Tips Jitu Mengatasi Masuk Angin Pada Anak

tips mengatasi masuk angin anakPenyakit masuk angin pada buah hati merupakan salah satu masalah yang mencemaskan untuk beberapa orang tua terlebih jika terjadi di waktu malam hari. Apalagi jika hal ini ditambah dengan kurangnya pemahaman serta info. Terutama untuk beberapa orang tua, perihal langkah pencegahan serta menyembuhkan masuk angin pada anak memang sangat diperlukan.

Tips jitu mengatasi masuk anginĀ pada anak antara lain:

  • Cari tahu penyebab masuk angin pada anak

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan anak terserang masuk angin seperti udara dingin, terlalu lama bermain di luar rumah saat hujan, tiupan kipas angin dan AC. Karena itu, sebelum memutuskan untuk mengobatinya, sebaiknya hindarkan dulu penyebab tersebut, misalnya dengan membiasakan diri menggunakan baju hangat saat keluar rumah, jangan terlalu dekat menempatkan AC atau kipas angin, dan lain sebagainya.

  • Sesuaikan pengobatan masuk angin pada anak sesuai usianya

Kita pasti pernah mendengar tentang ramuan turun temurun dari orang tua kita untuk mengatasi masuk angin pada anak, yaitu dengan campuran bawang merah 1 atau 2 siung, minyak kelapa dan minyak telon. Parut bawang merah lalu dicampur dengan minyak telon, baluri tubuh anak terutama perut dan punggung, akan lebih baik jika Anda juga memberikan pijatan.

Perlu diketahui, ramuan tersebut memang bagus dan efektif, namun untuk anak usia dibawah 6 bulan, sebaiknya jangan pernah menggunakannya karena kulit bayi pada usia tersebut masih belum bisa beradaptasi dengan panas ramuan tersebut. Jika hal ini dilakukan pada bayi usia dibawah 6 bulan, kemungkinan akan menyebabkan kulit bayi menghitam karena panas yang diberikan ramuan tersebut masih belum sanggup diterima oleh kulitnya. Langkah terbaik untuk mengobati masuk angin pada anak usia dibawah 6 bulan cukup dengan mengoleskan minyak dengan kehangatan yang sedang seperti minyak telon di perut dan punggungnya. Minyak telon yang Anda gunakan pada anak Anda bisa dengan minyak telon al ghuroba dan minyak telon hasna.

Jika anak Anda sudah agak besar, lebih dari 6 bulan, maka boleh saja menggunakan ramuan tersebut, karena cukup mudah dibuat, murah dan terbukti efektif dalam mengatasi masuk angin pada anak.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati ! pepatah itu memanglah pas, dikarenakan pencegahan tidaklah serumit penyembuhan, cuma saja pencegahan karakternya teratur, karena itulah yang mengakibatkan orang terkadang lupa menghindari datangnya penyakit. Masuk angin mungkin mengakibatkan si anak alami flu serta pilek, sakit kepala, serta demam. Sudah pasti, lebih baik mecegah dari sekarang sebelum anak anda mengalami masuk angin.

Pada zaman sekarang ini obat tradisional sangat jarang digunakan malah ramuan tradisional di anggap sebagai sesuatu yang kuno. Padahal ada banyak sekali kelebihan dari ramuan tradisional selain tanpa efek samping yang cukup berbahaya juga khasiatnya tidak kalah mujarab dengan obat medis di toko.

Sumber gambar : http://us.images.detik.com/content/2013/04/24/1301/162658_anakmasukangints.jpg

MADU MENGATASI MASUK ANGIN UNTUKĀ ANAK :

Syifa Kids Penawar Angin, Obat Masuk Angin Anak

Syifa Kids Penawar Angin, Obat Masuk Angin Anak

syifa kids penawar angin merupakan madu herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk ....
Rp 45.000 Beli
Madu  Anak Syifa Kids FLu & Batuk Atasi Flu & Batuk, Sakit Kepala, Meriang & Masuk Angin

Madu Anak Syifa Kids FLu & Batuk Atasi Flu & Batuk, Sakit Kepala, Meriang & Masuk Angin

Madu Syifa Kids Fluba adalah Formula nutrisi yang menggabungkan, Madu Murni, habbatussauda dan herbal alami, ....
Rp 45.000 Beli

14 Komentar

  1. Slamat malama,bunda saya mau tanya apakah metode itu bisa d berlakukan untuk anak usia 2bulan,mksh

  2. mlm anak sy mlm inu sdang mngalami msuk angin apkh bleh usia 3thn dikerok mnggubakan koin dn diolesi minyak trlbih dhulu

    1. selamat siang bunda nisa,
      untuk anak usia di bawah 3 tahun jangan di kerok dengan koin bun bisa membuka pori-pori kulit yang nantinya akan mudah gampang terkena masuk angin,oleskan saja dengan parutan bawang merah dicampur minyak telon atau minyak kayu putih secukupnya setiap 2 jam di olesi bagian punggung,perut dan dada bila perlu telapak kaki dan tangan. berikan air hangat di campur jahe untuk penghangat badan.
      demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat terimakasih

  3. Admin, sy anna .. yg skrg sedang anak sy alami sama, tdk ada yg masuk sm sekali bahkan air putih sekalipun begitu, karna mungkin efek dr mualnya.. sy sudah bberapa kali mencoba memberikan ramuan bawang tadi, alhasil sama saja.. apa yg harus sy lakukan? Sy panik melihat anak sy seperti ini.

    1. selamat pagi bunda anna,
      sudah dicoba diperiksakan anaknya ke spesialis anak?bila bunda panik secara tradisional anak masih mengalami mual segera dibawa langsung ke spesialis anak supaya bs mendapatkan penanganan langsung dr dokter semoga info ini bisa membantu terimakasih

    1. Selamat pagi bunda enny.
      Mohon maaf, dari berbagai informasi yang kita dapatkan. Untuk sementara, yang telah terbukti dapat mengatasi masuk angin adalah bawang merah. Sedangkan bawang bombai, kami belum menganjurkan. Terima kasih.

  4. Terimakasih admin atas artikelnya. Saya ibu muda yg baru punya satu putri umur 6,5 bulan. Artikelnya sangat membantu saya dalam mengatasi masalah masuk angin pd putri saya. Putri saya yg tadinya rewel jd tidak rewel lagi, yg sebelumnya tidur cuma sebentar skrg sudah lebih lama dan lebih pulas setelah saya membuat ramuan yg admin berikan. Semoga dibalas pahala oleh Tuhan atas manfaat yg telah admin berikan kepada saya.

  5. mat mlm sy ibu hany sy psng krn anakqu sering msk angin dah biasa d ksh bwang merah ma minyak tp ttp tdk ada perubahan,obat tradisional apa lg yg hrs sy berikan…mksh sebelumx

    1. Selamat sore bunda.
      Masuk angin merupakan sebuah gejala awal dari suatu penyakit atau infeksi virus seperti perut kembung, mual dan masuk angin.Untuk mengatasi masuk angin pada anak secara non medis, bunda dapat membaca mengatasi masuk angin anak agar lebih jelasnya.

Komentar