Tak Kunjung Hamil, Infertil-kah?

infertilUsia pernikahan Anda sudah memasuki tahun ke lima, bahkan lebih. Namun, hingga kini Anda belum dikaruniai seorang anak pun untuk memeriahkan rumah Anda. Sedih? Tentu saja. Biasanya, wanita belum merasa “sempurna” jika ia belum menjadi seorang ibu.

Anda akan bertanya-tanya, apakah aku mandul? Apakah aku tidak subur? Apakah aku tak bisa mendapatkan anak dari rahimku sendiri?

Nah, apa sebenarnya infertilitas / ketidak suburan itu?

Infertilitas atau ketidaksuburan adalah ketidakmampuan untuk hamil setelah satu tahun melakukan aktivitas seksual tanpa adanya kontrasepsi. Menurut definisinya, infertilitas terbagi menjadi 3 kelompok:

  1. Infertilitas primer. Ketidak suburan ini mengacu pada ketidakmampuan untuk hamil pada wanita di/sejak  masa lalu.
  2. Infertilitas sekunder. Yakni ketidakmampuan / kesulitan untuk hamil di masa sekarang, sementara sebelumnya sudah pernah hamil dan melahirkan.
  3. Recurrent Miscarriage atau disebut juga keguguran berulang. Wanita yang mengalami keguguran berulang juga dapat menerima diagnosis infertilitas jika mereka mengalami keguguran dua kali atau lebih berturut-turut. Kurang dari 5% wanita akan mengalami keguguran 2x berturut-turut, dan 1% wanita akan mengalami keguguran 3x atau lebih keguguran.

Kemandulan tidak terbatas pada wanita.

Menurut American Society of Reproductive Medicine, sepertiga dari kasus-kasus ketidaksuburan disebabkan oleh faktor wanita, sepertiga disebabkan oleh faktor laki-laki, dan sepertiga sisanya karena masalah dari kedua belah pihak, atau alasan-alasan yang tak dapat dijelaskan. Ini patut Anda garis bawahi : infertile bukan hanya berasal dari faktor wanita, namun bisa berasal dari faktor pria juga. Mengapa harus digaris bawahi? Karena selama ini telunjuk selalu mengarah kepada wanita, yang menuduhnya sebagai wanita mandul atau tak becus menjadi istri. Dan yang juga tak kalah penting, Anda tidak sendiri dalam masalah fertilitas atau infertilitas ini. Ada jutaan pasangan suami istri yang mengalami masalah yang sama dengan Anda.

Infertilitas pada wanita:

–          Adanya gangguan ovulasi

–          Gangguan saluran telur

–          Pernah infeksi di mulut rahim

–          Endometriosis

Infertilitas pada pria:

–          Kualitas sperma tidak memenuhi standar normal (volume 2-5cc, konsentrasi 20 juta/cc, motilitas/gerakan sperma 50% bagus)

–          Adanya infeksi

–          Masalah hormonal

–          Kelainan kromosom

Untuk menentukan apakah seseorang infertile atau tidak, dibutuhkan suatu penelitian yang cukup rumit dan panjang. Harus step by step. Adanya wawancara yang mengharuskan Anda memberikan informasi secara rinci, USG, uji lab, pemeriksaan organ genital dan fisik, dsb.

www.about.com & www.anakku.net

  •  
  •  
  •  
  •  

11 Komentar

  1. Dok,saya pd 13 november’13 datang bulan,11 Desember’13 datang bulan,11 January’14 datang bulan,4 February’14 datang bulan.Klo sprti saya ini masa masa subur itu tgl berapanya?……

  2. Salam kenal dok. Saya mau tanya, apakah menstruasi tidak teratur tetapi tidak pernah megalami sakit dibagian perut, bisa mengakibat tidak dapat hamil ya dok? Tksh dok.

    1. bisa saja, karena ketidakteraturan haid bepengaruh dalam menentukan masa subur. akan tetapi dengan rutin melakukan hub sex 2hari sekali anda berpeluang mendapatkan masa subur setiap bulannya.

      ada banyak hal-hal sederhana yang perlu kita perhatikan dan selama ni luput dari perhatian kita. ada banyak info tersebar di internet dan di berbagai buku. anda bisa mendapatkannya dalam satu paket informasi langkah-langkah yang sudah sangat banyak membantu pasangan untuk meraih kehamilan. anda bisa mendapatkan infonya disini : cara cepat hamil : —> http://tipshamil.com/?ref=deni

  3. sy dah nikah sekitar 1 thun,tapi belum bs hamil istri saya, umur istri saya 30 thun, saat haid istri sy selalu merasa sakit di bagian bawah perutnya. tlg tipsnya….!

  4. kenapa ya, saya udah telat 11 hari pasti keluar lagi
    padahal saya sudah menikah 1.2 bulan pi belom hamil juga
    tolong saya

  5. sdh hampir 3th saya blum hamil juga..haid saya memng ga teratur..gmna cra mengatasi na ya agar sya bisa hamil?sgala cara sudah saya perbuat..tpi blum pernah kedokter sic..suami disuruh kedokter malah katanya takut ada apa2 mending tunggu aja entr jga dikasih.kata suamiku.menurut anda saya hrus gmn?

  6. Saya sdh 11 thn menikah, n alhamdulillah sudah mempunyai anak 1 laki2 berumur 10 thn. Setelah kelahiran anak saya,saya ikut KB kurang lbh 6 bln… n stlh itu saya lepas tdk pake KB lg dngn harapan ingin hamil lg. tp sampe skrng belum hamil lg, kenapa ya ? . terima kasih…..

  7. saya mau tanya,saya telat haid udh 3hr tp payudara saya ga sakit,apakah kemungkinan saya hamil?

  8. saya sdh hampir lima tahun menikah blom hamil jg. kata dokter yang terakhir saya kunjungi sekitar 1 thn yang lalu saya terkena syndrom PCOS, penyakit ini bs sembuh dengan sendirinya bila berat badan turun sampai Berat Bdn ideal. dan saya minum obat selama 6 bulan. tapi bila mau trus berobat sampai 1 tahun tidak hilang maka dioperasi. saya tidak siap klw untuk dioperasi. bagaimana kira2 jalan keluarnya, mengingat biaya operasi mahal. terimakasih.

  9. Ass,kenapa ya saya udah empat bulan tidak hait kok gag hamil?cuma kadang ada plek……….?

    1. coba periksakan ke dokter, bu. ada beberapa kasus telat datang bulan, bahkan hingga 9 bulan, tapi tak hamil. anda bisa menanyakan pd beberapa dokter kandungan. jgn hanya 1 saja.

Komentar