Stimulasi Agar Bayi Mau Merangkak

stimulasi bayi merangkakSebagai orangtua yang memperhatikan tumbuh kembang bayinya, pastinya Anda akan mempunyai pertanyaan kapan anaknya akan merangkak. Karena merangkak merupakan salah satu tahapan sebelum bayi mulai belajar berjalan. Biasanya bayi akan mulai merangkak saat usianya enam atau tujuh bulan.

Pada awal belajar merangkak, biasanya dengan posisi tengkurap, bayi akan mulai menyeret perutnya dengan topangan kedua tangannya. Ia pun akan berusaha untuk menyeimbangkan antara tangan dan lututnya agar bisa menopang badannya.

Kemudian ia akan belajar mendorong dengan lututnya untuk bisa bergerak maju dan mundur. Dalam waktu singkat, biasanya bayi sudah bisa bergeser sedikit demi sedikit. Perlu diketahui, ada beberapa bayi yang tidak melalui tahap merangkak, tapi langsung memposisikan dirinya berdiri dan akhirnya ia belajar berjalan.

Bagaimana bayi belajar merangkak

Pada usia enam atau tujuh bulan, bayi akan belajar merangkak dengan memposisikan dirinya seperti akan push-up. Dengan posisi tengkurap, ia akan mengangkat kepala dan dada bagian atas dengan tangannya sebagai topangan.

Jika otot tangannya sudah kuat, ia pun akan mencoba mengangkat perutnya. Kemudian ia akan mulai belajar mengangkat tubuhnya dengan topangan lengan dan kakinya. Saat ia sudah bisa mengangkat badannya dengan seimbang, ia akan mulai bergerak ke depan dan belakang.

Memasuki usianya yang ke delapan hingga sepuluh bulan, ia mungkin sudah dapat duduk tanpa bantuan. Biasanya bayi akan mulai mencoba bergerak dari duduk ke merangkak. Anda dapat membantu dengan menaruh mainan kesukaannya jauh dari jangkauannya. Biarkan ia merangkak untuk mengambilnya.

Saat ia mulai terbiasa, bayi Anda akan melakukan posisi duduk dan merangkak berulangkali setelah ia berhasil mengejar mainannya. Ini akan menjadi pengalamannya yang sangat menarik. Hati-hati jika dirumah Anda ada tangga, karena si kecil akan menyukainya dan mulai merangkak menaiki anak-anak tangga.

Stimulasi agar bayi mau merangkakstimulasi agar bayi merangkak

Jika bayi Anda masih malas untuk merangkak, Anda bisa memberikan stimulasi agar bayi mau merangkak. Anda bisa membantunya saat ia berusaha melakukan posisi merangkak dengan perutnya. Saat kaki dan tangannya sudah kuat untuk menopang tubuhnya, biarkan ia mendorong atau menggoyangkan tubuhnya ke depan dan belakang sebelum ia bisa merangkak.

Saat bayi sudah mulai bisa merangkak sedikit demi sedikit, cobalah taruh mainannya agak jauh didepan bayi agar ia terstimulasi untuk bergerak maju dan mengambilnya. Untuk membuat merangkak menjadi menyenangkan, taruhkan bantal-bantal kecil sebagai rintangan untuk dilewati oleh bayi Anda. Hal ini bisa membantu meningkatkan kepercayaan dirinya, kecepatan, dan kelincahan. Biarkan ia merangkak bebas di lantai. Anak akan terasa semakin berenergi dan antusias untuk mengeksplor aktivitas barunya itu.

Setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Demikian juga dengan proses dari tengkurap, merangkak, hingga ia bisa berjalan. Segera konsultasikan pada dokter jika usia 12 bulan dan bayi Anda belum juga menunjukkan minat untuk mulai bergerak seperti berguling atau merangkak.

Jika bayi Anda lahir sebelum usia kandungan mencapai 37 minggu, tidak perlu khawatir. Bayi Anda akan tetap bisa melalui tahap ini. Beri selalu dukungan saat bayi merangkak, tapi jangan memaksanya. Biarkan ia melalui tahapan perkembangannya secara alami.

Sumber gambar :
1. http://bayi.info/uploads/2012/12/bayi-merangkak.jpg
2. http://adorababyshop.com/img/cms/Urutan%20Tahapan%20Perkembangan%20Bayi%20dan%20Cara%20Merangsangnya%20Lewat%20Mainan.jpg

Komentar