olah ragaAgar kita bisa beraktivitas secara maksimal dalam menjalankan ibadah puasa dan juga agar puasa anda berjalan dengan baik, tentu kita harus menjaga kesehatan di bulan puasa. di bawah ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan :

Beberapa tips menjaga kesehatan saat puasa :

1.Buat Perencanaan Makanan

Selama bulan ramadhan, untuk menjaga kesehatan di bulan puasa buatlah perencanaan daftar makanan yang akan anda konsumsi sekeluarga secara rapi. Hal ini bertujuan agar anda tidak bingung menentukan menu makanan sahur dan berbuka setiap hari. Gunakan menu makanan yang sehat dan seimbang. Dalam berbuka dan sahur hindari Junk Food karena efeknya tidak baik untuk kesehatan anda.

2. Minum yang cukup

Hidrasi adalah hal terpenting selama puasa Ramadhan. Setelah berbuka puasa, Anda harus minum dalam jumlah besar. Anda juga harus minum saat bersahur. Kebutuhan hidrasi tubuh adalah sekitar 1,5 liter per hari.

3.Kurangi Konsumsi Teh, Kopi, dan Minuman Bersoda

Coba kurangi sekali untuk dua hari atau terserah manajemen anda. Hal ini penting untuk meminimalkan datangnya sakit kepala saat anda sedang berpuasa. Sebaiknya batasi konsumsi minuman yang mengandung kafein (teh atau kopi) karena kafein memicu pengeluaran air dari tubuh dan meningkatkan kemungkinan Anda terkena dehidrasi

4. Kebiasaan Makan Sehat

Dalam berbuka, jangan lupakan menu buah dan sayuran sebagai penyeimbang. Kurangi pula makanan bersantan, kudapan yang terlalu manis dan juga berlemak tinggi karena akan menumpuk lama di lambung. Penumpukan itu akan menyebabkan pembusukan sehingga terjadi radang lambung dan memicu gejala maag.

5. Konsumsi buah dan sayur

Saat bersahur, disarankan makan buah-buahan untuk vitamin dan sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa. Penting untuk bersantap sahur mendekati saat imsak.

6. Makan 3 kali sehari

Meskipun puasa dimulai dari matahari terbit sampai terbenam, Anda sebaiknya tetap makan tiga kali sehari: yang pertama saat bersahur, yang kedua saat berbuka dan yang ketiga sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka.

Jika hendak mengkonsumsi makanan sebelum tidur, lakukan 3-4 jam sebelum tidur2. Hal ini untuk memberi waktu makanan Anda dicerna sehingga tidak mengganggu saat tidur Anda.

7. Cukup waktu tidur

Tidur malam juga adalah hal penting yang harus anda perhatikan selama menjaga kesehatan di bulan puasa. Tidur malam yang baik diperlukan untuk bisa memastikan keseimbangan tubuh anda untuk aktivitas di hari berikutnya. Tapi, jika anda merasa kurang cukup tidur. Gunakan waktu siang untuk tidur,tapi jangan sampai hal itu menganggu aktivitas anda di siang hari.

8. Berolahraga

Olahraga berfungsi untuk membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh sehingga kesehatan tubuh anda bisa terjaga. Olahraga yang dilakukan tidak perlu terlalu berat, minimal jalan santai yang biasanya banyak dilakukkan orang setelah sahur.

9. Jangan sembarangan mengkonsumsi vitamin

Setiap orang tentu menginginkan bisa tetap aktif saat puasa dan tetap fit sepanjang hari. Dengan alasan itu, muncul kecenderungan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin. Namun ada yang perlu diingat, vitamin bukanlah sebagai makanan pengganti (subtitusi). Yang penting kita harus makan makanan sehat dan bergizi sehingga kebutuhan akan vitamin tercukupi lewat makanan yang bervariasi. Hendaknya kita tidak meminum vitamin sembarangan tapi konsultasikan dulu pada dokter.

10. Konsultasi ke dokter

Jika anda punya masalah kesehatan, anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter. Konsultasikan tentang keluhan anda, dan minta tips kepada dokter bagaimana pola makan yang cocok, serta bagaimana agar anda bisa menjalankan puasa dengan baik. Dengan begitu, tujuan anda untuk menjaga kesehatan di bulan puasa akan tercapai.

Semoga tips menjaga kesehatan di bulan puasa diatas berguna untuk anda. Lakukkan dengan tepat, dan anda akan bisa menjaga kesehatan di bulan puasa.

sumber gambar : http://cdn.klimg.com/kapanlagi.com/cityguide/images/content/25f5da5212498abbb2c4f72b03a5b870.jpg