Keluarga, Tumbuh Kembang Anak

Tips Mendidik Anak Agar Rajin Olahraga

mendidik anak rajin olahraga

mendidik anak rajin olahraga

Olahraga adalah suatu aktifitas yang dianjurkan untuk rutin dilakukan bagi semua orang baik orang dewasa maupun anak-anak, dan sebaiknya olahraga dibiasakan sejak kecil untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Namun, mendidik anak agar terbiasa melakukan olahraga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena anak jaman sekarang lebih suka maen games di computer dan menonton televisi daripada harus melakukan olahraga.

Sebagai orangtua yang baik yang tidak ingin melihat anaknya mudah terserang penyakit maka Anda harus memberikan penjelasan pada anak akan pentingnya olahraga bagi kesehatan tubuh. Cara mendidik anak yang benar agar mau melakukan sesuatu yang Anda perintahkan demi kebaikannya adalah dengan cara yang lembut dan penuh rasa sabar, jangan smpai anak merasa tertekan. Berikut ini adalah tips mendidik anak agar rajin olahraga :

  1. Memberi contoh pada anak. Sifat anak tidak akan menyimpang jauh dari orang tuanya,  jika orang tua rajin olahraga maka seorang anak pasti akan mengikuti kebiasaan orang tuanya. Biasakan anak olahraga dengan mengajaknya jogging setiap pagi, bermain badminton dan olahraga lainnya.
  2. Memberikan pengertian pada anak bahwa olahraga itu sangat penting bagi kesehatan tubuh, jika tubuh sehat maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit yang dapat membahayakan jiwanya.
  3. Biasakan anak bangun pagi lalu berolahraga. Tidak harus setiap hari, misalnya saja setiap hari minggu atau hari libur. Anda harus bangun untuk mendidik anak agar mau berolahraga. Jika anak susah dibangunkan, Anda bisa menghidupkan lampu kamarnya dan memutar music kesukaannya agar anak mau bangun dan melakukan olahraga bersama Anda.
  4. Lakukan kegiatan yang disukai anak sambil berolahraga. Misalnya anak suka dengan fotografi, Anda bisa menantangnya untuk mendokumentasikan kegiatan olahraga yang dilakukannya bersama teman atau keluarga kemudian menguploadnya di jejaring sosial.
  5. Ajak teman-teman dan tetangga. Biasanya anak akan lebih tertarik melakukan segala sesuatu yang dilakukan secara beramai-ramai termasuk kegiatan olahraga.

Itulah beberapa tips mendidik anak agar rajin olahraga untuk menjaga daya tahan tubuh, semoga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh keluarga Anda dan bisa menumbuhkan rasa kecintaan terhadap olahraga pada diri anak Anda. Salam sehat selalu.

sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/-gdArCh1FdKQ/UENdKbKxLjI/AAAAAAAAAHs/O1gw5ZeLDw4/s1600/olahraga-ayah-anak-2.jpg