Tips Memulai Bisnis Penitipan Anak

tips bisnis penitipan anakMembuka bisnis penitipan anak merupakan salah satu alternatif peluang usaha yang cukup menjanjikan. Dimana sekarang ini banyak sekali pasangan muda yang sibuk bekerja sehingga membutuhkan tempat yang aman dan terpercaya untuk menitipkan dan mendidik buah hatinya. Terlebih lagi saat ini sangat sulit mencari tenaga pengasuh yang dapat dipercaya dan bisa mendidik anak dengan baik. Sehingga tidak heran bila dikembangkan dengan baik, maka bisnis penitipan anak dapat dijadikan sebagai peluang usaha rumahan yang sangat menjanjikan.

Sebelum memulai bisnis penitipan anak, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan seperti halnya rencana bisnis yang nantinya dapat membantu dalam memulai bisnis penitipan anak ini. Termasuk adanya dukungan dari sistem manajemen yang profesional juga sangat diperlukan. Bisnis Penitipan anak pada dasarnya adalah sebuah bisnis yang unik, dimana didalamnya tidak hanya mengandung unsur bisnis semata tetapi juga mengandung nilai sosial dan edukasi.

Nah, bagi Anda ibu rumah tangga yang berminat menekuni peluang bisnis ini, berikut kami informasikan beberapa tips memulai bisnis penitipan anak. 

1. Memperkenalkan cara kerja penitipan anak

Awalnya Anda bisa memperkenalkan keberadaan bisnis Anda pada setiap keluarga di lingkungan sekitar rumah. Anda bisa membidik tetangga sekitar yang kira-kira orang tuanya sibuk dan membutuhkan jasa penitipan anak. Jika tidak, Anda juga bisa menggunakan leaflet atau bahkan menginformasikan lewat internet jika tenaga ahli dan karyawan sudah cukup banyak.

2. Pemilihan lokasi

Pemilihan lokasi yang tepat dan strategis akan sangat menentukan minat calon konsumen. Untuk itu, ada baiknya bila Anda memilih lokasi yang luas dan tidak terlalu ramai dengan kondisi masyarakat yang memadai. Dengan lokasi yang tidak terlalu ramai dan cenderung lebih tenang, maka anak akan merasa lebih nyaman dan lebih bebas dalam melakukan aktivitasnya. Dengan begitu, anak tidak merasa terganggu dengan suara bising yang mungkin saja dapat membuat anak menjadi rewel.

3. Memilih karyawan dan perlengkapan

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk memulai sebuah bisnis penitipan anak adalah menyiapkan beberapa mainan anak berdasarkan usia, tempat tidur untuk anak, hingga arena bermain yang luas agar anak tidak bosan. Kemudian, Anda harus mengenal dengan baik dan tidak sembarangan memilih seorang karyawan untuk mengasuh anak. Usahakan bagi mereka yang telah menjadi ibu rumah tangga dan ingin bekerja untuk menambah penghasilan.

4. Pengorganisasian kerja

Dalam menjalankan sebuah bisnis pasti ada kalanya Anda akan dihadapkan pada sebuah ujian terutama dalam bisnis penitipan anak ini. Salah satu kunci yang dibutuhkan untuk mencapai suatu keberhasilan untuk bisnis penitipan anak ini adalah kesabaran. Jika Anda tidak memiliki kesabaran yang cukup maka anak yang Anda asuh justru akan menjadi pemberontak dan itu berarti Anda telah gagal dalam mengasuh anak. Tidak hanya Anda yang harus memiliki kesabaran yang cukup tetapi karyawan yang Anda pilih juga harus memiliki kesabaran. Latih dan awasi terus cara kerjanya.

Sebaiknya untuk memperoleh profesionalitas kerja yang tinggi, harus ada pembagian tugas bagi seorang karyawan. Ada yang mengawasi anak, mendidik anak dan lain sebagainya. Jika tidak ada pembagian tugas maka kerja karyawan tidak akan bisa maksimal. Itulah beberapa tips memulai bisnis penitipan anak, semoga dapat bermanfaat bagi calon mompreneur di Indonesia. Salam sukses untuk mompreneur di Indonesia!

PENTING UNTUK ANDA

Sumber gambar : http://wirausahaindonesia.com/uploads/Ayo-Mulai-Usaha-Penitipan-Anak-Day-Care.jpg
Papan Timbangan, Mainan Anak Untuk Mengenalkan Konsep Keseimbangan

Papan Timbangan, Mainan Anak Untuk Mengenalkan Konsep Keseimbangan

Mainan edukatif anak Papan Timbangan merupakan mainan edukasi yang terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk ....
Rp 49.000 Beli
Laptop Mainan Anak 2 Bahasa

Laptop Mainan Anak 2 Bahasa

Laptop Mainan Anak Merupakan Mainan Edukasi anak yang di disain sedemkian rupa sehingga bermanfaat untuk ....
Rp 75.000 Beli

1 Komentar

Komentar