Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil Muda

Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil MudaBerpuasa bagi ibu hamil muda khususnya Puasa Ramadhan tentu saja akan masih menjadi suatu kewajiban yang harus dilakukan. Namun, kewajiban tersebut tidak akan gugur selama ibu hamil masih mampu untuk menjalani ibadah puasa. Namun, apabila ibu hamil mengalami mual dan juga muntah berlebihan yang membuat kondisi menjadi lemas sebaiknya puasanya ditunda terlebih dahulu demi kesehatan ibu hamil dan juga janin dalam kandungan.

Berpuasa bagi ibu hamil muda memang sangat berat dan banyak tantangan yang harus dihadapi, karena pada saat hamil kesehatan fisik ibu jelas akan terganggu. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk menjalankan ibadah puasa sebaiknya ibu hamil konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Selain itu, istirahatlah yang cukup dan sebisa mungkin hindari stress sehingga meskipun sedang hamil muda masih bisa menjalankan puasa dengan nyaman.

Menu Sahur Dan Buka Untuk Ibu Hamil Muda

Apabila ibu hamil muda tidak mengalami mual dan juga muntah, asupan gizi pada saat sahur dan juga berbuka puasa tentu saja harus lebih ditingkatkan. Menu makanan ibu hamil untuk sahur tersebut sebaiknya adalah :

  1. Mengkonsumsi makanan yang mencakup 4 sehat 5 sempurna. Contohnya adalah 50% terdiri dari karbohidrat yang bisa didapat dari nasi dan gandum, 30% protein yang terdiri dari 10-20% terdiri dari lemak dari ayam, telur, daging, tahu dan tempe.
  2. Mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan sehingga membantu ibu dalam memperlancar buang air besar sehingga terhindar dari resiko wasir.
  3. Minumlah susu ibu hamil untuk menambah kekuatan selama berpuasa.
  4. Hindari mengkonsmsi makanan yang terlalu pedas.
  5. Konsumsi selalu suplemen yang diberikan oleh dokter kandungan Anda dan perbanyak juga minum air putih.
  6. Sebaiknya makan sahur tidak dengan terburu-buru.

Selain memperhatikan beberapa menu makanan saat sahur, ibu hamil juga tidak boleh seenaknya mengkonsumsi makanan pada saat berbuka puasa. Menu makanan sehat yang disarankan bagi ibu hamil muda saat berbuka puasa adalah sebagai berikut :menu buka puasa untuk ibu hamil

  1. Pola makan 3 kali dalam sehari bagi ibu hamil muda masih tetap bisa diterapkan meskipun sedang berpuasa, caranya dengan mengkonsumsi roti, puding atau camilan sehat pada awal buka puasa, setelah sholat tarawih barulah ibu makan makanan yang berat nasi, sayur lauk atau makanan berat lainnya.
  2. Hindari mengkonsumsi es pada saat berbuka puasa, karena minuman dingin akan menyebabkan produksi asam lambung meningkat. Agar kesehatan ibu hamil tetap terjaga saat berpuasa sebaiknya awali buka puasa dengan makanan yang hangat dan manis.
  3. Hindari mengkonsumsi makanan berat langsung, saat waktu berbuka tiba. Hal ini demi untuk menjaga sistem pencernaan agar tidak dipaksa untuk bekerja keras setelah beristirahat selama seharian saat berpuasa.
  4. Konsumsilah makanan yang berserat tinggi, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
  5. Perbanyak minum air putih pada malam hari.

Itulah beberapa tips berpuasa bagi ibu hamil muda untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin dalam kandungan. Persiapkan diri minimal sebulan sebelum Bulan Ramadhan tiba. Jangan paksakan diri untuk berpuasa jika kondisi ibu hamil memang benar-benar tidak mampu. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.mausehat.com/uploads/2013/07/kolak-pisang.jpg
sumber gambar : http://cdn-2.tstatic.net/jogja/foto/bank/images/Jus-kurma.jpg

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Pada awal masa kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk melengkapi dan membantu ....
Rp 55.000 Beli
Madu For Mama, Membantu Ibu Menyusui Melancarkan ASI

Madu For Mama, Membantu Ibu Menyusui Melancarkan ASI

Madu for mama adalah madu alami yang dikombinasi dengan tanaman herbal berkhasiat seperti buah kurma, ....
Rp 75.000 Beli
Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 70.000 Beli

1 Komentar

Komentar