makanan ibu hamil,tips makanan bergizi ibu hamilSejak awal kehamilan, pada tubuh seorang wanita telah terjadi berbagai penyesuaian, antara lain peningkatan hormon progesteron. Hal ini untuk mempersiapkan pertumbuhan janin, masa persalinan, dan agar dapat menyusui bayi yang akan dilahirkan nanti. Ibu hamil harus menjaga dengan benar makanan yang diasup, makanan yang diasup harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu dan janin. Nutrisi sangat diperlukan agar kesehatan ibu tetap fit dan janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Tips Makanan Bergizi Kehamilan Trimester Pertama :

1. Asam Lemak Omega-6 (Asam lenoleat) dan Asam Lemak Omega-3 (Asam Alfa-Lenoleat)

Manfaat : Asam lemak omega-6 prekusor pembentukan asam lemak arakidonat (AA). Sedangkan asam lemak omega-3 di dalam tubuh diubah jadi EPA (asam eikosapentaenoat) dan DHA (asam dokosaheksaenoat). AA dan DHA terbukti sebagai lemak dominan penyusun sel-sel saraf dan otak janin. 

Jenis Makanan : Asam lemak omega-6 misalnya minyak kedelai atau minyak zaitun. Asam omega-3 misalnya ikan salmon, sarden, kembung, tuna, tenggiri, ikan tawas.

2. Asam Folat

Manfaat : Salah satu jenis vitamin B ini berperan dalam proses pembentukan sistem saraf pusat, termasuk otak.

Jenis Makanan : Kacang kedelai (tempe, tahu), hati sapi, serelia yang sudah difortifikasi asam folat, sayuran berwarna hijau tua, jeruk, apel dan sebagainya.

3. Vitamin B2 (Riboflavin) 

Manfaat : Membantu melepaskan energi dari proterin serta membantu memenuhi kebutuhan protein yang meningkat selama masa hamil.

Jenis makanan : telur dan keju cheddar.

4. Vitamin B 12 

Manfaat : 1) Menjaga kerja sel-sel sumsum tulang belakang, sistem saraf dan saluran penceranan. Dengan demikian berbagai sel tubuh janin yang telah terbentuk berfungsi normal. 2) Membantu kelancaran pembentukan sel darah merah.

Jenis makanan : produk olahan kacang kedelai tahu dan tempe, susu dan produk lainnya.

5. Vitamin C

Manfaat : 1) Membantu penyerapan zat besi kacang-kacangan, buah serta sayuran. 2) Meningkatkan penyerapan asam  folat, mengurangi resiko pre-eklampsia, meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jenis makanan : jeruk, kiwi, belimbing, paprika.

6. Vitamin D

Manfaat : 1) Memperbaiki penyerapan kalsium (Ca) dan membantu keseimbangan mineral dalam darah. 2) Untuk pembentukan tulang dan gigi.

Jenis makanan : Ikan salmon, ikan hering dan susu.

(Dari Berbagai Sumber)

http://intan.blog.ugm.ac.id/files/2011/03/makanan-ibu-hamil.jpg