Parenting

Tips Mudik Lebaran Bersama Bayi dengan Kendaraan Umum

tips mudik lebaran dengan kendaraan umumTidak terasa kita sudah berada di penghujung ramadhan, dan lebaran akan segera tiba. Salah satu hal yang membuat lebaran bermakna adalah mudik ke kampung halaman, terlebih bila menggunakan kendaraan umum. Namun, situasi ini akan berbeda halnya bila di tahun ini ada seorang bayi mungil yang akan turut serta dalam perjalanan.

Kekhawatiran Bunda tentang si kecil yang mungkin akan rewel selama perjalanan terus menghantui. Memang idealnya si kecil baru dapat melakukan perjalanan jauh setelah ia berusia 2 tahun, namun bukan berarti si kecil yang berusia 3 bulan tidak dapat diajak untuk mudik dengan kendaraan umum.

Memang tidak semua bayi nyaman untuk diajak naik kendaraan umum. Biasanya bayi dengan karakter mudah ditenangkan, mudah diajak main, mudah ditidurkan dan bayi yang sedang tidak sakit akan lebih tenang diajak naik kendaraan umum.

Berikut ini beberapa tips mudik asyik bersama bayi, dikutip dari id.theasianparent.com.

1. Sebelum mudik, amati kebiasaan si Kecil

Meskipun sudah terbiasa dengan aktivitas si kecil sehari-hari, tidak ada salahnya bila kita mengamati lebih detail kebiasaan atau jadwal si kecil. Seperti apa cara terbaik untuk menenangkan nya jika rewel, jam tidurnya, dan situasi seperti apa yang akan membantunya tidur lebih tenang.

2. Latihan dulu

Jika selama ini si Kecil tidak terbiasa naik kendaraan umum, tidak ada salahnya jika melatihnya terlebih dahulu menaiki kendaraan umum.Tidak semua bayi tahan dengan bus ber-AC misalnya; jadi melatihnya untuk tidur atau terjaga dengan kondisi udara yang kering dan berisik suara mesin mobil tentu akan sangat membantunya menyesuaikan diri.

Bila si Kecil tidak terbiasa memakai popok sekali pakai, tidak ada salahnya juga untuk mencoba memakaikan jenis popok tersebut. Siapa tahu si Kecil tidak cocok dengan merek yang Anda pilih, timbul ruam, atau malah menjadi rewel karenanya.Perlu juga untuk melatih si Kecil untuk minum ASI dari botol sekiranya Moms merasa tidak nyaman untuk menyusui si Kecil dalam kendaraan umum.

3. Jaga kesehatan

Perhatikan kondisi kesehatan si kecil sebelum mudik, jika si kecil dalam kondisi sehat, tentu dia akan lebih nyaman untuk menikmati perjalanannya

4. Persiapkan keperluan si Kecil

Berikut adalah beberapa perlengkapan yang harus tersedia saat mudik bersama si kecil

* beberapa stel baju cadangan

* mainan dan buku favorit si Kecil agar si kecil tidak bosan

* Selimut

* Jaket, topi, kaos kaki

* Toiletris si kecil seperti minyak telon, bedak, tisu kering dan basah

* Satu liter air mineral untuk berjaga-jaga bila memerlukan air bersih.

* Termos berisi air panas, makanan atau cemilan favorit bagi bayi yang telah MPASI

5. Pilih sarana transportasi umum yang tepat.

Banyak pilihan sarana transportasi yg bisa kita jadikan pilihan untuk perjalanan kita.tetapi akan lebih nyaman bagi si kecil bila menggunakan jenis bus ber-AC dan jika mungkin pilihlah dengan model reclining seat (kursi yang dapat direbahkan) agar kita dan si kecil lebih nyaman. Dan usahakan untuk memilih jadwal keberangkatan sore hingga malam hari.

Produk Menarik untuk Anda:

Vitabumin – Madu Penambah Berat Badan Anak

Vitabumin – Madu Penambah Berat Badan Anak

Vitabumin adalah madu herbal yang diformulasikan khusus untuk menambah nafsu makan, menambah berat badan anak ....
Madu Anak Stop Ngompol Dan Kesehatan Saluran Kemih

Madu Anak Stop Ngompol Dan Kesehatan Saluran Kemih

Madu anak stop ngompol adalah ramuan tradisional yang diformulasikan dari madu hutan pilihan kemudian diramu ....
Syifa Kids Penawar Angin, Obat Masuk Angin Anak

Syifa Kids Penawar Angin, Obat Masuk Angin Anak

syifa kids penawar angin merupakan madu herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk ....