Tips Menjaga Stamina Selama Bulan Puasa

gizi seimbangKetika seseorang berpuasa, tubuh harus dalam keadaan sehat baik fisik maupun mental. Jika salah satunya sakit, akan menyebabkan puasa seseorang tidak berjalan dengan maksimal. Untuk mempersiapkan badan yang sehat saat puasa, hal terpenting adalah menjaga stamina tubuh, mengkonsumsi menu yang sehat sesuai pedoman gizi seimbang dan menghindari segala hal yang bisa memicu tubuh menjadi sakit. Bagaimana menjaga kondisi tubuh agar selalu prima saat bulan puasa. Berikut kami informasikan tips menjaga stamina selama bulan puasa antara lain:

1. Menjaga pola gizi seimbang

Menu saat buka puasa sebaiknya tetap mengacu pada pola gizi seimbang, ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Yang terpenting adalah harus makan, baik saat buka dan khususnya ketika sahur. Banyak orang yang nafsu makannya berkurang di saat sahur karena dorongan rasa kantuk.  Mengganti menu makan sahur dengan vitamin dalam hal ini tidak dianjurkan. Pasalnya, vitamin tidak akan bisa mengganti semua kebutuhan makanan yang diperlukan. Pilihan paling baik adalah mengatur menu makanan seimbang.

2. Konsumsi sayur-sayuran

Konsumsi makanan bergizi lengkap saat sahur dan buka puasa serta suplemen bila perlu. Jangan lupa sayur dan buah-buahan sebagai sumber utama serat yang berguna bagi tubuh. Perbanyak konsumsi sayuran saat bulan puasa. Di saat sahur dan berbuka lebih baik dibiasakan untuk menyantap makanan yang mengandung sayur-sayuran. Karena kandungan serat dalam sayur sangat berguna untuk mencegah sembelit, mengontrol kadar gula dalam darah, mengurangi kadar kolesterol, dan memperpanjang rasa kenyang. Sebaliknya, jika kamu kekurangan serat, akibatnyajadi  mudah merasa lapar dan cepat lelah. Contoh sayuran yang sebaiknya rajin dikonsumsi adalah brokoli, wortel, dan ayam yang kaya akan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan kulit selama berpuasa.

3. Konsumsi buah-buahan

Mengonsumsi buah sama pentingnya seperti mengonsumsi sayuran saat berpuasa. Buah mengandung banyak vitamin, serat, dan cairan yang baik untuk tubuh. Beberapa buah yang baik untuk dikonsumsi selama berpuasa adalah semangka, pir, pisang, pepaya, mangga, blewah, apel, dan anggur. Buah-buahan ini selain baik untuk tubuh, juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulitmu.

4. Istirahat yang cukup

Memanfaatkan waktu luang untuk beristirahat. Dengan istirahat yang cukup, Anda bisa beraktivitas dengan penuh gairah. Termasuk “aktivitas” di malam hari. Sebaiknya setelah sholat sholat tarawih dan membaca alquran segera saja tidur, agar kondisi badan fit lagi saat waktunya sahur.

5. Rutin berolahraga

Olah raga memang  salah satu kunci untuk badan yang sehat dan penuh energi. Melakukan olahraga setidaknya sepuluh menit setiap hari akan akan membuat tubuh segar dan tidak mudah lemas. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat seperti jogging atau senam di pusat kebugaran. Berjalan kaki disekitar rumah merupakan pilihan yang tepat. Waktunya bisa pagi hari atau menjelang berbuka puasa. Olahraga dapat memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke organ seksual.

6. Makan secukupnya

Saat berbuka puasa sebaiknya makan secukupnya saja, bila Anda terlalu kenyang bisa-bisa malah jadi malas beraktivitas dan merasa lemas.

7. Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih untuk menggantikan cairan yang hilang selama berpuasa. Berpuasa selama lebih dari 12 jam membuat tubuh Anda kekurangan cairan. Karena itu, jangan pernah lupa untuk minum minimal delapan gelas atau satu liter air dalam satu hari. Saat makan sahur, usahakan juga minum banyak air putih agar tubuh Anda memiliki cukup cairan selama menjalani puasa.

Saat berbuka, kebutuhan cairan tubuh juga bisa didapat dari buah atau sari buah, meskipun Anda tetap harus banyak meminum air putih. Jika biasanya kamu meminum susu di pagi atau malam hari, selama bulan puasa ubah kebiasaanmu dengan meminum susu di saat sahur. Daripada minum kopi atau teh, lebih baik kamu mengonsumsi segelas susu setelah makan sahur.

Dengan menjalankan tips menjaga stamina seperti di atas, puasa Anda pun bisa lebih khusyuk dan lancar tanpa gangguan kesehatan. Selamat menjalankan ibadah puasa!

Sumber gambar : http://www.muscleinfo.pl/upload/articles/001684_770.jpg

Komentar