Bayi & Anak, Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Anak Dengan Gizi Seimbang

gizi seimbangMenu makanan yang dikonsumsi sehari-hari haruslah memperhatikan kandungan gizi serta jumlah gizi yang masuk ke dalam tubuh. Tidak hanya untuk kaum dewasa saja yang perlu memperhatikan gizi seimbang, tetapi juga bagi balita maupun anak-anak karena pada masa itu anak anak membutuhkan asupan gizi seimbang untuk membantu tumbuh kembang anak.

Masa pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan masa yang cukup penting bagi anak-anak. Tingkat kecerdasan anak pada masa balita sangat berkembang pesat. Maka dari itulah anak-anak membutuhkan menu makanan dengan gizi yang seimbang. Hal ini dapat dilakukan dengan merancang menu makanan yang seimbang dan mengatur pola makannya setiap hari. Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan anak dengan gizi seimbang yang harus dilakukan setiap hari dan untuk porsinya juga harus disesuaikan dengan usianya.

1. Memberikan buah dan sayuran pada anak

Menu makanan seperti buah dan sayuran adalah makanan wajib yang harus didapatkan oleh anak setiap harinya. Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran maka anak akan mendapatkan serat, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan anak dan memberikan kesempatan pada anak untuk tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

2. Memberikan anak karbohidrat kompleks dan protein

Menu makanan yang merupakan sumber karbohidrat kompleks dan protein adalah makanan yang bisa menghasilkan energy untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Jangan sampai orang tua membiarkan anak beraktivitas tanpa mendukungnya dengan memberikan gizi seimbang sehingga tidak mempunyai energy yang cukup. Berikan anak sarapan sereal, beberapa sumber protein seperti telur agar kesehatan anak tetap terjaga sepanjang hari.

3. Memberikan makanan yang mengandung asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 adalah nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan otak anak. Nutrisi ini biasanya terkandung pada ikan. Dengan Anda memberikan nutrisi ini kepada anak maka Anda telah meningkatkan kecerdasan otak anak dan membuatnya berfikir jenius.

4. Memberikan susu pada anak

Susu merupakan nutrisi yang sangat penting bagi perkembangan otak dan fisik anak. Dengan mengkonsumsi susu setiap hari maka anak akan memperoleh beragam vitamin, kalsium dan mineral yang memberikan suplai untuk pertumbuhan tulangnya. Namun tidak sedikit juga dari anak-anak yang tidak suka minum susu , bahkan ada juga yang alergi. Jika hal itu terjadi maka Anda sebagai orang tua dapat mensiasatinya dengan mencampurkan susu pada sereal atau mengolahnya menjadi sebuah makanan dengan bahan dasar susu.

Semoga tips menjaga kesehatan anak dengan memberikannya gizi seimbang dapat menjadikan buah hati Anda tumbuh dan berkembang dengan sehat dan cerdas.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://cdn.krenizdravo.com/uploads/2012/12/dijete_prehrana.jpeg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Syifa Kids Cerdas Cendekia merupakan madu anak untuk nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia ....
Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon Adalah Kapsul herbal Yang 100% terbuat dari minyak ikan salmon berguna ....