Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Tips Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

kaki bengkak pada ibu hamil

kaki bengkak pada ibu hamil

Masa kehamilan adalah waktu yang ditunggu-tunggu kaum wanita yang telah menikah dan ingin memiliki momongan. Masa kehamilan bukanlah masa yang mudah untuk dijalani, selain mengalami bentuk tubuh yang berubah, ibu hamil sering memiliki banyak keluhan seperti mudah lelah, pegal dan juga kaki bengkak.

Kaki bengkak menjadi masalah yang selalu dihadapai oleh para ibu hamil. Kaki bengkak pada ibu hamil disebabkan oleh tidak lancarnya aliran darah pembuluh balik pada kaki akibat terhambat oleh rahim yang semakin hari semakin membesar.

Kaki bengkak yang dialami oleh ibu hamil biasa juga disebut dengan oedema atau penimbunan cairan. Biasanya ibu hamil akan mengalami kaki bengkak pada usia kehamilan 7 bulan keatas. Kaki bengkak pada masa kehamilan tidak membahayakan ibu hamil dan janin, namun sedikit mengganggu aktifitas karena ibu hamil cenderung malas-malasan. Berikut ini tips mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil :

  1. Jangan terlalu memaksakan diri untuk berdiri terlalu lama, karena dengan berdiriterlalu lama maka kaki akan tersa pegal dan peredaran darah menjadi tidak lancer.
  2. Saat tidur usahakan posisi ibu hamil miring kekiri karena berdasarkan penelitian, dengan posisi tidur miring ke kiri maka pembuluh darah balik berada di sebelah kanan tubuh sehingga tekanan pada tubuh akan berkurang.
  3. Hindari memakai sepatu atau alas kaki yang tinggi dan menggunakan tali. Karena sepatu seperti itu akan dapat menghambat peredaran darah.
  4. Rajin mengkonpres kaki dengan menggunakan air dingin.
  5. Kurangi mengkonsumsi garam, karena terlalu banyak mengkonsumsi garam akan semakin membuat kaki ibu hamil menjadi bengkak.
  6. Rajin melakukan olahraga ringan atau jalan sehat setiap pagi. Dengan sedikit olahraga secara teratur maka kaki akan terhindar dari bengkak yang berlebihan.

Itulah beberapa tips ibu hamil untuk mengatasi kaki bengkak. Jagalah selalu kesehatan Anda dan janin selama masa kehamilan dengan olahraga ringan secara teratur, memperhatikan asupan nutrisi dan juga mengkonsumsi  Sari Kurma Al-Jazira dan Madu Ibu Hamil  untuk memberikan tambahan energi pada saat hamil. Semoga Bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://barelysupermommy.files.wordpress.com/2013/01/photo-1.jpg?w=869

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....