usia senja2Melakukan hubungan seksual bagi wanita di usia senja sering kali hanya sebatas memenuhi kebutuhan pasangannya saja. Mereka mengeluhkan rasa sakit yang selalu muncul setiap kali berhubungan. Pada akhirnya, rasa sakit itulah yang membuat wanita di usia senja tidak bergairah bahkan tidak bersemangat sedikitpun untuk melakukan seks.

Di usia senja, fungsi ovarium menurun, sehingga produksi hormon wanita seperti estrogen juga menurun. Pada masa ini, haid berhenti dan itulah yang sering kali kita sebut sebagai menopause.

Hormon estrogen berperan penting dalam mengatur pembuluh darah yang ada di daerah vagina. Dengan menurunnya hormon estrogen, menurun pula banyaknya pembuluh darah di daerah vagina, akibatnya cairan vagina berkurang. Berkurangnya cairan inilah yang menimbulkan rasa sakit saat melakukan seks.

Jika seorang suami masih memiliki kemampuan seksual yang baik, sementara istri mengalami rasa takut untuk melakukan hubungan, ini dapat mengganggu stabilitas rumah tangga.

Solusinya adalah, pergi ke dokter ahli kandungan atau seksologi untuk mengkonsultasikan permasalahan ini. Jika memang penyebab rasa sakit saat melakukan seks ini karena faktor hormonal, maka biasanya dokter akan memberikan suntikan hormon secara tepat dan teratur agar produksi cairan vagina kembali normal.

Namun, patut diingat, karena pengobatan ini adalah pengobatan hormon, Anda harus teratur berkonsultasi dengan dokter ahli, karena tentunya pengobatan ini akan memiliki efek samping yang berbahaya jika tidak diawasi dengan tepat.