tips menjaga kulit perut saat hamilPada usia kehamilan yang semakin bertambah, dalam keadaan normal ukuran bayi dalam perut juga akan bertambah dan semakin besar. Kondisi hal ini akan berpengaruh pada kondisi di sekitar perut, seperti kulit yang semakin meregang, semakin kencang, dan seperti retak-retak di bagian perut. Dengan kondisi yang seperti ini tentu banyak membuat Anda khawatir, tetapi  Anda juga bisa merasa tenang, karena dengan merawat kesehatan dan kecantikan kulit, perubahan yang terjadi pada kulit saat hamil bisa Anda minimalkan. Perawatan kulit saat hamil tidaklah sulit, sehingga Anda pun dapat melakukannya sendiri di rumah.

Berikut kami informasikan tips merawat kulit perut saat hamil:

1. Minum air putih minimal 8 gelas sehari.

2. Konsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau, buah, vitamin, dan mineral.

3. Makan makanan yang mengandung protein untuk pertumbuhan sel-sel kulit.

4. Istirahat yang cukup, minimal enam sampai delapan jam per hari. Saat beristirahat itulah sel-sel kulit bekerja untuk memperbarui sel kulit lama yang sudah mati.

5. Olahraga. Wanita hamil dan ibu menyusui juga perlu berolahraga agar sirkulasi darah tetap terjaga dan tubuh menjadi lebih lentur. Olahraga yang ringan dan teratur seperti jalan santai pagi atau sore, senam khusus ibu hamil, dan yoga cukup dianjurkan pada ibu hamil. Biasanya dilakukan pada usia kehamilan lebih dari tiga bulan. Olahraga merupakan aktivitas yang dianjurkan untuk ibu hamil karena dengan semakin bugar tubuh kita selama kehamilan, maka akan mempermudah adaptasi seorang ibu terhadap perubahan postur, mempermudah persalinan, dan membantu pengembalian bentuk tubuh ibu pasca persalinan.

6. Untuk mencegah timbulnya stretch yaitu guratan berwarna putih terutama di bagian perut disebabkan perut yang semakin membuncit, maka sebelum stretch timbul, di wal trimester kedua, mulai gunakan pelembab secara rutin pada daerah lipatan kulit, seperti perut, bokong, dan paha.

Kondisi perut pada saat kehamilan besar seperti sebuah balon yang terisi air yang semakin besar, jika kulit dan seluruh lapisannya lentur dan lemas seperti balon tentu tidak akan terlalu terasa kencang dan keras. Selain kulit perut yang terasa kencang dan keras pada masa kehamilan, Anda juga mungkin akan merasa pada permukaan kulit terasa menjadi kasar. Tidak semua kasus akan seperti ini. Kulit kasar dapat dicoba dengan minyak zaitun, body firming cream atau dengan baby care oil yang digosokkan pada permukaan kulit secara lembut.

minyak herbal zaitun

minyak zaitun

Setelah melalui masa kehamilan, kondisi perut juga akan berubah drastis pasca melahirkan. Perut akan seperti sebuah kantung yang sudah melar dengan penuhnya air, kemudian akan kendur karena tiba-tiba air yang ada di dalamnya keluar semua. Perut akan penuh dengan lemak yang semula melar menjadi kendur tanpa tarikan. Untuk mengatasi hal ini tidak bisa secara drastis menerima perubahan, harus secara bertahap. Hal utama adalah dengan berolahraga dan mengatur pola makan, terutama bagi yang menyusui. Olahraga ringan bisa dengan kardio ringan atau jalan santai. Pola makan berbasis protein, Sarapan dengan porsi protein lebih dari 80%, makan siang dengan porsi karbohidrat lebih dari 80% dan makan malam dengan porsi vitamin dan mineral lebih dari 80%.

Selain untuk masa kehamilan, perawatan perut  juga diperlukan pasca melahirkan. Dengan perawatan secara teratur, gurat-gurat pada perut pasca melahirkan akan berkurang dan bahkan bisa hilang. Perawatan perut untuk ibu hamil dan pasca melahirkan bisa dengan menggunakan laoshiya cream, minyak herbal zaitun tazakka, dan minyak zaitun al-amir.

Sumber gambar :
1. http://us.images.detik.com/content/2013/03/25/857/085846_perut.jpg
2. http://apotikherba.files.wordpress.com/2010/02/minyak-zaitun.jpg