Seks Saat Haid: Sebuah Kontroversi


Seks Saat Haid Sebuah KontroversiAda beberapa kontroversi menyangkut boleh-tidaknya berhubungan seks pada saat istri mengalami haid atau menstruasi. Ada yang mengatakan mutlak tidak boleh dengan alasan agama, ada yang mengatakan boleh tapi tidak sampai coitus, ada yang bilang boleh asal menggunakan pelindung atau kondom, ada juga yang bilang boleh mutlak entah itu dengan pelindung maupun tidak, dan beberapa pendapat lain.

Lalu, mana yang benar?

Menyikapi perbedaan yang demikian, kita tidak boleh mengedepankan akal semata, apalagi nafsu. Kita harus mengedepankan dalil-dalil nash yang shahih, yang tentunya memiliki alasan ilmiah yang pastinya juga bisa diterima oleh akal.

Salah satu hal yang tidak boleh dilakukan oleh seorang wanita yang sedang haid adalah melakukan jima’ atau senggama atau ilmiahnya coitus dengan suaminya. Dalilnya adalah firman Allah yang artinya,“Hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita pada tempat keluarnya darah (farji), dan janganlah kamu mendekati mereka sebelum mereka suci.” (Qs. Al-Baqarah:222)

Yang dimaksud “menjauhkan diri dari wanita pada tempat keluarnya darah” berarti tidak boleh melakukan senggama atau coitus. Jadi, sah-sah saja jika ingin melakukan aktivitas seksual lain, selama tidak sampai coitus.

Mengapa tidak boleh sampai coitus?

Pertama yang harus kita tahu adalah darah haid itu sendiri. Darah haid adalah darah normal, yang biasa keluar secara alami dari seorang wanita karena ada peluruhan lapisan endometrium dari dalam rahim. Darah haid ini bukanlah darah penyakit, namun bisa menjadi media berkembangnya kuman, karena kuman sangat senang menggunakan darah sebagai media pertumbuhan mereka. Jika seorang wanita memiliki penyakit STD (sexually transmitted diseases) seperti herpes atau gonore, maka darah haid bisa menjadi media berpindahnya virus kepada pasangannya. Begitu juga sebaliknya, penis bisa saja membawa kuman dari luar yang kemudian berkembang melalui darah yang ada di vagina, yang menyebabkan infeksi pada vagina.

Kedua, pada saat haid, vagina perempuan akan menjadi sangat sensitif, sehingga jika ada penetrasi terjadilah friksi-friksi pada dinding vagina yang memungkinkan terjadinya luka atau lecet pada dinding vagina yang pastinya akan mengakibatkan rasa sakit dan perih karena terkoyak. Jika rasa sakit itu sangat luar biasa, dapat mengakibatkan wanita menjadi trauma.

Ketiga, ketika melakukan coitus, terlebih jika sampai orgasme, akan terjadi kontraksi pada organ-organ reproduksi, termasuk rahim. Kontraksi tersebut mendorong darah haid masuk ke rongga perut melalui tuba atau saluran telur. Darah yang telah masuk melalui saluran telur ini dapat memperbanyak diri dan ikut memproduksi darah pada saat haid selanjutnya. Nah, inilah yang disebut dengan endometriosis (kista). Hal inilah yang menyebabkan berkurangnya kesuburan, apalagi jika sampai menutupi saluran telur.

Resiko lain akibat hubungan seksual di saat haid ini adalah peradangan panggul akibat infeksi saluran telur yang dapat meninggalkan gejala sisa penyempitan saluran dan meningkatkan risiko untuk terjadi kehamilan di luar kandungan. Begitu juga dengan perdarahan sekitar menopause (perimenopausal bleeding) dan  histerektomi (pengangkatan rahim) akibat perdarahan sekitar menopause lebih sering dilakukan pada perempuan yang melakukan hubungan seks saat haid.

Bagaimana jika menggunakan kondom?

Memang, menggunakan alat pelindung seperti kondom dapat sedikit “menyelamatkan” diri dari tertularnya penyakit-penyakit. Namun, perlu diperhatikan juga kondisi emosional wanita di saat ia haid, dan biasanya wanita beranggapan bahwa haid adalah masa-masa istirahat dari aktivitas seksual.

