Tips Mengatasi Varises Pada Ibu Hamil

varises pada ibu hamilVarises merupakan salah satu masalah yang sering juga dikeluhkan oleh beberapa wanita hamil. Varises adalah terjadinya pembuluh darah yang membengkak dan membesar yang berwarna biru. Varises saat hamil bisa terjadi karena adanya pembuluh darah balik (vena) yang mengakibatkan penurunan pada dinding vena. Varises dapat terjadi di kaki (terutama di belakang lutut), pada keadaan wasir atau daerah kewanitaan Anda. Varises yang terjadi pada kehamilan karena hormon progesteron kehamilan.

Pertumbuhan bayi Anda memberikan tekanan pada pembuluh darah di panggul dan pada pembuluh darah besar. Vena memiliki katup yang menghentikan darah yang kembali ke jantung dari mengalir mundur. Ketika katup ini tidak bekerja dengan baik pembuluh darah menjadi sesak dan mengakibatkan darah bertambah.

Varises saat hamil juga bisa terjadi disebabkan kelebihan berat badan ketika Anda hamil, berat badan janin, atau kehamilan bayi kembar. Resiko varises juga semakin besar pada Anda yang mengalami kehamilan pada usia 40 tahun keatas. Hal ini terjadi karena penebalan dinding pembuluh darah yang menghambat aliran vena sehingga memudahkan varises muncul. Varises yang terdapat pada area kewanitaan akan menghambat persalinan, pada kondisi yang parah akan mengakibatkan persalinan caesar. Bagaimana cara untuk mengatasi varises pada ibu hamil? Berikut kami berikan tips mengatasi varises pada ibu ibu hamil.

1.   Mengkonsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan sehat saat hamil dapat membantu mencegah varises semakin buruk dan meringankan ketidaknyamanan varises yang ada. Makanan sehat yang bisa Anda konsumsi seperti jus buah, terutama  blackberry dan blueberry  dapat membantu mencegah varises. Buah ini mengandung pigmen yang dapat memperkuat dinding pembuluh darah. Konsumsi vitamin E akan menurunkan resiko varises yang semakin parah. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi bawang putih yang dapat menghambat munculnya varises.

2.   Berolahraga secara teratur

Olahraga secara teratur akan mengurangi penumpukan lemak, sekaligus menjaga sirkulasi yang baik dan pembuluh darah Anda. Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan saat hamil seperti berjalan, berenang atau senam hamil. Hindari latihan aerobik yang berlebihan, seperti bersepeda dan jogging. Tekanan berlebih pada pembuluh darah di kaki bisa memperburuk masalah varises Anda.

3.   Mencukupi kebutuhan cairan tubuholah raga cegah varises

Minum terlalu banyak teh, kopi dan cola dapat membuat varises lebih menyakitkan dan menyebabkan sembelit bagi Anda yang sedang hamil. Cobalah untuk minum setidaknya delapan gelas air setiap hari. Bagi Anda yang membutuhkan suplemen tambahan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan terlebih dahulu.

4. Menghindari memijat di atas varises

Jika Anda memiliki masalah varises saat hamil, jangan lakukan pemijatan langsung di atas varises Anda. pijatan yang kuat mungkin bisa menyakitkan dan membuat pembuluh darah Anda semakin memburuk. Cara yang bisa Anda lakukan seperti menggunakan air dingin untuk merenggangkan otot-otot tanpa melakukan pemijatan atau bisa dengan mengompres. Bagi Anda yang mengalami varises semakin parah sebaiknya berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

5.   Hindari penggunaan sepatu hak tinggi pada masa kehamilan

Saat hamil, sebaiknya Anda hindari penggunaan sepatu hak tinggi karena hal tersebut akan menghambat pembuluh darah di area kaki. Bagi Anda yang ingin menggunakan sepatu hak tinggi pada kegiatan tertentu usahakan hak pada sepatu Anda tidak lebih dari 5 cm.

Selain 5 tips seperti di atas, Anda juga harus memperhatikan sikap dan posisi tubuh Anda seperti menghindari duduk atau jongkok untuk waktu yang lama, dan mencoba untuk tidak duduk dengan kaki disilangkan. Selalu terapkan pola hidup sehat saat hamil!

sumber gambar:
1. http://vvliveins.com/uploads/2012/08/Vein2.jpg
2. http://www.perempuan.com/asset/files/data/pregnat.gif

Komentar