menggunakan pemakaian obat-obatan, baiknya gunakan obat-obatan alami terlebih dulu, seperti penggunaan masker telur, masker apel dan masker qiansoto, herbal facial cleanser, dan masih banyak lagi, namun jika ingin menggunakan obat-obatan berbahan kimia baiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda sebelum memilih obat yang akan digunakan, karena obat jerawat rawan terhadap kesehatan ibu hamil dan janin.

Sumber gambar: http://pondokibu.com/produk/flek-hitam-kecantikan-spa/lulur-masker-qiansoto-untuk-mengatasi-segala-masalah-wajah

Komentar