Ada sebagian yang telah “mencoba” berhubungan seks di saat haid dan berpendapat bahwa hal tersebut tidak berakibat apa-apa. Pertanyaannya adalah, sudah berapa kali Anda melakukan hal tersebut, dan sudah berapa lama? Efek dan resiko dari seks saat haid tentunya tidak bisa “sekali jadi”. Meski ada yang bisa langsung merasakan seperti trauma, infeksi vagina, nyeri panggul, dsb, namun beberapa membutuhkan waktu untuk mendeteksi.

Dan, yang patut dipertanyakan adalah; apakah tidak merasa jijik jika berhubungan seks di saat haid?

Solusi

Masa haid setiap wanita tidak sama. Ada yang hanya 3 hari, ada juga yang sampai 10 hari atau lebih. Tidak setiap suami bisa menahan diri untuk yang satu ini. Lalu, bagaimana caranya agar tetap bisa menyenangkan suami?

Eksplorasi bagian “atas”. Rosulullah sendiri telah mengajarkan bagaimana caranya berhubungan dengan istri saat haid. Misalkan, dengan “bermain-main” di bagian “atas”, atau menggesek-gesekkan organ vital.

Sumber Gambar : http://www.b12patch.com/blog/uploads/2012/02/abstract-balls-wallpaper-1920x1200.jpg

Produk Pilihan Untuk Menyenangkan Suami :


ORIS Breast Cream, Cara Aman Mengencangkan Payudara

ORIS Breast Cream, Cara Aman Mengencangkan Payudara

ORIS Breast Cream adalah produk pengencang payudar yang membuatnya tampak lebih besar. Terbuat dari Ekstrak umbi ....
Rp 350.000 Beli
Rose-V Minuman Kesehatan Khusus Wanita

Rose-V Minuman Kesehatan Khusus Wanita

Rose V merupakan minuman kesehatan khusus bagi kaum wanita yang bermanfaat untuk merapatkan organ kewanitaan ....
Rp 150.000 Beli
Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal–X adalah solusi cerdas untuk mencegah dan mengobati masalah organ kewanitaan. Seperti mengaktifkan dan melenturkan kembali ....
Rp 200.000 Beli

33 Komentar

  1. saya mau nnya ni,, istri saya sedang haid,, pada hari ke 4 sudah keliatan bersih dan hari ke 5 kami melakukan hub intim, tetapi saat udahan nya ada darah nempel diujung penis saya,, beberapa saat istri saya haid lagi, kemudian berhenti,,, apa kah akibat bagi saya dan istri saya,?

    1. Selamat pagi. Keluarnya darah sesudah melakukan hubungan intim pada hari ke 5 haid kemungkinan karena darah haid yang belum benar-benar bersih. Melakukan hubungan intim saat haid adalah haram menurut agama dan sangat dilarang karena berpengaruh bagi kesehatan. Kenapa? karena pada saat itu kondisi rahim dalam keadaan lemah sehingga penyakit dan bakteri sangat mudah menyerang rahim. Saat itu juga daya tahan rahim tidak berfungsi sehingga bakteri akan tumbuh subur dan akan beresiko pada kemandulan dan terjadinya infeksi. Selain itu juga dapat terjadi gelembung udara, jika gelembung udara tersebut masuk ke aliran darah dan menghambat peredaran darah maka akan berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Maka dari itulah, janganlah melakukan hubungan intim saat haid demi kesehatan dan demi mematuhi aturan agama Islam. Semoga bermanfaat.

  2. Dok mau naxa ni istri saya lagi haid tapi saya tidak taha untuk berhubungan nah kami melakukan hubungan intim gimana menurut dok dan itu uda sering terjadi dok

    1. Selamat pagi. Melakukan hubungan intim saat haid itu sangat dilarang, karena pada saat itu kondisi rahim dalam keadaan lemah sehingga penyakit dan bakteri sangat mudah menyerang rahim. Saat itu juga daya tahan rahim tidak berfungsi sehingga bakteri akan tumbuh subur dan akan beresiko pada kemandulan dan terjadinya infeksi. Selain itu juga dapat terjadi gelembung udara, jika gelembung udara tersebut masuk ke aliran darah dan menghambat peredaran darah maka akan berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Secara agama, melakukan hubungan intim pada saat istri sedang haid itu di haramkan. Telah tertulis dalam surat Al-Baqarah : 222. Sebaiknya jangan pernah melakukan hubungan intim saat sedang haid. Terima kasih.

