Tips Menjaga Kehamilan Trimester Pertama

menjaga kehamilan trimester pertamaBerada di awal masa kehamilan memang sangat menyenangkan sekaligus mengkhawatirkan, sebab pada momen awal ini janin masih sangat sensitif. Kehamilan pada minggu-minggu awal memang sangat rawan. Jika tidak hati-hati, akibat paling parah yang bisa muncul adalah gugurnya janin. Sebagai seorang ibu, tentu Anda tak menginginkan hal tersebut. Karenanya penting untuk menjaga kehamilan extra hati-hati. Ada beberapa tips menjaga kehamilan usia muda yang wajib Anda ketahui. Berikut kami informasikan tips menjaga kehamilan trimester pertama.

1. Menghindari aktifitas yang berat.

Pada awal kehamilan, secara umum wanita sangat mudah lelah bahkan ada sebagian yang sampai pingsan oleh karena tekana darah yang rendah. Karena itu, jangan paksakan diri Anda melakukan pekerjaan yang berat. Jangan beridiri terlalu lama dan jangan pula duduk terlalu lama. Usahakan istirahat Anda cukup. Namun jangan juga terlalu lama berdiam diri sebab akan membuat badan Anda justru semakin tidak enak.

2. Menghindari zat-zat yang bisa membahayakan kehamilan,

seperti rokok, obat-obatan tertentu, kafein, dan alkohol. Alkohol juga rokok bisa menganggu dan menghambat perkembangan janin Anda. Ibu hamil yang merokok, akan menyebabkan kemungkinan sang bayi terlahir tidak sempurna akan semakin besar. Sementara itu, kafein juga bisa mempengaruhi jumlah zat besi di dalam darah dan akan memperparah gejala anemia yang lazim diderita wanita yang sedang hamil.

3. Menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh

asupan gizi ibu hamilAsupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh ibu hamil harus senantiasa dijaga, apalagi saat hamil muda. Pada saat hamil muda, biasanya wanita diserang rasa mual hingga nafsu makan hilang. Hal ini memang sesuatu yang masih normal, tapi perasaan ini tak boleh diikuti sebab jika calon ibu tidak makan, maka janin akan kehilangan asupan nutrisi penting yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya.

Pada prinsipnya, makanan sehat untuk ibu hamil muda sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah ataupun setengah matang sebab makanan yang kurang dimasak berpotensi menyimpan bakteri dan mikroba lainnya yang sangat berbahaya bagi janin yang masih sensitif terhadap segala gangguan. Jadi sebaiknya olah makanan sampai matang betul. Kecuali buah, ia jauh lebih baik dikonsumsi dalam keadaan segar. Untuk sayur, sebaiknya ibu yang sedang hamil muda menghindari sayur mentah dan setengah matang sebab bisa membuat gejala kembung di awal kehamilan semakin semakin parah.

4. Pandai mengelola emosi.

Saat hamil muda, biasanya mood wanita naik dan turun sehingga Anda harus pandai mengelola emosi. Hal ini disebabkan kondisi hormon yang sedang tak stabil karena kehamilan. Ibu yang mengalami stress saat hamil sangat rentan membahayakan janin yang ia kandung. Anda harus bisa mengelola emosi dengan benar, banyak-banyaklah mendekatkan diri pada Allah, bercengkrama dengan suami, latihan meditasi dan masih banyak lagi lainnya.

5. Memperhatikan aktifitas seksual suami istri

Tips menjaga kehamilan muda selanjutnya terkait dengan aktifitas seksual suami dan istri. Memang hal tersebut adalah fitrah dan sah-sah saja dilakukan. Tapi di awal kehamilan aktifitas tersebut bisa berujung pada keguguran jika tidak dilakukan sesuai kondisi sang wanita. Jadi, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan. Aktifitas seksual harus dilakukan secara hati-hati (bahkan ada sebagian orang yang memilih stop sementara) jika kehamilan tersebut sangat beresiko tinggi seperti keguguran, ada riwayat melahirkan prematur, adanya pendarahan di dalam vagina, plasenta previa dan semacamnya.

Sumber gambar :
1. http://kehamilan.org/uploads/2010/11/trimester-pertama-573x223.jpg
2. http://nutrisiuntukbangsa.org/uploads/2012/11/crbs085272.jpg

2 Komentar

  1. apakah pada trisemester pertama ibu hamil boleh mencuci secara manual ?

    1. Selamat pagi. Mencuci dan menyetrika adalah rutinitas yang harus dilakukan, bagaimanapun kondisinya. Sebab memang tidak mungkin baju kotor dibiarkan menumpuk begitu lama. Berikut beberapa tipsnya: Bila di rumah ada mesin cuci maka masalah sedikit teratasi, ibu hamil tak perlu banyak mengeluarkan tenaga, cucian bisa beres. Tapi kalau tidak ada mesin cuci, untuk mengakalinya cucian bisa direndam agak lama sehingga bersih meski tanpa dikucek. Untuk cucian yang besar seperti seprai bisa direndam kemudian diinjak-injak dalam ember untuk melarutkan kotorannya. Jangan pernah mengangkat pakaian yang siap dijemur/jemuran bersih sekaligus, karena beban itu sangatlah berat. Sebaiknya angkat sedikit-sedikit saja. Pada dasarnya ibu hamil trimester pertama tidak dianjurkan untuk mengangkat beban berat dan melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat dan menyita waktu istirahat. Semoga informasi kami bermanfaat. Terima kasih.

Komentar