Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Selama Kehamilan

kesehatan ibu hamilKesehatan ibu hamil selama masa kehamilan tentu saja menjadi prioritas penting bagi para ibu hamil agar kesehatan fisik maupun psikologi ibu hamil dan janin dapat terjaga dengan baik. Mengapa demikian? Karena kesehatan dan kecerdasan buah hati sebagian besar adalah peran serta dari ibu hamil dalam menjaga kesehatannya selama masa kehamilan. Untuk itulah penting bagi ibu hamil untuk memahami dengan benar bagaimana cara menjaga kesehatan ibu hamil dan janin selama masa kehamilan, tentu saja dengan dukungan dari sang suami atau calon ayah.

Masa kehamilan yang sehat tentu menjadi dambaan dan harapan bagi setiap ibu hamil selama 9 bulan karena masa kehamilan sangat rentan terhadap gangguan kesehatan yang dapat berpengaruh terhadap ibu hamil maupun janin yang ada di dalam kandungannya. Jika ibu hamil mengalami gangguan kesehatan maka sedikit banyak dapat berpengaruh juga terhadap kesehatan janin. Untuk itu, berikut ini adalah tips menjaga kesehatan ibu hamil selama kehamilan yang penting untuk diperhatikan.

1. Konsumsi makanan bergizi tinggi

Pada saat ibu menjalani masa kehamilan, maka mengkonsumsi makanan bergizi adalah salah satu faktor paling penting yang dapat menentukan kesehatan janin selama ada dalam kandungan.  Dengan mengkonsumsi makanan bergizi maka nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil selama masa kehamilan dapat terpenuhi dengan baik. Makanan bergizi yang dimaksud misalnya seperti sayuran hijau, buah-buahan, suplemen ibu hamil dan susu ibu hamil.

2. Lakukan olahraga untuk ibu hamil

Ibu hamil tidak dilarang untuk melakukan olahraga selama masa kehamilan karena ibu hamil juga membutuhkan olahraga untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya. Dengan olahraga maka janin yang ada di dalam kandungan akan menjadi lebih rileks dan tumbuh dengan sehat. Olahraga yang aman bagi ibu hamil antara lain seperti yoga, senam ibu hamil dan jalan sehat di pagi hari.

3. Istirahat yang cukup

Bagi ibu hamil memang harus mempunyai lebih banyak waktu untuk beristirahat. Apalagi setelah melakukan aktifitas maka ibu hamil harus beristirahat agar pikiran dan tubuh kembali rileks setelah lelah beraktifitas. Karena ibu hamil yang terlalu lelah dan kurang istirihat akan berdampak sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

4. Melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur

Salah satu manfaat melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur ke dokter atau bidan adalah untuk mendeteksi segala kemungkinan atau gangguan selama masa kehamilan baik yang berdampak bagi ibu hamil maupun janin yang ada dalam kandungannya. Sehingga proses selama masa kehamilan dan akhirnya pada proses persalinan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

5. Perhatikan lingkungan sekitar

Pada masa kehamilan, seorang ibu hamil akan lebih sensitif sehingga mudah lelah dan mudah terserang oleh penyakit. Untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungannya maka penting untuk memperhatikan lingkungan sekitar. Lingkungan merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kesehatan seseorang terganggu, maka jagalah selalu kebersihan di lingkungan sekitar Anda terutama sekitar rumah demi kesehatan ibu hamil dan janin.

Nah, bagi Anda para ibu hamil penting untuk mengetahui tips menjaga kesehatan ibu hamil selama masa kehamilan yang telah di sebutkan dan di jelaskan demi kesehatan dan kelancaran selama proses kehamilan. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://kotatuban.com/file/2012/06/JAMPERSAL2.jpg
Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 70.000 Beli

Komentar