Tips Mengatasi Rasa Takut Menjelang Persalinan

mengatasi rasa takut jelang persalinanBeberapa ibu hamil justru hanya membayangkan betapa berat, sakit, dan lelahnya proses persalinan. Wajar memang rasa takut menjelang persalinan banyak memenuhi benak para ibu hamil, terutama bagi yang akan mengalami pengalaman pertama melahirkan. Namun, akan sangat tidak wajar, jika rasa takut ini terus membayang-bayangi ibu hamil, apalagi hingga membuat stress.

Justru rasa takut akan makin membuat ibu menjadi tersiksa saat proses persalinan berlangsung, bahkan bisa membuat proses persalinan menjadi lebih lama yang makin membuat ibu menjadi lebih tersiksa. Untuk menghilangkan rasa takut tersebut, Anda harus melakukan beberapa tips mengatasi rasa takut menjelang persalinan.

Lupakan ketakutan

Ada hubungan antara rasa takut dan rasa sakit. Efisiensi dari otot rahim tergantung pada sistem hormonal, peredaran darah, dan syaraf semua bekerja bersama-sama. Ketakutan dan kecemasan menyebabkan tubuh untuk memproduksi hormon stres kelebihan yang menangkal hormon yang membantu tubuh memproduksi untuk meningkatkan proses persalinan dan mengurangi ketidaknyamanan. Hal ini menyebabkan rasa sakit meningkat dan proses persalinan akan berlangsung lebih lama. Ketakutan juga menyebabkan reaksi fisiologis yang mengurangi aliran darah dan dengan demikian suplai oksigen ke rahim akan berkurang sehingga otot-otot rahim akan semakin kencang berkontraksi dan semakin sakit.

Percaya diri

Tumbuhkan rasa percaya diri pada diri Anda bahwa Anda bisa melalui semuanya dengan mudah. Walaupun persalinan pertama bagi sebagian orang merupakan hal yang menakutkan, tapi bagi Anda itu memang hal yang alamiah dan harus dilewati. Untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda, bisa dengan mencari informasi di buku atau internet tentang persiapan persalinan.

Kemukakan rasa takut pada orang lain

Terkadang Anda tak mau orang lain tahu kelemahan atau ketakutan Anda, sehingga Anda menutupinya dan mengalihkan pada hal lain seperti belanja keperluan bayi atau bekerja. Lebih baik Anda mengemukakan rasa takut Anda pada pasangan atau orang yang sudah pernah mengalaminya, karena selain perasaan Anda jauh lebih enak, Anda akan mendapatkan masukan atau petunjuk apa yang seharusnya dilakukan sehingga Anda siap jika saatnya tiba.

Pahami proses persalinan

Memahami proses persalinan bisa Anda lakukan dengan cara membaca buku tentang persalinan atau konsultasi ke bidan atau dokter kandungan. Jika Anda tahu proses persalinan yang akan dilalui, maka kondisi mental Anda juga akan siap menjelang persalinan.

Bayangkan bayi mungil Anda

bayi lucuProses persalinan merupakan perjuangan seorang ibu antara hidup dan mati. Berjam-jam bahkan belasan jam ibu merasakan sakit. Proses itu memang harus dilalui. Yang penting adalah bayi lahir dengan selamat dan sehat. Agar rasa takut Anda bisa berkurang, Anda bisa membayangkan wajah mungil anak Anda yang akan keluar.

Relaksasi Hypnobirthing

Cara yang paling efektif untuk mengurangi rasa sakit saat bersalin. Sebaiknya ini dilatih sejak kehamilan sehingga saat bersalin tubuh akan secara otomatis bekerja dengan sangat harmonis. Sehingga proses bersalin berlangsung lancar dan menyenangkan.

Sumber gambar :
1. http://www.anneahira.com/images/persiapan-melahirkan.jpg
2. http://tipsfotografi.net/uploads/2013/02/Foto-Lucu-Bayi-Dibungkus-Handuk.jpg

Komentar