Wanita setelah melahirkan mengalami banyak perubahan fisik dan psikis. Perubahan psikis yang saya maksud adalah perubahan yang kearah negatif. seperti minder, ga percaya diri, uring-uringan, stress dengan adanya perubahan situasi, dan lain-lain (tapi tentu tidak semua seperti ini). perubahan psikis ini biasanya banyak dipengaruhi oleh perubahan fisik, seperti perubahan berat badan yang berlebih, raut wajah yang agak

melebar, banyaknya guratan tubuh di bagian-bagian tertentu sehingga mengurangi keindahan dan percaya diri. belum lagi dengan mengendurnya otot-otot organ intim, yang ini mempengaruhi  kenikmatan hubungan suami istri, gairah sex yang menurun, dsb sehingga mengurangi  keharmonisan rumah tangga. mungkin ada yang merasa “wah kok suamiku  kok agak lain ya setelah aku melahirkan…kenapa ya?”

Tentu saja ada beberapa upaya yang harus kita lakukan, agar semua permasalahan itu tak mengurangi kebahagiaan kita dengan kelahiran sang jabang bayi. Diantaranya dengan senam setelah melahirkan.

Tapi yang ini bukan senam nifas, itu sih untuk waktu sesaat setelah melahirkan. ini tips untuk ibu bekerja yang kurang punya waktu untuk mengembalikan berat badan setelah melahirkan.

Di rumah, ada beberapa pilihan sederhana yang bisa dilakukan sendiri, tak harus menyempatkan waktu ke sanggar senam:

1. Lari keliling komplek tiap pagi habis subuhan, 30 menit aja
2. atau kalau malu dilihatin tetangga, ganti dengan skipping, 30 menit juga
3. atau kalau punya, treadmill, 30 menit juga
4. atau kalau ga punya treadmill, dan ga punya cukup ruang untuk skipping –> lari di tempat, seperti berikut: dimulai dengan lari ringan, kaki diangkat rendah. tingkatkan dengan mengangkat lutut setinggi knee up (paha diangkat horisontal membentuk sudut 90 derajat dengan tungkai bawah, telapak kaki point. adalah posisi di mana telapak kaki lurus meneruskan tungkai), dan terakhir dengan leg curl (kaki ditekuk ke belakang hingga tumit menyentuh pantat) supaya lengan tidak nganggur, pegang dumbell, 0,5 kiloan aja. bisa ditingkatkan kalau mampu.

jangan lupa sebelum melakukan semuanya lakukan stretching sederhana, sebentar aja.

untuk mengencangkan otot, sambil nonton tipi bisa melakukan gerakan latihan untukpaha dan kaki, yang santai tapi bermanfaat. atau bersila di depan tipi dan melakukan latihan untuk tangan. dan sebelum tidur luangkan 15 menit untuk mengencangkan perut.

kalau tujuannya memang ingin mengurangi berat badan, kurangilah cemilan. makanlah untuk pemenuhan kepentingan ASI. katanya kan ASI makin bagus kalau banyak sayur dan buah tuh… nah itu bisa mengenyangkan tapi tidak banyak kalori.

di kantor bisa melakukan gerakan pembentukan untuk tangan. kalau mau genggamlah minuman kaleng (sekarang kan ada yang langsing tuh…), lalu lakukan gerakan basic tangan. bisa dilakukan sambil duduk. dan sambil duduk tetep bisa melakukan senam kegel, untuk mengencangkan otot perut sekaligus otot vagina.

Senam Kegel

Tujuannya untuk mengencangkan otot vagina, terutama setelah melahirkan. gerakan intinya adalah mengencangkan otot vagina yang bertaut dengan otot dubur, dilakukan dengan gerakan seperti saat menahan pipis mati-matian.

bisa dilakukan dengan intensitas hitungan mulai dari 1-1, 2-1, dan ditahan hingga 2×8 hitungan atau lebih. bisa dilakukan sambil duduk, atau diintegrasikan ke dalam gerakan BL.

Selamat Mencoba …

Ada juga cara lain untuk mengencangkan dan sekaligus merapatkan otot-otot vagina, meningkatkan gairah sex khususnya wanita, dengan herbal sekarmalam ramuan yang mengandung majakani atau dengan v-care therapy atau juga bagi yang ingin hanya dengan pemakaian luar bisa menggunakan v-sparay