Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Tips Memilih Kosmetik Yang Aman Bagi Ibu Hamil

madu untuk kecantikan wajahTampil cantik serta menarik merupakan dambaan setiap kaum wanita tanpa terkecuali pada masa kehamilan. Ketika postur tubuh berubah menjadi tidak porposional, maka kecantikan wajah, rambut, kulit bahkan kuku pun menjadi perhatian.

Tampil cantik bagi ibu hamil selama masa kehamilan berlangsung adalah hal yang tidak dilarang. Namun, perlu ibu hamil cermati dalam memilih produk kosmetik yang aman bagi ibu hamil untuk perawatan dan demi menjaga kecantikan wajah. Penting juga bagi ibu hamil untuk memastikan bahwa kosmetik yang digunakan bebas dari bahan-bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan kesehatan janin.

Pasar kosmetik sekarang ini semakin luas dan tidak terlepas dari penggunaan berbagai macam bahan kimia. Diantara sekian banyak bahan kimia yang digunakan sebagai bahan kosmetik, pastinya ada beberapa bahan yang tidak aman bagi kesehatan ibu hamil karena dapat membahayakan kesehatan janin.

Jika seorang ibu hamil kurang berhati-hati dalam memilih kosmetik, maka janin yang ada dalam kandungan dapat menerima dampak negatifnya seperti cacat, alergi, retardasi mental dan lain sebagainya akibat penggunaan kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya. Meskipun angka kejadian untuk permasalahan ini masih rendah atau belum bisa dipastikan, namun bagi wanita hamil tentunya harus tetap waspada selama menjalani masa kehamilan dan seterusnya.

Jika Anda adalah salah satu ibu hamil yang bingung memilih kosmetik yang aman digunakan pada saat hamil, maka berikut ini adalah beberapa tips memilih kosmetik yang aman bagi ibu hamil.

  1. Jika sebelum Anda hamil melakukan perawatan wajah dan kulit, alangkah baiknya Anda mengkonsultasikannya pada dokter kandungan atau kulit mengenai bahan apa saja yang terkandung dalam kosmetik Anda, dan apakah bahan-bahan tersebut aman untuk digunakan ibu hamil.
  2. Pilihlah produk kosmetik yang sudah terdaftar pada BPOM.
  3. Hindari penggunaan kosmetik yang mengandung bahan berbahaya seperti metil merkuri, aluminium, alkohol dan lain sebagainya.
  4. Jangan pernah lupa untuk memperhatikan tanggal expired sebelum Anda membeli produk kosmetik atau merk-merk tertentu.
  5. Jangan pernah menggunakan produk kosmetik melebihi dosis pemakaian yang dianjurkan, biasanya aturan pemakaian tertera dalam kemasan produk.
  6. Sebaiknya pada masa kehamilan, Anda menggunakan perawatan kecantikan wajah yang alami seperti bengkoang, madu, mentimun dan lain sebagainya dibandingkan harus menggunakan kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya sehingga dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan kesehatan janin.

Semoga informasi tersebut dapat memberikan banyak manfaat bagi para pembaca khususnya para ibu hamil. Salam sehat selalu.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://fb.ru/misc/i/gallery/2369/363040.jpg?1396188077865

Produk Menarik untuk Anda:

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....
Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....