Sandal Jepit Cantik Dengan Kain Perca

sandal kain percaBarang bekas tidak selalu menjadi barang yang tidak berguna dan tidak memiliki daya tarik. Jika Anda mempunyai ketrampilan dan banyak kreasi membuat kerajinan tangan dari bahan bekas tentu barang bekas tersebut menjadi barang yang sangat berguna. Salah satu contohnya adalah limbah kain perca. Limbah kain perca merupakan hasil buangan berupa sampah yang  biasanya selalu ditemukan pada industri garmen, sebenarnya limbah kain perca masih bisa dimanfaatkan asalkan ada tangan-tangan terampil yang memiliki ide kreatif.

Pada umumnya limbah kain perca dapat dimanfaatkan untuk membuat kain pel yang nilai jualnya tidak begitu tinggi, namun dengan adanya ide kreatif maka kain perca yang awalnya tidak bernilai akan berubah menjadi suatu barang yang memiliki nilai jual tinggi apabila digunakan sebagai bahan pembuatan kerajinan. Seperti kerajinan daur ulang limbah perca menjadi sandal jepit cantik.

Sandal jepit biasanya hanya terbuat dari bahan karet polos biasa. Karena harga jualnya yang relatif murah dan bentuknya yang cukup sederhana, maka jarang sekali sandal jepit yang satu ini dibawa oleh pemiliknya ke tempat-tempat umum. Kemungkinan hanya digunakan sebagai alas kaki di dalam rumah saja.  Berikut adalah ide kreatif yang bisa Anda jadikan contoh agar sandal jepit sederhana milik Anda yang ada dirumah bisa diubah menjadi lebih cantik. Anda akan memiliki sandal jepit cantik dengan kain perca dengan memanfaatkan bahan yang ada tanpa beli sandal baru lagi,

Bahan dan Alat membuat sandal jepit kain perca

  1. Sandal jepit yang polos
  2. Kain perca atau kain bekas
  3. Pensil
  4. Gunting
  5. Lem tembak
  6. Pernak-pernik sebagai pendukung. Bisa gunakan sisa kancing baju, manik-manik atau pita.

Cara Membuat Sandal Jepit Kain Perca 

  1. kerajinan sandal kain percaLetakkan sandal jepit polos milik Anda tepat di atas kain perca agar Anda dapat membuat potongan pola sesuai dengan ukuran alas sandal jepit milik Anda. Gambar pola dengan menggunakan pensil, kemudian gunting.
  2. Setelah pola alas kaki di gunting rapi, cocokkan dengan  ukuran kain perca pada bagian atas alas kaki sandal jepit. Lalu jangan lupa, beri sedikit lubang di bagian tengah dan dua lubang di sisi kiri dan kanan, tujuannya agar tali pada jepitan sandal tidak menghalangi kain bekas atau kain perca yang akan ditempel.
  3. Lalu tempelkan kain perca yang telah Anda gunting dan Anda cocokkan tadi pada alas kaki bagian atas sandal jepit tersebut dengan menggunakan bantuan lem tembak. Hati-hati dalam penggunaan lem jenis yang satu ini karena jika terkena pada tangan akan terasa panas. Kemudian tekan dan rapikan kain perca hingga dapat menutupi semua alas kaki bagian atas pada sandal jepit tadi, kecuali pada bagian tali jepitannya.
  4. Pada bagian tali sandal jepit yang masih belum tertutup kain perca, Anda cukup membalutnya dengan potongan sisa kain perca dengan lebar 3 cm dan panjang yang dapat Anda sesuaikan dengan besar sandal jepit.
  5. Lalu beri lem pada bagian tali sandal jepit, kemudian lilitkan dengan rapi kain perca yang sudah digunting dengan lebar 3 cm tadi pada tali sandal jepit Anda hingga menutupi semua bagian tali jepitnya.
  6. Setelah seluruh bagian sandal jepit Anda tertutup rapi oleh kain perca, kecuali pada bagian bawah sandal, kini Anda hanya tinggal menambahkan aksesoris sebagai pemanis pada sandal jepit Anda. Anda dapat menempelkan kancing bekas yang beraneka warna berukuran kecil atau besar pada salah satu sisi tali sandal jepit.

Mengubah sandal jepit polos menjadi sandal jepit cantik dengan kain perca memang cukup mudah, sederhana  dan minimalis bukan? Satu keuntungan yang dapat diperoleh dari memanfaatkan limbah kain perca. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar :
1. http://panel.mustangcorps.com/admin/fl/upload/files/SandalJepitAndaDenganSisaKainPerca.png
2. http://www.produkgrosir.com/i53-Sepatu-Tas/c513-Sandal-Wanita/sellersproducts/img5984_11113167_sany0553.jpg

PRODUK MENARIK :

Sandal Bali, Solusi Nyaman Saat Jalan-Jalan

Sandal Bali, Solusi Nyaman Saat Jalan-Jalan

Jalan- jalan memang paling enak menggunakan sandal jepit, tidak ribet dan nyaman di kaki,  bisa ....
Rp 40.000 Beli

6 Komentar

  1. Makasih banget untuk infonya karena aku butuh banget soalnya di sekolahku mau ada bazar thanks ya …

    1. Selamat siang. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat sandal jepit ini bervariasi. Salah satunya tergantung kecepatan dalam proses pengerjaan. Selain itu, jika Anda membuatnya hanya untuk mengisi waktu luang, mungkin akan lebih lama jika dibandingkan dengan orang yang fokus membuat sandal tersebut. Terima kasih.

Komentar