Mompreneur, Tips & Trik Bisnis

Tips Keuangan Usaha Bagi Calon Mompreneur Sukses

manajemen keuangan untuk mompreneurManajemen keuangan merupakan salah satu kegiatan bisnis yang dimulai dari perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, serta pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi ataupun sebuah perusahaan.

Mengatur manajemen keuangan dapat diartikan juga dengan mencatat dan mengontrol uang yang Anda punya serta bagaimana cara Anda membelanjakan atau menabungnya. Dalam mengurus sebuah rumah tangga Anda harus dapat mengatur keuangan dalam keluarga. Anda dapat menerapkan manajemen keuangan dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran sehari-hari dalam buku catatan.

Begitu juga dalam mengurus atau menjalankan sebuah bisnis. Untuk menjadi mompreneur sukses Anda harus benar-benar memperhatikan beberapa tips untuk mencapai kesuksesan tersebut, salah satunya dengan mengatur manajemen keuangan dalam bisnis Anda dengan sebaik-baiknya.

Sebagai seorang Mompreneur Anda dituntut untuk mengerti tentang manajemen keuangan sehingga Anda tau bagaimana memanejemeni bisnis yang sedang Anda jalankan dengan baik dan memperoleh keuntungan sesuai yang ditargetkan. Anda harus dapat memprediksi kapan modal bisnis yang sudah Anda keluarkan akan kembali. Paling tidak Anda harus membuat sebuah kas kecil untuk mencatat dan mengontrol pemasukan serta pengeluaran keuangan pada bisnis yang Anda kelola. Sehingga Anda akan lebih mudah melakukan pengecekan setiap hari atau setiap bulannya, apakah bisnis Anda mendapatkan keuntungan atau kerugian.

Jika bisnis yang Anda kelola masih dalam skala kecil, kemungkinan besar Anda akan bekerja sendirian dan segala urusan dalam bisnis harus Anda tangani sendiri. Baik itu bagian keuangan, pemasaran, penjualan ataupun bagian-bagian yang lain yang ada dalam sebuah bisnis. Jadi wajib bagi Anda untuk mempelajari dan mengerti tentang manajemen keuangan dalam bisnis.

Untuk membuka sebuah bisnis, minimal Anda harus mengetahui tentang prinsip dasar manajemen keuangan. Namun jika bisnis Anda sudah mulai berkembang, Anda bisa memperkerjakan beberapa orang yang ahli dibidangnya untuk menangani bagian-bagian tersebut dan menggajinya sesuai dengan pekerjaannya. Salam Sukses.

Sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/-vjjrZp1nknY/UEWdEQH92JI/AAAAAAAAATo/_KFWaJNMMpI/s1600/laporan-keuangan.jpg