Teknik Relaksasi Untuk Melancarkan ASI

ibu menyusuiCara melancarkan ASI selain dengan mengkonsumsi makanan yang bisa melancarkan ASI, juga bisa dengan melakukan relaksasi. Relaksasi untuk ibu menyusui dapat menjadi salah satu kunci keberhasilan melancarkan ASI untuk memberikan asupan ASI yang berkualitas dengan kuantitas yang cukup bahkan berlebih bagi si kecil. Untuk itu ada teknik relaksasi yang biasa dikenal sebagai teknik pijat relaksasi laktasi/relaksasi melancarkan ASI. Teknik ini biasanya diajarkan oleh perawat ataupun bidan di rumah sakit. Namun, Anda juga bisa melakukan sendiri pijatan relaksasi ini di rumah dan bisa Anda lakukan kapan saja.

Berikut kami informasikan teknik relaksasi untuk melancarkan ASI.

Gerakan memutar pada payudara

Sebelum memulai memijat, oleskan minyak pijat (olive oil, minyak kelapa atau baby oil) pada kedua telapak tangan dan payudara Anda, angkat dan topanglah payudara kanan dengan menggunakan tangan kanan. Pijatlah menggunakan tiga jari tangan kiri dengan gerakan memutar seperti spiral, mulai dari pangkal payudara menuju areola. Lakukan juga untuk payudara kiri.

Relaksasi untuk refleks melancarkan ASI

Letakkan kelima jari tangan kiri yang sedikit diregangkan di pangkal payudara kanan, lalu pijat dengan gerakan memutar sambil menekan payudara mulai pangkal payudara ke daerah areola. Kemudian lanjutkan gerakan ini mulai dari arah samping (dinding dada) menuju areola. Gerakan ini akan membantu relaksasi dan membantu refleks melancarkan ASI.

Gerakan kupu-kupu

Letakkan kedua telapak tangan di dada, diantara kedua payudara. Lalu, lakukan gerakan seperti kupu-kupu mulai dari bagian tengah payudara mengarah ke atas, sambil kedua payudara diangkat dan dilepaskan bersamaan secara perlahan-lahan. Lakukan gerakan kupu-kupu berulang kali selama 1 menit.

Gerakan memerah payudara

Letakkan ibu jari tangan kanan dan kiri pada areola diatas puting susu payudara kanan dan letakkan jari yang lain pada areola di bawah puting susu. Tekan secara bersamaan ke arah dada, kemudian gerakkan ibu jari dan jari tersebut di areola dengan gerakan memutar. Lakukan dengan lembut dan perlahan berulang kali selama 1 menit.

pijat payudaraGerakan kupu-kupu menyebar

Sekarang, topanglah payudara kanan dengan tangan kiri. Lalu, lakukan pemijatan menggunakan tangan kanan dan kelima jarinya dengan gerakan kupu-kupu secara menyebar ke semua bagian payudara. Mulai dari areola ke arah pangkal payudara. Ulangi gerakan ini selama 1 menit. Lakukan gerakan yang sama pada payudara kiri.

Pemijatan menyeluruh

Letakkan telapak tangan kanan di atas payudara kanan, di atas areola, dan telapak tangan kiri, di bawah areola. Keempat jari kanan dan kiri bertemu di bagian bawah payudara. Lalu, doronglah kedua telapak tangan secara bersamaan ke arah bawah dengan gerakan memutar tangan. Lakukan pemijatan dengan cara dan gerakan yang sama pada payudara kiri.

Hypnobreastfeeding

Hypnobreastfeeding adalah teknik relaksasi untuk membantu kelancaran proses menyusui. Caranya, dengan memasukkan kalimat-kalimat afirmasi/sugesti positif yang membantu proses menyusui. Ibu menyusui dalam keadaan relaks atau sangat berkonsentrasi pada satu hal (kondisi hipnosis). Hipnosis sendiri adalah kondisi nirsadar yang terjadi secara alami. Seseorang jadi menghayati pikiran dan sugesti tertentu untuk mencapai perubahan psikologis, fisik, maupun spiritual yang diinginkan. Hipnosis otomatis terjadi kapan pun seseorang menjadi relaks yang dalam dan atau berkonsentrasi penuh. Pada teknik hypnobreastfeeding, perubahan yang diinginkan adalah segala hal yang mempermudah dan melancarkan proses menyusui. Misalnya, kalimat-kalimat sugesti atau afirmasi, “Saya mampu memberikan ASI pada bayi saya.” Atau “ASI saya akan mengalir deras untuknya.”

Jika Anda belum mencoba melakukan relaksasi untuk melancarkan ASI seperti yang diatas, Anda bisa mencobanya mulai dari sekarang, agar Anda bisa memberikan kualitas dan kuantitas yang terbaik buat buah hati Anda.

Sumber gambar :
1. http://www.cipakidsshop.com/images/stories/gambar_artikel/menyusui%20bayi.jpg
2. http://wishingbaby.com/uploads/2013/01/pijat-payudara.jpg

Komentar