Tanda-Tanda Akan Melahirkan Bagi Ibu Hamil

tanda-tanda melahirkanSeorang Ibu hamil sudah seharusnya mulai memahami dan mengenali tentang tanda-tanda akan melahirkan. Hal ini penting agar mereka dapat segera mengambil tindakan untuk secepat mungkin mendatangi rumah sakit atau tenaga kesehatan lainnya yang menangani bidang persalinan.

Mengenali tanda-tanda akan melahirkan merupakan hal penting yang harus diketahui dan dipahami bagi para ibu hamil setelah usia kehamilannya menginjak 9 bulan. Bahkan, rasa stres yang sering dialami ibu hamil ketika menghadapi dan mendekati hari-hari persalinan perlu juga mendapat dukungan penuh dari sang suami.

Tanda-tanda akan melahirkan dapat dirasakan para Ibu hamil dalam waktu beberapa jam atau hari sebelum proses melahirkan. Pengetahuan tanda-tanda akan melahirkan tidak hanya wajib diketahui oleh sang Ibu, akan tetapi sang Ayah (suami) juga perlu mengetahuinya.

Berikut ini adalah tanda-tanda akan melahirkan bagi ibu hamil :

1. Terasa nyeri pada bagian selangkangan

Bagi ibu hamil yang akan melahirkan akan merasakan rasa nyeri pada bagian selangkangan akibat adanya tekanan dari posisi kepala janin yang sudah mulai turun ke bawah. Selain nyeri pada selangkangan, ada juga yang merasakan sakit pada perut.

2. Terasa sakit pada panggul dan tulang belakang

Rasa sakit pada bagian panggul dan tulang belakang disebabkan karena pergeseran dan pergerakan janin yang sudah mulai menekan tulang belakang.

3. Keluarnya lendir kental bercampur darah

Selama dalam kehamilan, janin tersumbat dalam rahim oleh mucus. Mucus sendiri merupakan gumpalan lendir yang lengket pada leher rahim. Dan pada saat janin akan mulai lahir, cervix mulai terbuka dan penampakan dari darah dan mucus mulai keluar. Hal ini merupakan tanda akan segera melahirkan.

4. Kontraksi

Awal mula terjadi kontraksi adalah terasa sakit pada punggung bawah yang kemudian akan bergeser di bagian bawah perut. Banyak dari pengalaman Ibu yang pernah melahirkan, menggambarkan rasa kontraksi seperti mulas saat haid. Kontraksi awal muncul setiap 15-20 menit sekali lalu berangsur menguat menjadi lebih sering. Inilah masa terberat dalam proses melahirkan. Cara mengatasinya dengan menarik nafas pendek-pendek namun cepat.

5. Pecahnya air ketuban

Pada saat air ketuban mulai bocor, Anda akan merasakan rembesan air atau bahkan semburan air. Hal itu terjadi karena desakan atau tekanan dari kepala bayi pada mulut servix sehingga menyebabkan air ketuban pecah.

Ketika seorang ibu hamil beserta suaminya mengetahui tanda-tanda akan melahirkan, diharapkan proses kelahiran akan berjalan dengan lancar dan baik. Ibu diberi kesehatan dan bayi lahir dengan selamat. Selalu konsumsi makanan bergizi dan madu Ibu hamil Al Wadey untuk menjaga Ibu hamil dan Menyusui agar tetap sehat. Salam Sehat Selalu.

PENTING UNTUK ANDA

Sumber gambar : http://cdn.klimg.com/kapanlagi.com//p/nubabyborn_photohome.jpg

Asina, Nutrisi Khusus Ibu Menyusui

Asina, Nutrisi Khusus Ibu Menyusui

Air susu ibu atau yang sering disebut ASI merupakan suatu kebutuhan penting untuk mencukupi nutrisi ....
Rp 40.000 Beli
Herba ASI Cara Mudah Melancarkan ASI

Herba ASI Cara Mudah Melancarkan ASI

Herba ASI adalah cara mudah untuk melancarkan ASI karena terbuat dari bahan-bahan alami yang dapat memperbanyak ....
Rp 40.000 Beli

Komentar