tips agar anak suka makan sayurMelihat anak tumbuh dan berkembang dengan sempurna adalah harapan setiap orangtua. Tak heran jika orang tua melakukan berbagai cara agar kecukupan gizi anak mereka tercukupi. Salah satu cara untuk memenuhi kecukupan gizi adalah dengan mengkonsumsi sayur. Namun bagi sebagian orangtua, hal tersebut terkadang sulit dilakukan karena anak tidak suka makan sayur. Kalau sudah begini orangtua biasanya membujuk dengan iming-iming, serta harus pintar berkreasi membuat dan menyajikan makanan agar anak mau makan sayur. Berikut kami berikan tips agar anak suka makan sayur.

1. Memberi penjelasan kepada anak bahwa makan sayur itu penting

Agar anak mau makan sayur, perlu diberi penjelasan mengenai manfaat makan sayur, seperti badan akan menjadi sehat, bisa mencerdaskan otak, dan tidak membuat gampang sakit. Berikan juga penjelasan efek buruk jika tidak makan sayur, seperti badan akan cepat capek, mudah sakit, dan tidak cepat tinggi. Setelah mengetahui manfaat sayur tersebut, anak akan lebih semangat untuk mencobanya karena mereka tertarik dengan manfaatnya.

2. Buatlah penyajian sayur semenarik mungkin

Cara menyajikan sayuran bisa Anda kreasikan semenarik mungkin, agar anak tertarik untuk memakannya. Misalnya, jika memasak sup, Anda bisa membentuk potongan wortel menyerupai bunga matahari atau karakter yang disukai anak-anak, bisa juga dengan menambahkan makaroni dengan bentuk yang menarik. Gunakan pula mangkuk yang cukup besar dengan motif atau gambar yang juga menarik untuk menimbulkan selera makan si anak.

3. Menyajikan sayur dalam bentuk lain

Jika anak tetap tidak mau memakan sayur, Anda bisa menyajikan sayur tersebut dalam bentuk jus yang dicampur dengan es, misalnya wortel, tomat atau mentimun. Agar lebih menambah rasa, tambahkan sedikit gula atau madu yang juga baik untuk kesehatannya. Jangan lupa agar tampilannya menarik, hiaslah gelas dengan sedotan warna-warni, payung kecil atau kreasi lainnya.

4. Menyusun sayuran diatas piring sedemikian rupa sehingga kelihatan menarik

Anda bisa menggunakan mentimun, wortel, buncis dan seledri untuk membuat wajah orang diatas piring. Berkreasilah semaksimal mungkin dengan sayur yang lain, agar nafsu makan si anak bisa muncul. Anda juga bisa mengajak si kecil untuk ikut berkreasi membentuk makanannya menjadi semenarik mungkin.

5. Mengajak si kecil untuk turut memasak

Saat memasak, ajaklah si kecil untuk turut andil dalam kegiatan ini, misalnya mereka bisa membantu mencuci sayuran yang akan dimasak atau jika anak sudah cukup besar biarkan mereka memotong sayuran tersebut, tentunya dengan pengawasan orangtua. Biarkan pula mereka sesekali mengaduk sayur yang tengah dibuat. Dari sini diharapkan anak akan mencoba memakan apa yang telah dimasaknya.

6. Menyembunyikan sayur di dalam makanan merekamadu anak nafsu makan

Ibu dapat berkreasi dengan sejumlah hidangan favoritnya. Sedikit “mengelabui” dengan menyertakan sayuran pada hidangan kesukaannya seperti nugget ayam atau ikan atau memasukkan sayuran ke dalam roti isi.

7. Memakan sayur dengan lahap di depan anak Anda

Biasanya anak akan tertarik kalau melihat orangtuanya makan dengan lahap. Sambil Anda makan, Anda bisa katakan kepada anak bahwa sayurnya enak sekali lho, nanti anak pasti tertarik untuk ikut mencoba. karena biasanya anak akan tertarik kalau melihat orangtuanya makan dengan lahap.

Selain tips diatas, Anda juga bisa menyiasati dengan menambahkan nutrisi yang diperlukan anak Anda seperti dengan menambahkan minyak zaitun dalam makanan mereka, menambahkan minyak ikan salmon untuk kecerdasan otak mereka, madu syifa kids nafsu makan agar selera makan anak semakin lahap, atau nutrisi yang lain yang memang dibutuhkan anak Anda. Selamat mencoba.

PENTING UNTUK ANDA

Madu Herbal Syifa Kids Nafsu Makan Dan Cacingan Atasi Nafsu Makan Dan Cacingan Pada Anak

Madu Herbal Syifa Kids Nafsu Makan Dan Cacingan Atasi Nafsu Makan Dan Cacingan Pada Anak
Madu herbal anak syifa kids adalah herbal yang diformulasikan khusus untuk anak keluarga anda. 100% alami, tanpa bahan kimia, tanpa pengawet, tanpa perasa, tanpa pewarna. Memadukan madu murni, habatu
Rp 45.000
LoadingUpdating...

Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon
Kapsul Minyak Ikan Salmon Adalah Kapsul herbal Yang 100% terbuat dari minyak ikan salmon berguna untuk kesehatan , IKAN tak hanya enak untuk dikonsumsi, namun juga memiliki kandungan yang bisa membua
Rp 50.000

Minyak Zaitun Ekstra Virgin Al Ghuroba

Minyak Zaitun Ekstra Virgin Al Ghuroba
Minyak Zaitun AL-Ghuroba’ adalah minyak zaitun extra virgin oil import pilihan dan berkualitas. Minyak Zaitun Al-Ghuroba’ dikemas secara higienis dan sesuai dengan stantard Departemen Kesehatan R
Rp 25.000

Sumber gambar : http://www.ngomel.com/wp-content/uploads/2013/03/GmgEHP34aY.jpg