Kesehatan, Perawatan Tubuh

Tips Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuhKekebalan tubuh yang menurun akan membuat seseorang rentan terinfeksi bakteri atau virus, dan salah satu penyakit yang sering menyerang saat imunitas menurun yaitu flu atau batuk. Namun sebetulnya penyakit tersebut bisa dihindari bila tubuh kita dalam kondisi prima. Nah, agar Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi salah satunya bisa dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi atau bisa melakukan pola hidup sehat. Berikut kami informasikan tips membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

1. Rutin mengkonsumsi jeruk nipis

Jeruk nipis sangat ideal untuk mengembalikan keseimbangan asam-basa. Minum jeruk nipis segar atau menambahkannya ke teh, salad dressing (menggantikan cuka), atau ke dalam masakan, akan membantu menjaga “iklim” tubuh  pada pH yang mendukung bakteri sehat, bukan virus dan bakteri yang merugikan yang berkembang dalam lingkungan asam lebih.

2. Pastikan tidur Anda cukup

Kurang tidur akan meningkatkan kadar protein yang terkait dengan inflamasi dan mengurangi kekebalan tubuh alami. Pastikan Anda mendapatkan minimal 7 sampai 8 jam tidur setiap harinya. Ini akan memberi manfaat yang signifikan bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Tidur dikaitkan dengan kadar hormon seimbang (termasuk hormon pertumbuhan manusia dan hormon stres), menjaga berat badan turun, pemikiran yang jernih dan penalaran, mood membaik, serta kulit yang sehat.

3. Makan banyak protein murni

Protein adalah sebuah blok bangunan untuk kesehatan tubuh, pikiran, dan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi sedikit protein dan cenderung tinggi karbohidrat hanya akan mengakibatkan gula darah naik serta menekan pankreas dan sistem kekebalan tubuh.

4. Minum banyak air putih

Ada alarm tubuh sederhana tentang kebutuhan air dalam tubuh ini, dimana sakit kepala dan haus keduanya merupakan tanda-tanda dehidrasi. Anda harus minum sedikitnya delapan gelas sehari, walau kini beberapa pakar mencoba mengoreksinya. Teori terbaru, minumlah air separo berat tubuh Anda dalam sehari.

5. Teh hijau

Teh hijau juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung polifenol dan antioksidan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, teh hijau yang mengandung polifenol dapat membasmi virus influenza. Tambahkan sedikit air jeruk lemon dan madu untuk memperkaya rasanya. Namun, jangan menambahkan susu, karena proteinnya dapat mengikat polifenol teh hijau.

6. Konsumsi buah-buahan dan sayuran mentah

Selain mengandung vitamin, serat, mineral, dan enzim, sayur dan buah segar juga merupakan antioksidan alami. Kandungan gizi yang Anda dapatkan dari buah-buahan dan sayuran mentah tak tertandingi. Manfaat buah juga bisa Anda dapatkan dari bio terra sari buah.

7. Jangan takut dingin

Sesekali, jalan-jalan lah saat hawa dingin menerpa. Sebagian besar dari kita menghabiskan 90 persen waktu di ruangan, padahal menghirup udara segar sangat menyehatkan. Waktu yang dihabiskan di luar rumah dalam dingin juga merangsang kelenjar tiroid.

8. Konsumsi ikan

Asam lemak omega-3 esensial yang ditemukan dalam daging ikan membatasi beberapa proses seluler dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Jika Anda seorang vegetarian dan tidak tahan bau amis, cobalah konsumsi suplemen minyak ikan yang banyak tersedia di pasaran seperti kapsul minyak ikan salmon, dan fish oil gold omega 3 plus suplemen makanan.

9. Kurangi stres

Stres dan kekebalan tubuh seperti ‘berjalan beriringan’. Stres yang ekstrim akan mengurangi sel pembunuh alami tubuh Anda, dan membuat tingkat kekebalan tubuh menurun drastis. Jika Anda mengalami stres, secepatnya mungkin harus Anda atasi agar kondisi Anda bisa kembali pulih.

10. Rutin berolahraga

Aktivitas fisik yang rutin dapat membantu meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh. Ini telah dibuktikan pada berbagai studi, yang mengungkap bahwa orang yang berolahraga selama lima hari seminggu beresiko lebih rendah terkena flu dan demam.

11. Konsumsi vitamin C

 Dengan mengkonsumsi vitamin C dapat membantu Anda menghasilkan antibodi alami untuk membunuh kuman. 400 miligram vitamin C diperlukan per hari untuk menjaga imunitas tubuh. Anda bisa mendapatkannya pada paprika, jeruk, berry atau suplemen, setelah berkonsultasi dengan dokter Anda tentunya.

12. Konsumsi vitamin D

Tidak banyak yang tahu bahwa kekurangan vitamin D dapat mengurangi kekebalan tubuh Anda. Pastikan bahwa Anda mendapatkan cukup vitamin D melalui menu makanan harian Anda. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D pada susu, ikan salmon, telur, udang serta paparan sinar matahari yang tak berlebihan.

Selain dengan melakukan beberapa tips seperti di atas, selalu mencuci tangan juga penting Anda lakukan untuk mencegah kuman masuk ke dalam tubuh.

Sumber gambar : http://t3.kn3.net/taringa/7/5/6/0/3/0/ANTI-Todos/47E.jpg