Tips Mudik Lebaran

tips mudikTradisi mudik sudah menjadi tradisi yang selalu ada setiap lebaran. Saat mudik menjadi saat yang menyenangkan bisa berkumpul bersama keluarga tercinta. Bahkan, ada beberapa orang membuat moment mudik sebagai momen yang sangat penting dan wajib dilakukan. Nah, jika Anda termasuk salah satu dari beberapa orang yang akan melakukan mudik, Anda sebaiknya melakukan persiapan terlebih dahulu.

Agar mudik terasa nyaman dan lancar, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips. Berikut kami informasikan tips mudik lebaran.

1. Pilih waktu mudik yang tepat

Saat sudah berencana untuk mudik, sebaiknya Anda pilih waktu yang tepat. Jika Anda mudik menggunakan transportasi umum, pesan tiket keberangkatan dan kepulangan jauh-jauh hari sebelumnya. Hal tersebut dilakukan agar Anda tidak kehabisan tiket dan mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah. Selain itu agar Anda lebih bisa memilih sarana transportasi yang nyaman selama perjalanan. Nah, kalau Anda akan melakukan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya cek keamanan kendaraan jauh-jauh hari. Periksakan ke bengkel untuk service dan mengecek bagian terkecilnya. Agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan saat Anda mudik nanti.

2. Atur anggaran biaya dengan cermat

Mengatur biaya yang akan dikeluarkan saat mudik sangat diperlukan, agar Anda tahu kebutuhan apa saja yang penting dan menghabiskan biaya berapa. Membuat daftar anggaran biaya yang harus Anda keluarkan dengan baik. Contoh seperti budget tiket pulang-pergi atau budget bensin, oleh-oleh, angpao dan yang lainnya. Agar tidak bingung dan berakhir dengan uang yang habis tanpa alasan yang jelas. Yang terpenting, jangan memaksakan kebutuhan yang tidak bisa Anda penuhi. Hindari berhutang saat akan mudik hanya dengan alasan agar memiliki uang cadangan.

3. Pelajari rute mudik yang efektifsituasi jalur mudik

Bagi Anda yang akan melakukan mudik dengan kendaraan pribadi. Sebaiknya pelajari terlebih dahulu rute perjalanan mudik yang efektif. Agar Anda tidak berakhir dengan perjalanan panjang dan berputar-putar. Hal tersebut bisa menghemat waktu dan tenaga serta hemat bensin tentunya.

4. Siapkan kondisi fisik

Sebelum Anda mudik, selain persiapan kendaraan dan biaya, persiapan fisik tidak kalah pentingnya. Agar saat mudik kondisi Anda tetap fit, maka Anda harus benar-benar menjaga kondisi kesehatan Anda. Jangan sampai saat mudik tiba, kondisi tubuh malah tidak bisa diajak kerjasama.

Jangan sampai membuat kondisi kesehatan Anda jadi menurun saat hari H keberangkatan. Siapkan plastik, obat anti mabuk perjalanan, minyak angin, beberapa permen asam dan obat khusus yang sesuai dengan Anda.

5. Berdoa dan tetap memberi kabar

Terakhir yang tidak boleh dilupakan, jangan pernah lupa berdoa sebelum melakukan mudik atau sebuah perjalanan. Selain itu, kabari terus keluarga dan beritahu kondisi serta letak dimana Anda berada saat itu. Agar keberadaan Anda bisa terus terpantau dengan baik.

Demikian beberapa tips mudik yang bisa Anda lakukan demi kenyamanan Anda saat mudik. Selamat mempersiapkan mudik ya.

sumber gambar:
1. http://www.hadirentcar.com/uploads/2013/02/mudik-lebaran.jpg
2. http://budiwiyono.files.wordpress.com/2009/09/situasi-jalur-mudik.jpg

Komentar