Serba-Serbi Menstruasi yang Harus Anda Ketahui

Serba-Serbi Menstruasi yang Harus Anda Tahu

Menstruasi adalah salah satu jenis siklus bulanan yang sudah tidak asing lagi untuk para wanita. Meskipun gejala menstruasi merupakan gejala bulanan yang dialami oleh para wanita, namun sepertinya masih ada wanita yang belum memahami sepenuhnya tentang serba-serbi menstruasi. Mengapa serba-serbi menstruasi perlu dipelajari? Karena menstruasi penting untuk dipahami mulai dari gejala sampai bagaimana cara mengatasi masalah yang bisa muncul selama menstruasi. Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang biasa ditanyakan mengenai menstruasi.

Menstruasi? Apa itu menstruasi? Menstruasi adalah proses ketika dinding endometrium mengalami proses pelepasan dengan cara keluarnya darah dari vagina. Dinding endometrium adalah dinding yang dimiliki oleh lapisan rahim. Para kaum hawa biasa menyebut gejala ini sebagai gejala “datang bulan”.

Selain itu, menstruasi adalah siklus tahunan yang biasa dialami oleh para wanita. Usia ketika wanita mengalami proses menstruasi juga bervariasi, namun biasanya anak perempuan sudah menstruasi mulai dari usia 10 tahun hingga 16 tahun. Namun dewasa ini, bisa saja jika anak-anak perempuan sudah mendapatkan menstruasi dalam usia yang lebih muda, mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti faktor keturunan, faktor gizi yang didapatkan dari kedua orang tua, faktor hormon yang mengatur zat pertumbuhan dan keseimbangan, faktor psikologis, dan beberapa faktor pendukung lainnya.

Lalu apakah yang membuat seorang wanita dapat mengalami menstruasi? Untuk mengalami menstruasi, maka fungsi dari vagina, rahim, dan indung telur harus baik. Selain itu juga, hubungan antara ketiga fungsi tersebut dengan hipotalamus harus berjalan dengan sinergis. Hipotalamus adalah susunan yang dimiliki oleh syaraf pusat terhadap indung telur. Hubungan ini adalah sistem kerja hormon yang dimiliki oleh seorang wanita berjalan dengan baik, terutama hormon streroid yaitu hormon estrogen dan progesteron. Setiap wanita memiliki dua indung telur atau ovarium. Satu siklus menstruasi terjadi pada hari ke-14 secar periodik yaitu ketika satu sel telur matang dilepaskan dari indung telur. Ketika tidak ada pertemuan antara sel telur dengan sel sperma, maka pembuahan tidak terjadi. Apabila pembuahan tidak terjadi, maka sel telur tidak dibuahi dan dinding rahim yang sudah menebal akan meluruh hingga terjadilah proses menstruasi.

Biasanya seorang wanita akan mengalami menstruasi setiap bulannya, namun ada juga yang tidak mengalami setiap bulan. Hal ini terjadi karena beberapa faktor stress atau kelelahan karena pekerjaan. Namun jika seorang wanita tidak mengalami menstruasi selama 3-6 bulan, hendaknya untuk memeriksakan diri ke dokter karena adanya gangguan yang disebabkan oleh hormonal atau gangguan fungsi pada indung telur.

Bagi Anda wanita yang sudah menikah, hendaknya untuk tidak melakukan hubungan suami istri selama menstruasi karena rawan terjadi infeksi. baca juga bahaya melakukan hubungan intim saat haid di sini.

Demikian. Semoga bermanfaat.

PRODUK MENARIK :

Jelita-V, Pembalut Kain Wanita Yang Aman dan Nyaman

Jelita-V, Pembalut Kain Wanita Yang Aman dan Nyaman

Jelita-V adalah produk pembalut kain untuk wanita yang aman dan nyaman. Terbuat dari bahan pilihan yang ....
Rated 5.00 out of 5
Rp 60.000 Beli
Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal–X adalah solusi cerdas untuk mencegah dan mengobati masalah organ kewanitaan. Seperti mengaktifkan dan melenturkan kembali ....
Rp 200.000 Beli
Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

SEKAR MALAM adalah ramuan jamu manjakani yang berkhasiat untuk mengatasi masalah-masalah kewanitaan sehingga dapat menciptakan ....
Rp 165.000 Beli

Komentar