  3. Saya mau Tanya, kan itu masalah sex waktu seorang istri Haid, klo saya gini, saya kan lagi haid, tapi melakukan sexny suami memasukkan me lobang dubur karena suami sya tak pernah bisa nahan, trus aq belum genap setahun habis operasi ambeyen, itu gimana ya? Mohon djawab, trmkash

    1. Sebaiknya sarankan suami u bersabar atau cb dg alterntf lain selain dubur. Istri bisa membantu dg tangan dll. Mll dubur Itu sangat berbahaya dampaknya bagi suami atau istri. Dan agamapun melarang dengan keras.

  4. Assalamualaikum…
    mbak,dalam beberapa hari ini sya pernah melakukan hubungan intim dg suami sya pada saat sya halangan… Tetapi suami sya memakai kondom.. Nah pertanyaan sya,,apa resiko yng d’timbulkan pada saat sya brhbngn intim dgn suamii sya ttp memakai kondom krna saat i2 suami sya tdk bsa than..??
    Mhon jawaban.y…

  5. Ass..
    Sya mw nya mba .. Sya melakukan sex sewaktu haid di hari pertama dan sya bru melakukannya satu kali ni.tapai Sperma suami saya di keluarkan di luar.. Bagay mana dampak dan resikonya sya butuh solusinya ni mba harap di bls

    1. waalaikum salam…smg dengan mohon ampun kpd Allah akan mngurangi dampk negatif dari sex saat haid. kr tekanan dan dorongan ka dalam tu yg mnyebabkn efek bagi rahim.

  6. sy mau tanya bila suami istri berhubungan saat istri haid
    lalu hamil apakah ada gejala penyakit pada bayi

  7. Mba rere saya sering melakukuan sex menggunakan mentimun yang dimassukan ke vagina saya.. Krna saya blm pnya suami .
    Apakah brbahaya jika terus2an.. Mksh

    1. banyak bahayanya utk diri sendiri (psikis dan badan) maupun lingkungan sosial. lebih baik dengan jalan nikah saja. cari bagaimana cara menghindari kebiasaan tersebut. bisa googling tentang bahaya onani/masturbasi

  8. assalamu a’laikum,,,
    saya mempunyai sedikit pertanyaan,jika melakukan hubungan seks di waktu haid,apakah sperma berbahaya bila bercampur dengan darah haid di dalam janin?
    makasih…..

  9. sy mau tanya, pada saat haid sy dan suami melakukan hubungan sex tp alat vital suami tdk dimasukkan kedalam vagina tetapi sy mengalami orgasme, apakah tdk terjadi masalah dg hal itu? dan sy mau tau jawaban dr pertanyaan mbk dewi yg dikirim pd tgl 12-30-2011, jawabany sngat sy tunggu trimakasih

  10. mw tnya mbak, temenku ada yg tnya gni. klo misalnya punya cwonya itu gak masuk ke dalam punya cwe apakah terjadi kehamilan n cwo ini jg tidak mengeluarkan spermanya … gmn?? msh penasaran am jawabannya.

  11. Assalamualaikum,
    Dalam keaadaan haid (belum bersih) jika terangsang dan mengeluarkan mani (klimaks), apakah boleh mandi junubnya bersamaan dengan mandi haid (satu kerjaan dgn 2 niat) atau di kerjakan mandi junub dan setelah haid baru dikerjakan mandi haid, mohon penjelasan.
    Wassalam

  12. Assalamualaikum,,,
    Mb,,,sy sdh suami istri. Ketika sy haid sering suami mengajak berhubungan, seringnya sy haid sekitar 8 hr. Ini yg membuat suami sy tdk tahan padahal secara agama tdk dibenarkan bersenang2 saat haid. Apakah dibolehkan jika sy dgn suami ngesek diluar saja? Jika sampai orgasme bagi wanita, apakah ada dampaknya. Apakah ada solusi lain? Mohon penjelasan karena sy kwatir

  13. FYI:

    SPERMA (Mani) itu NAJIS, oleh sebab itu diwajibkan mandi junub bila keluar sperma. Berbeda dengan Madzi. Tidak ada ketentuan agama yang mewajibkan mandi junub bila keluar Madzi.

