Tips Mompreneur Untuk Bertahan Dalam Persaingan Usaha

tips menghadapi persaingan

tips menghadapi persaingan bisnis

Persaingan merupakan hal yang sangat wajar dalam dunia bisnis ataupun usaha. Dalam memulai sebuah usaha, sebelumnya Anda harus mengetahui siapa saja yang bergelut dalam bisnis tersebut karena merekalah sebenarnya pesaing dalam bisnis Anda.

Belajarlah dari profil mereka, baik mereka pesaing yang sukses, pesaing yang bisa bertahan menghadapi masalah maupun pesaing yang jatuh bangkrut. Anda bisa mempelajari bagaimana strategi mereka sehingga menjadi sukses, atau apa yang menjadi kesahalan mereka hingga akhirnya jatuh bangkrut sehingga Anda tidak mengulangi kesalahan yang sama dengan pesaing Anda.

Sebelum Anda terjebak dengan ketatnya persaingan pasar, berikut ini kami informasikan tips mompreneur untuk bertahan dalam persaingan usaha.

Belajar dari pengusaha sukses

Anda harus banyak belajar dari pengusaha sukses yang berhasil mempertahankan usahanya di pasaran. Misalkan saja jika Anda menjalankan sebuah usaha toko pakaian, dan toko pakaian lain yang ada di samping atau diseberang jalan membuat diskon besar-besaran, maka Anda juga harus bergerak dan memikirkan skenario untuk menghadapi situasi seperti itu.

Bertanya pada pelanggan Anda

Tanyakan kepada pelanggan Anda, apa yang mereka inginkan dari usaha yang Anda tekuni. Minta pendapat mereka tentang usaha Anda dibandingkan dengan usaha milik pesaing Anda, salah satunya adalah menanyakan tentang tawaran apa yang diberikan oleh pesaing usaha Anda.

Mengetahui kapan harus mengubah strategi

Berhati-hatilah dalam mengevaluasi ulang strategi usaha Anda untuk menghadapi pesaing bisnis yang sudah didepan mata siap menghancurkan usaha Anda atau evaluasi ulang usaha Anda sebelum pesaing mendekat. Ubahlah strategi usaha Anda secara kreatif tanpa harus panik sehingga tidak akan salah melangkah.

Jangan panik

Munculkan strategi dalam usaha Anda. Jangan berusaha untuk langsung mengalihkan taktik jika terjadi suatu masalah. Penting bagi Anda untuk mempertahankan identitas yang jelas selama menghadapi krisis persaingan dan Anda harus bisa menanamkan keunggulan yang jelas dalam usaha Anda kepada pelanggan. Dalam usaha yang Anda tekuni, Anda juga harus terlihat handal.

Mempunyai strategi dan rencana

Setiap perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari sebuah strategi yang solid, penjualan yang unik, perencanaan pasar serta perencanaan tahunan. Anda harus mempunyai strategi dan rencana yang ampuh sebelum pesaing datang menyerang. Hal yang penting untuk diperhatikan, Anda harus bisa menampilkan perbedaan antara usaha Anda dengan pesaing dalam cara yang positif.

Itulah beberapa tips mompreneur yang dapat Anda lakukan untuk bertahan dalam menghadapi persaingan usaha. Semoga dapat bermanfaat dan bisa mengantarkan Anda ke depan pintu kesuksesan.

Sumber gambar : http://www.smallbusinesscan.com/uploads/2013/07/featured-img-126.jpg

Komentar