pydrKanker payudara adalah suatu momok yang menakutkan bagi kaum perempuan. Banyak cara untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara seperti dengan olah raga, berhenti mengkonsumsi alkohol ataupun menjaga berat badan. Yang paling mudah dilakukan yaitu berolah raga. Penelitian menunjukkan perempuan usia 12-35 tahun yang berolah raga secara teratur akan terhindar dari resiko terkena kanker payudara hingga 23 persen. Olah raga tidaklah harus yang berat, sebenarnya dengan berjalan dua jam setiap harinya juga bisa dilakukan dan dengan ini kita bisa mengurangi seperempat dari kasus kanker payudara.
Senam dibawah ini juga bisa dijadikan alternatif untuk berolah raga. Karena selain mempunyai fungsi untuk menguatkan otot dada bisa juga untuk melatih otot payudara juga mengencangkannya. Sebelum berolah raga usahakan memakai bra khusus untuk berolah raga. Yang harus disiapkan adalah sebuah matras atau alas apa saja supaya saat kita duduk dan melakukan gerakan senam terasa nyaman dan tidak sakit.

Pemanasan

Posisi : berdiri dengan bertumpu pada lutut

  1. Salah satu tangan memegang pergelangan. Angkat tangan ke atas, lalu ayunkan lurus ke belakang. Saat tangan diayunkan, rasakan otot panggul kita akan tertarik. Usahakan agar tulang tidak ikut bergerak, untuk menghindari cidera.
  2. Rentangkan kedua tangan, lalu ayunkan kedua tangan ke belakang dan ke posisi awal saat tangan direntangkan.
  3. Tangan kanan lurus agak diserong agak diserong ke atas, tangan kiri lurus serong ke bawah. Lalu ayunkan. Pada hitungan ke 2 ganti posisi tangan ( tangan kiri lurus ke atas dan tangan kanan lurus ke bawah ).

Inti

Posisi : duduk dengan kaki disilangkan

  1. Telapak tangan kanan memegang erat ( mencengkeram ) pergelangan tangan kiri. Sedangkan telapak tangan kiri memegang erat pergelangan tangan kanan. Cengkeraman telapak tangan itu usahakan benar-benar erat, sehingga saat gerakan dimulai posisi ini tidak berubah.
  2. Bila cengkeraman telah erat, dorong dan tariklah pergelangan tangan itu. Setelah itu putar posisi cengkeraman tangan tadi. Yaitu posisi cengkeraman yang tadinya berada di luar pindahkan ke bagian dalam.
  3. Telapak tangan kanan dan kiri bertemu di depan dada. Lalu lakukan gerakan dorong mendorong telapak tangan. Jari-jari tangan berpegangan erat dan tarik ke atas.
  4. Pegang bahu, usahakan tangan sejajar dengan bahu. Lalu lakukan tarik tangan ke depan dada kemudian tarik lagi hingga tangan berada sejajar dengan bahu lagi.
  5. Kepalkan kedua tangan, lalu angkat dan simpan di depan dada. Kemudian tarik ke belakang hingga posisi siku ada di balik punggung. Setelah itu lakukan gerakan nomor 4 dan lanjutkan dengan mengangkat tangan ke atas. Usahakan posisi tangan ada disamping telinga.

Pendinginan

Posisi : duduk dengan kaki disilangkan

  1. Lemaskan bahu kemudian angkat ke atas dan bawah. Lalu tepuk tangan
  2. Dorong punggung ke depan seperti sedang sujud. Usahakan dahi menyentuh matras atau lantai. Tangan lurus ke depan. Gerakan ini berfungsi supaya peredaran darah jugaa mengalir ke kepala dan kita merasa rileks.

Sangatlah mudah kan? Lakukan untuk setiap tahapan sebanyak 2 set, untuk setiap set sama dengan 8 hitungan. Jika dengan latihan yang teratur dan menjaga makanan, insya Allah usaha kita tidak akan sia-sia.

Sumber : senam muslimah