    SAVED BY COMMONSENE

    Agama sudah mengatur soal saat yang aman dan tidak aman untuk melakukan coitus. Setiap ketentuan Ilahi tentu membawa dan demi manfaat bagi kebaikan manusia itu sendiri

  14. Asslamualkum.
    Saya mau taxa,apakah resiko bila brhubungan intim saat cewek sdang haid plus cewek itu bru pertama kali itu melakukannya(masih perawan)?efek apa yg akan didapat dri kdua belah pihak(si cowok&si cewek).
    Sebelumnya Trimakasih atas jawabannya.

  15. Asslamualkum.
    Saya mau taxa,apakah resiko bila brhubungan intim saat cewek sdang haid plus cewek itu bru pertama kali itu melakukannya?efek apa yg akan didapat dri kdua belah pihak(si cowok&si cewek).
    Sebelumnya Trimakasih atas jawabannya.

  16. Ass. Saya mau tanya pd saat haid istri saya terkkesan lebih hot, shg kami sering berhubungan tp tdk coitus, yaitu hanya gesek2 saya menggunakan kondom. Apakah ini halal scr agama? Apakah berbahaya bagi wanita jk sampai orgasme? Terima kasih mohonn pennjelasannya.

  17. Mau tanya..
    Saat kita berhubungan dengan pasangan kita 3 hari setelah haid..
    Air mani kita ada yg ketinggalan di dalam rahim wanita, bisa terjadi kehamilan apa tidak??

  18. ass..
    mbak, saya sudah 2x melakukan hubungan sex dg suami saya pada saat saya haid,, krn suami saya sudah tidak sabar, apakah bisa langsung terkena penyakit tersebut mbak,,
    makasih

  19. saya punya pertanyaan ,,
    apakah saat haid sudah mau habis boleh kah berhubungan seks???
    kalau tidak boleh akan terjadi akibat apa??

  20. assalamu’alaikum
    dear mbk rere
    bagaimana jika berhungan dengan istri pada saat haid. karena saya tidak tahu jika istri saya saat itu mau haid. taunya setelah berhubunga??
    terimakasih atas jawabanya saya tunggu
    Apakah bisa hamil/tidak?

  21. Asslm w3 mbak,

    mau tanya saya dan istri beberapa kali melakukan hubungan sex tanpa penetrasi saat dia haid dan istri saya pun mengalami orgasme walaupun hanya menggesek2kan di bagian luar celana bgian dlm saja, apakah itu berbahaya seperti yg mbak bilang bisa menimbulkan kista, dll?

    Mohon di jawab karena saya cukup khawatir juga setelah baca artikel ini.

    Trims byk

  22. disaat berhubungan intim, biasa terjadi orgasme yang tidak bersamaan, jika sang istri tidak mengalami orgasme (hanya sang suami saja) apakah bisa terjadi pembuahan yang akan mengakibatkan kehamilan? mohon infonya, terima kasih

  23. assalamu’alaikum
    dear mbk rere
    bagaimana jika berhungan dengan suami pada saat haid. karena saya tidak tahu jika saya saat itu mau haid. taunya setelah berhubunga??
    terimakasih atas jawabanya saya tunggu

    erlina di malang

  24. saya punya pertanyaan bagaimana apabila sperma tertelan ada saat oral apa hubungannya dengan menstruasi

    1. dear mbak ratih..
      sperma termasuk cairan yang suci. hanya saja biasanya ada cairan lain yang menyertainya yang sifatnya najis dan ga boleh tertelan, yaitu madzi. Madzi ini keluar saat seseorang sedang terangsang. yang namany najis itu hukumnya dalam agama haram, karena pasti dia merupakan kotoran dan mengandung sesuatu yang membahayakan bagi kesehatan kita. dan sebagian ahli agama melarang melakukan oral sex ini karena dinilai merupakan perilaku sex binatang. kebanyakan manusia melakukan karena semaraknya dan menyebarnya gambar-2 dan video sex yang memberikan contoh mengenai hal tersebut. sehingga prilaku itu ditiru banyak orang.

Komentar