Seimbang Dalam Rintangan

Seimbang Dalam RintanganAnak-anak usia 3-4 tahun sedang mengalami masa-masa yang penuh dengan gerak. Mereka senang berlompatan dan berlarian kesana kemari untuk mengekspresikan diri. Mereka juga senang memanjat, dan mencoba banyak hal yang baru. Karena keingintahuan mereka yang begitu besar, mereka menjadi sering jatuh karena belum memiliki keseimbangan tubuh yang baik.

Nah, cobalah sebuah permainan sederhana yang bisa Anda buat untuk mereka, sebelum mereka bermain yang lebih “expert” lagi. Permainan ini berfungsi untuk melatih keseimbangan tubuh mereka.

Ambil seutas tali yang panjang. Kira-kira sepanjang 3 meter. Letakkan tali itu di atas tanah atau lantai dengan jalur yang berliku (bukan lurus). Di samping kanan dan kiri, Anda bisa meletakkan berbagai benda kecil-kecil untuk pembatas gerak mereka. Buatlah ruang gerak yang cukup untuk dilalui oleh satu kaki saja (tahu, bagaimana para peragawati belajar berjalan?). Pada ujung tali, letakkan sebuah benda lucu dan menarik.

Mintalah anak-anak untuk berjalan satu persatu meniti tali pertama, dengan dua kaki. Perintahkan untuk mengambil benda yang ada di ujung tali tersebut, dan kembali menyusur tali untuk memberikannya pada Anda.

Setelah berjalan dengan 2 kaki, mintalah anak untuk berjalan dengan satu kaki, seperti tadi. Lakukan berulang sampai anak bosan.

Sumber Gambar : http://image.dhgate.com/0x0/f2/albu/g2/M01/C5/1F/rBVaGlSpEeGAF0FRAACkqOHw2kM505.jpg

Komentar