Keputihan, Kesehatan Wanita

Tips Mencegah Keputihan Pada Kaum Remaja

mencegah keputihan pada kaum remajaKeputihan adalah suatu hal yang dapat terjadi pada siapa saja, baik kaum remaja, dewasa, orang tua bahkan mereka yang sedang menjalani masa kehamilan. Keputihan yang terjadi pada kaum remaja ditandai dengan keluarnya cairan dari organ intim wanita. Keputihan ini akan terjadi pada kaum remaja kira-kira 6 bulan hingga 1 tahun sebelum seorang gadis perempuan memperoleh menstruasi untuk yang pertama kalinya.

Mencegah Keputihan Pada Remaja

Keputihan yang terjadi pada kaum remaja umumnya adalah hal yang normal dan disebabkan karena adanya perubahan hormon dalam tubuh gadis remaja. Cairan yang keluar tersebut bermanfaat untuk membantu menjaga organ intim wanita agar tetap sehat. Namun, saat seorang gadis mengalami keputihan mereka harus menangani dan selalu menjaga kebersihan organ intim wanita agar keputihan normal tidak berubah menjadi keputihan yang berbahaya.

Ada beberapa hal yang menjadikan keputihan normal pada gadis remaja menjadi masalah keputihan yang tidak normal atau berbahaya, antara lain adalah tidak menjaga kebersihan organ intim wanita, tubuh dalam keadaan letih serta stress, terkena infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri dan lain sebagainya. Untuk mencegah keputihan berbahaya terjadi pada remaja, berikut ini adalah tips mencegah keputihan pada kaum remaja dengan mudah dan sehat.

  1. Jangan suka menggunakan celana dalam yang ketat dengan bahan satin atau sintetis. Sebaiknya gunakan celana dalam yang berbahan katun sehingga dapat menyerap keringat dan kelembaban organ intim wanita tetap terjaga.
  2. Sering-seringlah mengganti celana dalam yang basah karena keringat dengan yang kering, celana dalam yang basah dan lembab adalah tempat yang mudah untuk bakteri berkembangbiak.
  3. Bersihkan organ intim wanita dengan menggunakan air bersih dan jangan gunakan sabun saat membilas organ intim wanita karena dapat mengganggu flora pada organ intim wanita.
  4. Hindari pemakaian bedak dengan tujuan untuk membuat organ intim wanita kering dan harum. Partikel halus dalam bedak akan dengan mudah masuk ke dalam lipatan-lipatan organ intim wanita sehingga dapat menyebabkan jamur dan bakteri tumbuh dan berkembang.
  5. Pada saat sedang menstruasi, rajinlah mengganti pembalut karena penggunaan pembalut yang terlalu lama pada saat menstruasi dapat mengundang bakteri tumbuh subur di organ intim wanita.
  6. Keringkan organ intim wanita setiap selesai buang air kecil atau besar, bilas organ intim wanita dengan air bersih dari arah depan ke belakang.

Masalah keputihan pada kaum remaja juga dapat terjadi karena asupan makanan yang tidak sehat. Misalnya minuman dan makanan yang terlalu banyak mengandung gula. Selain itu makanan mengandung lemak dan minyak terlalu banyak juga bisa mendatangkan masalah keputihan. Solusi yang paling tepat untuk mencegah keputihan selain beberapa poin diatas, yang paling penting adalah selalu menjaga kebersihan organ intim wanita. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kaum wanita khususnya anak remaja. Salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://vashaginekologiya.ru/uploads/2014/02/vydeleniya.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Feminine Instant Spray Untuk Mengatasi Keputihan

Feminine Instant Spray Untuk Mengatasi Keputihan

Feminine Instan Spray merupakan solusi tepat untuk mengatasi keputihan dan berbagai masalah pada organ intim ....
Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal–X adalah solusi cerdas untuk mencegah dan mengobati masalah organ kewanitaan. Seperti mengaktifkan dan melenturkan kembali ....
Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

SEKAR MALAM adalah ramuan jamu manjakani yang berkhasiat untuk mengatasi masalah-masalah kewanitaan sehingga dapat menciptakan ....