Susu Kedelai Minuman Sehat Untuk Berbuka Puasa

susu kedelaiKedelai sangat akrab sebagai salah satu olahan pendamping makanan pokok dalam kehidupan masyarakat. Dikenal sebagai bahan dasar olahan tempe dan tahu, kedelai pun telah berkembang sebagai salah satu olahan susu. Susu kedelai terbukti memiliki kadar protein dan komposisi asam amino hampir sama dengan susu sapi, kandungan protein dalam susu kedelai sendiri dipengaruhi oleh varietas kedelai.

Minuman satu ini tidak mengandung kolesterol, kaya serat dan dapat mencegah dehidrasi,  tidak ada salahnya jika Anda menambahkan susu kedelai pada menu berbuka dan sahur untuk keluarga. Nah, untuk melihat manfaat lain yang terkandung dalam susu kedelai, berikut ini informasi lengkapnya:

Protein

Protein yang terkandung dalam susu kedelai tersusun dari asam amino berupa lesitin, arginin, lisin, glisin, niasin, leusin, isoleusin, trionin, triptofan, fenillalanin. Protein dalam susu kedelai berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan rusak, dan menjaga pertumbuhan tubuh.

Karbohidrat

Keberadaan karbohidrat di dalam tubuh, sebagian ada pada sirkulasi darah sebagai glukosa untuk keperluan energi, sebagian terdapat pada hati dan jaringan otot sebagai glikogen, dan sebagian lagi sisanya diubah menjadi lemak untuk kemudian disimpan sebagai cadangan energi di dalam jaringan lemak.

Serat/Fiber

Manfaat serat untuk tubuh diantaranya untuk menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan, mencegah dan mengelola diabetes, mencegah kanker usus besar, serta memperlancar pencernaan makanan dan pembuangan.

Vitamin A

Vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, membantu proses reproduksi, melancarkan sistem kerja saraf tubuh.

Vitamin B1 dan B2

Vitamin B1 berfungsi untuk memancing reaksi-reaksi proses dalam tubuh dan vitamin B2 sebagai pigmen pada susu sapi dan susu kedelai.

Vitamin EGreen Soya

Manfaat vitamin E adalah sebagai antioksidan. Antioksidan dapat membantu mencegah dan menghilangkan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Hal ini dikarenakan radikal bebas merusak struktur sel, yang menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh sehingga dapat menyebabkan kanker. Vitamin E membantu mempertahankan kelembaban sehingga dapat terhindar dari kulit kering. Vitamin E juga dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV serta mempercepat penyembuhan luka. Dengan sering mengkonsumsi vitamin E Anda akan mendapatkan kulit yang sehat. Tapi, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara mengolah atau memasak makanan agar vitamin E-nya tetap terjaga.

Mineral

Mineral berfungsi sebagai penambah kekuatan pada struktur tulang gigi, kuku, juga sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Polisakarida

Polisakarida berfungsi sebagai pengendali kadar gula yang berlebih dalam darah.

Isoflavon

Sebagai zat ajaib susu kedelai yang berguna untuk menyehatkan tubuh, serta membuat tubuh lebih bugar dan pantang terkena berbagai penyakit.

Kolesterol Baik (HDL)

Dalam tubuh terdapat kolesterol jahat yang menuai pengapuran pembuluh darah. Maka HDL atau kolesterol baik dalam susu kedelai mampu mencegah pengapuran tersebut dengan melawan kolesterol jahat.

Kalsium

Kalsium adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh Anda, antara lain untuk metabolisme tubuh, penghubung saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot. Kalsium berfungsi sebagai pembentuk kandungan tulang baru, memperkuat tulang, mengatur fungsi otot, mengedarkan darah dengan normal, dan mengontrol asam lemak di usus.

Jangan lupa untuk menyisipkan susu kedelai dalam menu minuman Anda, karena susu kedelai minuman sehat untuk berbuka puasa. Anda bisa mengkonsumsi susu kedelai dalam kemasan praktis seperti susu bubuk kedelai green soya gold.

sumber gambar:
1. http://www.net-profit-marketing.com/image-files/bp-soy-milk-and-bean-curd-singapore-1b.jpg
2. //pondokibu.com/uploads/2012/06/susu_kedelai_bee_polen_1.jpg

Komentar