Sumber Antibiotik Alami

lemonAntibiotik diperlukan tubuh agar daya tahan tubuh kuat sehingga terhindar dari penyakit. Daripada mengkonsumsi antibiotik kimiawi, lebih baik kita mengkonsumsi antibiotik alami yang lebih sehat tentunya. Sumber antibiotik alami bisa kita temukan dalam makanan. Beberapa jenis makanan dipercaya sebagai obat alami untuk mengobati berbagai macam penyakit. Beberapa sumber antibiotik alami sebagai obat dan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh seseorang antara lain:

Sayur dan buah yang mengandung vitamin C

Sayur dan buah yang bisa sebagai antibiotik alami yaitu yang mengandung vitamin C. Vitamin C yang terkandung di dalam sayur dan buah berkhasiat untuk menangkal berbagai bentuk infeksi, karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Buah dan sayur yang memiliki manfaat meningkatkan kekebalan tubuh meliputi jeruk, kiwi, stroberi, nanas, semangka, melon, brokoli, kol dan masih banyak lagi. Biasakan untuk memasukkan bahan makanan di atas ke dalam menu makan Anda sehari-hari agar kekebalan tubuh tetap terjaga dan berfungsi dengan baik.

Lemon dan jeruk nipis

Dalam sebuah buku dijelaskan bahwa jeruk lemon atau jeruk nipis memiliki sifat antibiotik alami yang ampuh dalam mencegah perkembangan bakteri dalam usus dan penyakit kolera.

Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin kompleks yang diyakini para ahli mampu mencegah berkembangnya bakteri dan jamur. Namun sayangnya sifat antibakteri dan antijamur yang terdapat dalam bawang putih hanya dapat bertahan selama 30 menit jika sudah terkena proses dipanaskan (dimasak). Oleh karenanya para ahli lebih menganjurkan untuk mengkonsumsi bawang dalam keadaan mentah atau tidak dimasak terlalu lama. Bukan hanya bawang putih, bawang merah dan daun bawang juga memiliki manfaat yang sama.

Lobak

Lobak juga memiliki sifat antibiotik. Lobak dapat berfungsi untuk ada dalam bawang putih lebih tinggi dibanding pada jenis bawang lainnya. Lobak bisa mencegah sekaligus mengobati keracunan yang disebabkan oleh makanan tertentu.

Minyak kelapamadu propolis

Asam lemak yang terdapat dalam minyak kelapa dikenal sebagai antibakteri, antiprotozoal dan antivirus.

Madu dan kayu manis

Minyak esensial yang terdapat dalam kayu manis bersifat sebagai antibiotil dan antibakteri yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, jika penggunaannya digabungkan dengan madu maka dapat digunakan sebagai antibiotik alami.

Makanan yang mengandung antibiotik alami lainnya adalah jahe, kunyit, eucalyptus (kayu putih), lidah buaya, licorice, parsley, oregano. Jika jenis makanan di atas dikonsumsi secara rutin, maka kekebalan tubuh Anda akan semakin meningkat sehingga dapat terhindar dari serangan bakteri, virus dan penyakit. Selain mengkonsumsi beberapa makanan sebagai sumber antibiotik yang umum digunakan oleh orang dewasa di atas, Anda bisa juga mengkonsumsi antibiotik herbal dalam kemasan praktis seperti madu propolis, propolis cair, dan neo propolis.  Selamat mencoba!

sumber gambar:
1. http://3.bp.blogspot.com/-stHyYU6rboM/UOSEwY7mCYI/AAAAAAAAfyA/_cPR6nSScOg/s1600/So%C3%B1ar+con+limon.jpg
2. http://situsherbal.files.wordpress.com/2010/09/propolis-hitam-300ml.jpg

Komentar