Dapur sebagai gudang bahan makanan dan arena memasak, tentunya tak pernah lepas dari bau-bauan. Entah itu dari amisnya bahan makanan mentah, sayuran busuk, makanan basi, dsb. Tentu kegiatan memasak akan menjadi terganggu dengan adanya bau-bau tak sedap tersebut. Dan lagi, tak higienis. Membuat selera makan sering kali menjadi hilang.

Tak kalah penting, sering kali karena kita terburu-buru, saat mencuci piring kita kurang memperhatikan kebersihan alat-alat dapur. Yang akibatnya bisa fatal, alat dapur pun bisa menjadi biang bau di dapur Anda. Tak enak, bukan?

Nah, ada tips mudah untuk mempermudah Anda merawat perkakas dapur, serta membuat dapur menjadi harum dan nyaman.

  1. Untuk mengharumkan dapur: ambil air jeruk lemon dan beberapa cengkeh. Rebus dengan air sampai mendidih, dan berbau harum. Nah, bau harum dari lemon dan cengkeh ini akan membuat para ibu lebih nyaman memasak di dapur.
  2. Untuk menghilangkan bau amis: rebus air dan garam, sampai setengah mendidih. Beri sedikit perasan lemon. Setelah itu, rendam perkakas dapur yang terkena amis selama beberapa menit. Terakhir, cuci dengan sabun pencuci piring seperti biasa.
  3. Mengharumkan kulkas: ambil beberapa tetes essens vanilla, teteskan di secarik kain katun. Masukkan kain katun tersebut pada kulkas yang sudah dibersihkan. Essens vanilla bisa diganti dengan essens lemon atau jeruk segar.
  4. Gunakan sabun khusus pencuci piring, dan hindari pemakaian sabun colek. Sering kali ibu-ibu tidak sadar, bahwa penggunaan sabun colek seringkali meninggalkan bau sabun yang tajam pada peralatan makan. Tentunya tidak nyaman bukan, jika kita makan dan berasa sabun? Gunakan pencuci piring khusus, boleh juga ditambahkan kulit jeruk atau perasan lemon agar amis dan minyaknya hilang.
  5. Jangan gunakan plastik  untuk mencuci piring. Kesalahan lain yang seringkali dilakukan adalah mencuci piring dengan sabut plastik, bukan busa cuci. Padahal, plastik tidak bisa membersihkan lemak.
  6. Gunakan serbuk batu bata untuk membersihkan karat dan getah pada pisau. Formula ini sangat ampuh, sekaligus dapat menajamkan pisau dapur Anda. Kalau tidak ada serbuk, Anda bisa menggosok-gosokkan sebatang batu bata kecil pada permukaan pipihnya yang terkena karat dan getah. Hasilnya, pisau Anda kembali mengkilap!
  7. Membersihkan blender: bersihkan blender dengan kucuran air. Lalu masukkan air hangat dan perasan lemon, blender. Setelah itu, cuci dengan sabun cuci piring seperti biasa.