Tanda-Tanda Persalinan Prematur

tanda-tanda persalinan prematurPersalinan prematur adalah salah satu dari persalinan yang tidak normal dari segi umur kehamilan. Persalinan prematur yaitu persalinan yang terjadi pada usia kehamilan memasuki minggu ke-37 atau ke-38. Persalinan prematur merupakan masalah besar karena dengan berat badan janin yang kurang dan belum cukup umur, maka alat-alat vital belum sempurna sehingga mengalami kesulitan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, serta bisa meningkatkan kemungkinan komplikasi medis bagi bayi, terutama masalah pernafasan.

Persalinan prematur merupakan sebab kematian neonatal yang masih sering terjadi. Hal tersebut terjadi dengan melihat kejadiannya yang kurang lebih dari 70 % dari semua kelahiran hidup. Ada beberapa persalinan prematur yang tidak diketahui penyebabnya pada beberapa kasus kehamilan. Namun ada beberapa hal yang membuat persalinan prematur mungkin terjadi, termasuk persalinan prematur sebelumnya, sakit kronis yang diderita ibu hamil, komplikasi kehamilan tertentu, dan kehidupan ibu hamil yang penuh dengan tekanan jiwa.

Selain mengetahui faktor penyebab persalinan prematur, yang lebih penting bagi ibu hamil adalah waspada terhadap tanda-tanda persalinan prematur, antara lain:

  • Kram seperti ketika datang bulan atau rasa sakit pada punggung.
  • Kram perut, dengan atau tanpa diare.
  • Kontraksi rahim yang teratur dengan jarak waktu sepuluh menit atau kurang dan kontraksi ini tidak harus terasa sakit.
  • Rasa tertekan pada perut bagian bawah, terasa berat atau seperti bayi yang mendorong ke bawah.
  • Keluar air atau cairan lainnya dari vagina.

kram perutPenting bagi para ibu hamil untuk waspada terhadap tanda-tanda persalinan prematur sehingga bisa sesegera mungkin ditangani oleh tenaga medis. Jika Anda memiliki tanda-tanda persalinan prematur, kami anjurkan Anda berbaring miring selama satu jam. Selagi beristirahat, minumlah dua atau tiga gelas air atau sari buah. Seringkali dengan beristirahat dan minum cairan, gejala-gejala persalinan prematur dapat mereda.

Namun jika dalam satu jam tanda-tanda tersebut tidak berkurang, sebaiknya Anda segera ke rumah Sakit. Anda membutuhkan perawatan dokter untuk memantau kondisi kehamilan Anda. Dokter akan meminta untuk berbaring miring di tempat tidur. Kontraksi akan diamati dan dicatat. Dokter biasanya akan membicarakan dengan Anda keuntungan dan resiko menghentikan upaya persalinan serta kemungkinan komplikasi bagi bayi. Kemudian dokter akan memutuskan menggunakan pengobatan untuk berusaha menghentikan upaya persalinan. Sayangnya, obat untuk menghentikan upaya persalinan prematur tidak selalu berhasil.

Sumber gambar :
1. http://www.klinikbunda.com/uploads/2012/10/Bayi-Lahir-Prematur.jpg
2. http://im1.tokobagus.biz/l/95/76/9511761_7471241.jpg

2 Komentar

  1. Kandungan ku 28minggu,keluhan saya kenapa suka sakit d pantat kiri bawah,dan bagian pinggang terasa sakit sperti d peras klo bangun dari tiduran suka susah berdiri

    1. Terimakasih bunda sudah berkunjung ke www.pondokibu.com

      Untuk keluhan yang bunda rasakan masih bisa dikatakan normal. Saat hamil, tidak cuma pantat dan pinggang saja yang akan sakit. Punggung, tulang belakang, paha, kaki juga akan merasakan nyeri. Sering buang air kecil & sesak nafaspun akan dialami bunda juga. Hal itu berkaitan dengan penyesuaian anggota tubuh terhadap kandungan yang nantinya akan membesar, sehingga beberapa bagian tubuh terjadi semacam pembengkakan. Paru2 & kandung kemih juga akan mengalami tekanan yang menyebabkan terjadinya sesak nafas seiring dengan usia kandungan yang bertambah. Jadi bunda tidak perlu cemas kalo berasa nyeri pada tulang panggul, daerah pantat dan punggung atau mungkin sesak nafas.
      Untuk rasa sakit ketika akan bangun dari posisi tidur, mungkin bisa disiasati dengan rutin berdiri dan berjalan sebentar tiap 30 menit sekali agar mengurangi nyeri, banyak2 minum air putih, dan kaki jangan sampai menggantung saat duduk.

      Semoga bermanfaat, tetap sehat ya bunda :)

Komentar